Richard Edward Taylor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Richard Edward Taylor (lahir 1929) ialah fisikawan Kanada yang pada 1990 menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika dengan Jerome Friedman dan Henry Kendall untuk kolaborasinya dalam membuktikan keberadaan quark, yang secara umum diterima sebagai badan di antara blok bangunan dasar dari dari zat.

Taylor belajar di Universitas Alberta, di mana ia menerima gelar sarjana muda (1950) dan masternya (1952). Ia menerima gelar doktornya dari Universitas Stanford pada 1962. Ia bekerja setahun di Laboratorium Lawrence Berkeley Universitas California, dan dari 1962 sampai 1968 ia merupakan anggota staf di Pusat Akselerator Linear Stanford (SLAC).

Selama di SLAC, ia, Friedman dan Kendall mengadakan rangkaian percobaan yang memperkuat hipotesis bahwa proton dan neutron tersusun dari quark. Penemuan ini penting sekali untuk perumusan deskripsi teori yang kini diterima mengenai zat dan interaksinya, dikenal sebagai model standar. Taylor menjadi lektor kepala di Stanford pada 1968 dan guru besar pada 1970.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]