Richard II dari Normandy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Richard II
Richard yang Baik sebagai bagian dari patung "Enam Adipati Normandy" di alun-alun kota Falaise.
Adipati Normandy
PendahuluRichard I
PenerusRichard III
Informasi pribadi

Richard II (lahir 23 Agustus 970, di Normandy, Prancis – 28 Agustus 1026, di Normandy), dijuluki yang Baik (Bahasa Prancis: Le Bon), merupakan putra tertua dan pewaris Richard I si Pemberani dan Gunnora.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Richard menggantikan ayahnya sebagai Adipati Normandy pada tahun 996 namun lima tahun pertama dimasa pemerintahannya dihabiskan dengan Count Ralph dari Ivry memegang kekuasaan dan meredakan pemberontakan petani.[2]

Ketika ia merebut kekuasaan ia menguatkan aliansinya dengan Kapetia oleh bantuan Robert II dari Prancis melawan Kadipaten Burgundy. Ia membentuk sebuah aliansi baru dengan Brittany dengan menikahkan saudara perempuannya Hawise dengan Geoffrey I, Adipati Brittany dan dengan pernikahannya sendiri dengan saudara perempuan Geoffrey, Judith.

Ia juga mengusir serangan Inggris di Semenanjung Cotentin yang dipimpin oleh Ethelred II dari Inggris. Ia mengenar reformasi biara-biara Norman.

Richard II (kanan), dengan Kepala Biarawan Mont Saint Michel (tengah) dan Lothair dari Prancis (left).

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Richard berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Inggris lewat pernikahan saudara perempuannya dengan Raja Ethelred, tetapi ia sangat tidak disukai oleh rakyat Inggris. Namun hubungan ini kemudian memberi cucu lelakinya, William sang Penakluk, bagian dari tuntutannya atas tahta Inggris.

Ia pertama-tama menikah dengan (tahun 996) Judith (982-1017), putri Conan I dari Brittany, dengan siapa ia memiliki keturunan sebagai berikut:

Pernikahan keduanya dengan Poppa dari Envermeu, dengan siapa ia memiliki keturunan sebagai berikut:

Pernikahan lain / keturunan[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional, Richard memiliki istri ketiga yang bernama Astrid (Estritha), putri Sweyn Forkbeard, Raja Inggris, Denmark, dan Norwegia, dan Sigrid yang Sombong. Namun ini sangat tidak mungkin, mengingat situasi politik pada saat itu.

Seorang anak haram perempuan Richard I, kadang dipanggil "Papia", juga pada waktu itu dikira adalah putri Richard II. Kedua istri Tancred dari Hauteville Muriella dan Fredensenda sepertinya adalah putri "Adipati Richard dari Normandy", ditujukan baik kepada Richard I atau Richard II.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burke, John Bernard (1852). The Royal Families of England, Scotland, and Wales, with Their Descendants, Sovereigns and Subjects. BiblioBazaar (2009). hlm. ii–iii, Section V. ISBN 1115404474. Diakses tanggal 2010-11-08. 
  2. ^ Francois Neveux. A Brief History of The Romans. Constable and Robinson. 2008; p. 74

Genealogi[sunting | sunting sumber]

Diagram berdasarkan informasi yang ditemukan di Wikipedia
Bangsawan Prancis
Didahului oleh:
Richard I
Adipati Normandy
996–1027
Diteruskan oleh:
Richard III