Richard II dari Normandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Richard II
Richard yang Baik sebagai bagian dari patung "Enam Adipati Normandia" di alun-alun kota Falaise.
Richard yang Baik sebagai bagian dari patung "Enam Adipati Normandia" di alun-alun kota Falaise.
Adipati Normandia
Pendahulu Richard I
Pengganti Richard III
Lahir 23 Agustus 970
Normandia
Meninggal 28 Agustus 1026
Normandia

Richard II (lahir 23 Agustus 970, di Normandia, Perancis – 28 Agustus 1026, di Normandia), dipanggil yang Baik (Bahasa Perancis: Le Bon), merupakan putra tertua dan pewaris Richard I si Pemberani dan Gunnora.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Richard menggantikan ayahnya sebagai Adipati Normandia pada tahun 996 namun lima tahun pertama dimasa pemerintahannya dihabiskan dengan Count Ralph dari Ivry memegang kekuasaan dan meredakan pemberontakan petani[2].

Ketika ia merebut kekuasaan ia menguatkan aliansinya dengan Kapetia oleh bantuan Robert II dari Perancis melawan duchy Burgundia. Ia membentuk sebuah aliansi baru dengan Brittania dengan menikahkan saudara perempuannya Hawise dengan Geoffrey I, Adipati Brittania dan dengan pernikahannya sendiri dengan saudara perempuan Geoffrey, Judith.

Ia juga mengusir serangan Inggris di Semenanjung Cotentin yang dipimpin oleh Ethelred II dari Inggris. Ia mengenar reformasi biara-biara Norman.

Richard II (kanan), dengan Kepala Biarawan Mont Saint Michel (tengah) dan Lothair dari Perancis (left).

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Richard berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan Inggris lewat pernikahan saudara perempuannya dengan Raja Ethelred, namun ia sangat tidak disukai oleh rakyat Inggris. Namun hubungan ini kemudian memberi cucu lelakinya, William sang Penakluk, bagian dari tuntutannya atas tahta Inggris.

Ia pertama-tama menikah dengan (tahun 996) Judith (982-1017), putri Conan I dari Brittania, dengan siapa ia memiliki keturunan sebagai berikut :

Pernikahan keduanya dengan Poppa dari Envermeu, dengan siapa ia memiliki keturunan sebagai berikut :

Pernikahan lain / keturunan[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional, Richard memiliki istri ketiga yang bernama Astrid (Estritha), putri Sweyn Forkbeard, Raja Inggris, Denmark, dan Norwegia, dan Sigrid yang Sombong. Namun ini sangat tidak mungkin, mengingat situasi politik pada saat itu.

Seorang anak haram perempuan Richard I, kadang dipanggil "Papia", juga pada waktu itu dikira adalah putri Richard II. Kedua istri Tancred dari Hauteville Muriella dan Fredensenda sepertinya adalah putri "Adipati Richard dari Normandia", ditujukan baik kepada Richard I atau Richard II.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Burke, John Bernard (1852). The Royal Families of England, Scotland, and Wales, with Their Descendants, Sovereigns and Subjects. BiblioBazaar (2009). hlm. ii–iii, Section V. ISBN 1115404474. Diakses 2010-11-08. 
  2. ^ Francois Neveux. A Brief History of The Romans. Constable and Robinson. 2008; p. 74

Genealogi[sunting | sunting sumber]

Diagram berdasarkan informasi yang ditemukan di Wikipedia
Bangsawan Perancis
Didahului oleh:
Richard I
Adipati Normandia
996–1027
Diteruskan oleh:
Richard III