Reuni kelas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Undangan reuni kelas, Yale College, 1850

Reuni kelas adalah pertemuan mantan teman kelas, biasanya diadakan di atau dekat sekolah lama mereka oleh seorang anggota kelas saat atau mendekati ulang tahun kelulusan mereka. Mantan guru juga diundang. Umumnya, peserta reuni mengingat kembali atau bernostalgia tentang hari-hari sekolah mereka dulu, dengan detail mengingat teman-teman yang suka usil, dan bercerita tentang apa yang terjadi dengan masing-masing mereka sejak berpisah dan terpencar-pencar. Alumni biasanya sangat peduli dengan bagaimana hidup mereka berubah jika dibandingkan dengan hidup mantan teman sekelas mereka, dan kadang merasa tertekan untuk bercerita jauh mengenai karier sukses mereka, pencapaian pribadi, dan hubungan dengan orang lain

Sejumlah reuni kelas juga melibatkan pemberian hadiah reuni kepada institusi pendidikan bersangkutan.

Reuni kelas dalam budaya masyarakat[sunting | sunting sumber]

Dalam film dan sastra, khususnya novel kriminal, novel tegang dan psikologis, reuni kelas sering dijadikan alat untuk meluapkan emosi seperti malu, benci, atau rasa bersalah di dalam karakter individu yang tiba-tiba dihadapkan kembali dengan masa muda mereka dan menjadi sadar bahwa mereka tidak mampu melupakan masa lalu. Dalam banyak kasus, orang-orang yang pernah diplonco, dipermalukan, atau dianiaya oleh guru dan/atau teman sekelas mereka yakin bahwa saat itu adalah kesempatan mereka untuk balas dendam.

Fiksi lain sejenis ini adalah mantan teman kelas yang bertemu musuh lamanya kembali, entah karena mereka berubah dan menjadi sosok dewasa yang patut ditiru atau masih seperti dulu—karena mereka belum berubah sama sekali di dunia ini.

Contoh film yang bercerita tentang reuni kelas adalah:

Contoh karya fiksi yang bercerita tentang reuni kelas adalah:

Contoh acara TV yang bercerita tentang reuni kelas adalah:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]