Reisa Broto Asmoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Reisa Kartikasari)

Reisa Broto Asmoro
Dr. Reisa Broto Asmoro sebagai Kepala Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia[1]
LahirReisa Kartikasari
28 Desember 1985 (umur 38)
Malang, Jawa Timur, Indonesia
Nama lain
  • Reisa Broto Asmoro
  • Reisa Kartikasari
  • Dr. Reisa
AlmamaterUniversitas Pelita Harapan
Pekerjaan
Tahun aktif2010–sekarang
Gelar
Suami/istri
Tedjodiningrat Broto Asmoro
(m. 2012)
Anak
  • Raden Rara Ramania Putri Broto Asmoro
  • Raden Satriyo Daniswara Broto Asmoro
Pemenang kontes kecantikan
Warna rambutCokelat gelap
Warna mataCokelat
Kompetisi
utama
Situs webreisabrotoasmoro.com

Raden Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari Broto Asmoro (lahir 28 Desember 1985) adalah seorang dokter, aktris, model dan pembawa acara asal Indonesia. Ia mewakili provinsi DI Yogyakarta pada kontes Puteri Indonesia 2010 dan bergelar sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2010. Reisa mewakili Indonesia pada ajang Miss International 2011 di Tiongkok. Sejak tahun 2020, ia menjabat sebagai Kepala Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Reisa adalah seorang dokter sekaligus seorang model di mana ia menempuh pendidikan kedokterannya di Universitas Pelita Harapan. Ia memulai karier di dunia hiburan sejak masih di bangku SMA. Ia pernah mengikuti ajang pemilihan Gadis Sampul, masuk menjadi salah satu model di Look Models Agency, serta membintangi beberapa iklan di Indonesia dan Asia. Setelah lulus dan bekerja di RS Polri Raden Said Soekanto Kramat Jati, ia banyak berkecimpung di dunia forensik. Reisa juga merupakan salah satu anggota DVI (Dissaster Victim Identification) yang terlibat dalam proses investigasi korban Sukhoi dan beberapa bom terorisme di Jakarta.

Saat ini Reisa merupakan host acara kesehatan terkemuka yaitu Dr. Oz Indonesia di Trans TV. Ia juga masih terus berpraktik di Klinik Kecantikan JMB di Bilangan, Jakarta Selatan. Reisa kini aktif di berbagai kegiatan sosial, serta menjadi pembicara dalam seminar-seminar kesehatan nasional. Reisa merupakan anggota Bidang Kesekretariatan, Protokoler, dan Public Relations Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) periode 2018-2021.[2]

Pada tanggal 8 Juni 2020, Reisa diperkenalkan sebagai anggota dari tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.[3] Beliau turut hadir dan menyampaikan informasi dalam briefing harian COVID-19 di Indonesia, bersama Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Puteri Indonesia 2010[sunting | sunting sumber]

Tahun 2010, pada usia 25 tahun, Reisa berkompetisi di kontes Puteri Indonesia, perwakilan dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kontes nasional tersebut, ia meraih posisi juara kedua, yang memberikannya gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2010. Dengan gelar tersebut, ia berhak mewakili Indonesia pada kontes Miss International 2010 yang diselenggarakan di Tiongkok.

Miss International 2011[sunting | sunting sumber]

Ia mewakili Indonesia dalam kontes Miss International 2011 yang berlangsung mulai tanggal 20 Oktober 2011 dan final pada tanggal 7 November 2011 di kota Chengdu, Tiongkok. Dalam ajang ini, Reisa mengusung isu tentang perdamaian dunia serta kebudayaan Indonesia. Dia juga mengusung tema tentang "Pray For Japan", pasca kejadian gempa bumi & tsunami Jepang, 11 Maret 2011 lalu.[4] Reisa juga mendapatkan penghargaan sebagai Duta Energi Bersih.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Iklan[sunting | sunting sumber]

Tahun Iklan
2021 Dettol
Le Minerale
Roma Marie Gold
Morinaga Chil-kid
Energen
Vape

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari menikah dengan Kanjeng Tedjodiningrat Broto Asmoro pada tanggal 9 November 2012, dan kini ia lebih dikenal dengan nama Reisa Broto Asmoro sesuai dengan nama keluarga sang suami.[5] Atas pernikahan tersebut, namanya menjadi Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari Broto Asmoro.

Reisa adalah adik kandung dari Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Dr. Dea Tunggaesti, SH., MM., pengacara Indonesia yang terkenal melalui kasus Nazaruddin ketika ia masih bekerja di Otto Cornelis Kaligis. Pada 29 Maret 2015, dr. Reisa melahirkan anak pertamanya yang diberi nama RR. Ramania Putri Broto Asmoro.[6] Pada tanggal 24 Maret 2018, dr. Reisa melahirkan anak keduanya yang diberi nama R. Satriyo Daniswara Broto Asmoro.[7]

Reisa juga merupakan bibi dari finalis 15 besar Indonesian Idol musim kesembilan, Brisia Jodie.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Ayu Rianna Amardhi
Daerah Istimewa Yogyakarta Puteri Indonesia DI Yogyakarta
2010
Diteruskan oleh:
Dinda Rizky Hutari
Didahului oleh:
Sumatera Barat Zukhriatul Hafizah
Puteri Indonesia Lingkungan
2010
Diteruskan oleh:
Jawa Timur Liza Elly Purnamasari