Renata Tebaldi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Renata Tebaldi (lahir di Pesaro, Italia, 2 Februari 1922 – meninggal di San Marino, 19 Desember 2004 pada umur 82 tahun) adalah seorang lirico-spinto penyanyi sopran berkebangsaan Italia, yang terkenal setelah Perang Dunia II. Dia diklaim sebagai penyanyi opera yang paling dicintai sepanjang masa[1], dimana ia fokus hanya pada peran verismo dari lirik dan dramatic repertoires.

Tahun-tahun awalnya[sunting | sunting sumber]

Tebaldi terlahir dengan nama Renata Ersilia Clotilde Tebaldi di Pesaro, anak perempuan dari pasangan pemain cello, Teobaldo Tebaldi, dan Giuseppina Barbieri, seorang penyanyi berbakat yang ingin berkarier di dunia tarik suara tapi malah menjadi perawat. Tidak berapa lama setelah kelahirannya, orangtuanya bercerai, dan Renata, bersama-sama dengan ibunya pindah ke kota kelahiran ibunya di Langhirano, provinsi Parma, Italia.

Karena terkena penyakit polio di usianya yang baru tiga tahun, Tebaldi tidak bisa ikut aktif bermain dengan teman-temannya dan menjadikannya tertarik pada dunia musik. Ia pernah menjadi anggota paduan suara gereja di Langhirano dan ibunya mengikutkannya les piano dengan Signorina Passani di Parma pada usia tiga belas tahun; dan ia belajar dengan sungguh-sungguh, berlatih selama empat atau lima jam sehari dan bermimpi memiliki karier sebagai seorang pianis konser. Ia juga selalu menyanyikan setiap lagu yang dia dengar. Inspirasi utamanya adalah mendengarkan lagu-lagu itu dari radio. Dan itu berlangsung terus sampai guru pianonya berinisiatif untuk mengirimkan Renata untuk berguru pada Italo Brancucci, seorang guru menyanyi di conservatory, Parma. Ia mulai belajar sebentar di conservatory, mengambil pelajaran dengan Ettore Campogalliani selama tiga tahun. Renata harus berkonsentrasi di scales dan kursus suara selama dua tahun sebelum ia diperbolehkan untuk belajarlagu pertamanya dari tahun kedua trainingnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1] NYTimes, 20 Desember, 2004 Anthony Tommasini, Renata Tebaldi, 82, Soprano With 'Voice of an Angel,' Dies

Pranala luar[sunting | sunting sumber]