Richard Cushing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Richard James Cushing (24 Agustus 1895 - 2 November 1970) adalah seorang pejabat tinggi (prelatur) Gereja Katolik Roma dari Amerika Serikat. Ia menjadi Uskup Agung Boston dari tahun 1944 hingga 1970, dan diangkat menjadi kardinal pada tahun 1958.

Uskup Agung Boston[sunting | sunting sumber]

Cushing diangkat sebagai Uskup Agung Boston ketiga pada tanggal 25 September 1944 menyusul wafatnya Kardinal O'Connell. Selama masa jabatannya, Boston menyaksikan ekskomunikasi Romo Leonard Feeney atas interpretasinya yang sempit terhadap doktrin Katolik bahwa tidak ada keselamatan jiwa di luar gereja. Feeney menolak untuk mengubah posisisnya, tetapi terdengar bahwa ia akhirnya berekonsiliasi dengan gereja sebelum wafatnya.[1] Setelah wafatnya Paus Pius XII, Cushing merilis sebuah film sebagai penghargaan kepada sang Paus.[2] Pada tahun 1959, Cushing menerbitkan sabuah biografi dari almarhum Paus Pius XII (1939-1958), yang menggambarkan Sri Paus sebagai "Sri Paus Perdamaian".

Karya-karyanya memberikan sumbangsih sehingga Gereja Katolik Roma bisa lebih diterima di dalam masyarakat Amerika pada saat Senator John F. Kennedy melakukan kampanye untuk menjadi Presiden Amerika Serikat dan menempati Gedung Putih. Sebagian karya kerjanya ini termasuk mencoba merangkul kaum non-Katolik di Boston setelah gaya kepemimpinan Gereja Katolik yang ketat dan kaku dari era Kardinal O'Connell sebelumnya terhadap topik-topik keseharian mengenai agama, sosial dan politik di Boston dan Massachusetts".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Time magazine: "Feeney Forgiven"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-29. Diakses tanggal 2011-06-20. 
  2. ^ Pope Pius XII by Richard Cushing, St. Paul Editions, Boston, 1959
  3. ^ Boston Globe "'What Will Lake Street Think?' No Longer" December 14, 2003