Republik Liège

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Republik Liège

République liégeoise<br /Luyksche Republiek
1789–1791
Bendera Republik Liège
Bendera
Peta wilayah republik (putih) di antara Belgia Serikat (salmon), Republik Belanda (kuning) dan negara-negara lain (abu-abu).
Peta wilayah republik (putih) di antara Belgia Serikat (salmon), Republik Belanda (kuning) dan negara-negara lain (abu-abu).
StatusNegara tak diakui
Ibu kotaLiège
PemerintahanRepublik
Era SejarahModern awal
18 Agustus 1789
• Proklamasi republik
18 Agustus 1789
• Deklarasi Hak-Hak Manusia dan Warga Franchimont
16 September 1789
• Pembubaran
12 Januari 1791
Didahului oleh
Digantikan oleh
Prince-Bishopric of Liège
Prince-Bishopric of Liège
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Republik Liège (Prancis: République liégeoise) adalah negara berusia pendek yang berpusat di kota Liège. Republik ini didirikan pada Agustus 1789 setelah meletusnya Revolusi Liège yang menjatuhkan Keuskupan-Pangeran Liège. Negara ini berdiri bersamaan dengan negara revolusioner berusia pendek lainnya, Belgia Serikat, yang didirikan setelah Revolusi Brabant tahun 1789. Akan tetapi, pada tahun 1791 tentara Republik Liège telah dikalahkan oleh tentara Prusia dan Austria, dan Keuskupan-Pangeran Liège didirikan kembali.

Revolusi[sunting | sunting sumber]

Pada 18 Agustus 1789, Jean-Nicolas Bassenge dan demokrat lainnya tiba di Balai Kota Liège. Mereka meminta pemecatan pejabat yang ada untuk digantikan oleh dua burgomaster yang populer: Jacques-Joseph Fabry dan Jean-Remy de Chestret. Benteng Santo Walbureg jatuh ke tangan pemberontak. Uskup-Pangeran César-Constantin-François de Hoensbroeck dibawa dari istana musim panasnya di Seraing untuk mengesahkan pengangkatan pejabat baru dan menghapuskan Règlement de 1684 yang tidak populer. Beberapa hari kemudian, Uskup-Pangeran melarikan diri ke kota Trier. Kekaisaran Romawi Suci mengutuk Revolusi Liège dan meminta pengembalian Ancien régime di Keuskupan-Pangeran Liège.

Setelah keberhasilan revolusi ini, Republik Liège didirikan, dua tahun sebelum Republik Prancis Pertama.

Kebijakan[sunting | sunting sumber]

Salah satu tindakan pertama republik ini adalah pengenalan "Deklarasi Hak-Hak Manusia dan Warga Franchimont" pada 16 September 1789. Dokumen ini sangat dipengaruhi oleh Deklarasi Hak-Hak Manusia dan Rakyat Prancis yang diperkenalkan pada Agustus 1789, tetapi terdapat beberapa perbedaan:

  • Pasal 3: Kedaulatan ada di tangan rakyat [dan bukan bangsa]
  • Pasal 10: Setiap rakyat memiliki kebebasan berpikir dan berpendapat [tanpa batasan]
  • Pasal 17 deklarasi Prancis mengenai properti tidak ada dalam deklarasi Liège karena hak properti sudah ada semenjak tahun 1196.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]