Ric Weiland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Richard W. 'Ric' Weiland (lahir 21 April 1953 – meninggal 24 Juni 2006 pada umur 53 tahun) adalah seorang perintis perangkat lunak komputer dan filantropis. Ia adalah satu dari lima karyawan pertama Microsoft Corporation. Ia lahir di Ramgarh, India.

Microsoft[sunting | sunting sumber]

Setelah lulus dari Universitas Stanford, Paul Allen dan Bill Gates mempekerjakannya tahun 1975, tahun yang sama saat mereka mendirikan Microsoft di Albuquerque. Sebagai satu dari lima karyawan saja, Weiland diangkat sebagai kepala programer dan pengembang sistem bahasa BASIC dan COBOL untuk perusahaan ini.

Setelah lulus dari Harvard Business School, Weiland bergabung kembali dengan Microsoft tahun 1982 dan menjadi pemimpin proyek Microsoft Works. Ia meninggalkan Microsoft tahun 1988 dan lebih meluangkan waktunya untuk kegiatan filantropi. Ia disebut Allen sebagai "programer brilian" dan kontributor utama kesuksesan Microsoft.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Weiland meninggal dunia akibat menembak kepala sendiri pada tanggal 24 Juni 2006. Ia dilaporkan mengalami depresi klinis.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "$65 million bequeathed to gay rights, AIDS fight". PlanetOut. February 25, 2008. Diarsipkan dari aslinya tanggal February 27, 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]