Republik Demokratik Finlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Republik Demokratik Finlandia
Suomen kansanvaltainen tasavalta
Republiken Finland Demokratiska
Negara boneka Uni Soviet

1939–1940
Perkiraan perubahan teritorial Republik Demokratik Finlandia.
Daerah hijau menunjukkan daerah yang dimaksudkan untuk diserahkan ke Republik Demokratik Finlandia dan merah adalah daerah yang dimaksudkan untuk diserahkan dari Finlandia ke Uni Soviet.
Ibukota Helsinki (klaim)
Terijoki (de facto)
Agama Tidak ada (Negara ateis)
Pemerintahan Negara komunis
Perdana Menteri Otto Ville Kuusinen
Era sejarah Perang Dunia II
 -  Didirikan 1 Desember 1939
 -  Dibubarkan 12 Maret 1940
Warning: Value specified for "continent" does not comply

Republik Demokratik Finlandia (Bahasa Finlandia: Suomen kansanvaltainen tasavalta/Suomen kansantasavalta, Bahasa Swedia: Republiken Finland Demokratiska), adalah sebuah negara boneka dari Uni Soviet yang berdiri cukup singkat, yaitu dari tahun 1939 sampai 1940. Negara ini sangat bergantung pada bantuan Uni Soviet. Wilayahnya ada di sekitar bagian FinlandiaKarelia, yaitu wilayah yang diduduki Uni Soviet selama Perang Musim Dingin.

Uni Soviet berpendapat bahwa pemerintahan republik ini satu-satunya pemerintahan yang sah untuk seluruh wilayah Finlandia. Hal ini diklaim dapat mengakhiri Perang Musim Dingin antara Finlandia dan Uni Soviet dan memulihkan keadaan dan perdamaian. Namun, sebelum Perang Musim Dingin berakhr, pemerintahan ini menyerah dan memilih berdamai dengan pemerintah Finlandia.

Nama[sunting | sunting sumber]

Rezim pemerintahan ini juga sering dikenal sebagai Pemerintah Terijoki (Bahasa Finlandia: Terijoen hallitus, Bahasa Swedia: Terijokiregeringen), seperti wilayah Terijoki, yaitu wilayah pertama yang dicaplok oleh Tentara Merah Uni Soviet. Kadang-kadang, pemerintahan ini juga disebut Pemerintahan Kuusinen (Bahasa Finlandia: Kuusisen hallitus, Bahasa Swedia: Kuusinen regering). Secara resmi, nama pemerintahan ini adalah Pemerintah Rakyat Finlandia (Bahasa Finlandia: Suomen kansanhallitus, Bahasa Swedia: Finlands folkregering)