René Mercet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

René Mercet (lahir 1 Desember 1898 – meninggal 13 Juni 1961 pada umur 62 tahun) ialah seorang wasit internasional dari Swiss yang bertugas pada tahun 1920-an hingga 1930-an dan menjadi tak populer atas pertunjukannya dalam babak perempat final Spanyol melawan Italia dalam Piala Dunia FIFA 1934.

Mercet telah menjadi wasit berperingkat, dipilih untuk memimpin jalannya pertandingan babak semifinal dan final Piala Swiss pada tahun 1930-an.[1] Menyusul peristiwa ini, Mercet dipilih sebagai wasit internasional namun pertunjukannya pada Piala Dunia 1934 membuat kariernya tersungkur; diduga Asosiasi Sepak Bola Swiss menundanya dari penunjukan internasional lebih lanjut setelah pertunjukannya nampak memberatkan ke Italia dalam perempat final Piala Dunia.

Atas penampilan Mercet, majalah sepak bola Jerman Fussball melaporkan:

Mercet telah kehilangan keberaniannya. Sama halnya ia melewatkan pelanggaran Monzeglio terhadap Bosch sebelumnya, ketika ia berdiri lurus di dekatnya, ia tetap bersandar pada propaganda murahan atas massa Italia.

Surat kabar Swiss, Basler Nationalzeitung melaporkan:

Mercet lebih condong ke pihak Italia dengan gaya paling memalukan.

Selama pertandingan Mercet menolak untuk mengesahkan 2 gol Spanyol, 1 untuk pelanggaran, dan hanya menghadiahi Spanyol satu tendangan bebas. Gol yang dimenangkan, oleh Giuseppe Meazza, diskorkan dengan bantuan pelanggaran pada kiper cadangan Spanyol (Ricardo Zamora yang terluka dalam pertandingan pertama dan berakhir imbang antara kedua belah pihak).[2]

Sepanjang turnamen dan setelahnya, ada tuduhan bahwa pejabat Italia, kelompok pemerintahan, telah menyuap dan memengaruhi dirinya, tidak terkecuali Louis Baert dan Ivan Eklind.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Profil pada situs WorldReferee.com