Rede Tupi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rede Tupi de Televisão
JenisBroadcast television network
MerekRede Tupi
NegaraBrasil
JangkauanBrasil
Didirikan18 September 1950; 73 tahun lalu (1950-09-18)
oleh Assis Chateaubriand
SloganTupi, mais calor humano
Wilayah siar
Brasil
PemilikDiários Associados
Tokoh penting
Assis Chateaubriand
Tanggal luncur
18 September 1950; 73 tahun lalu (1950-09-18)
Ditutup18 Juli 1980; 43 tahun lalu (1980-07-18)

Rede Tupi (pengucapan bahasa Portugis: [ˈʁedʒi tuˈpi], biasa disebut TV Tupi atau nama lainya Rádio Difusora São Paulo S.A. adalah televisi pertama di amerika selatan. Dinamakan setelah suku Tupiniquim di Brasil, Rede Tupi adalah pelopor dalam program televisi di Amerika Selatan , mengatur nada untuk drama terbaik, program berita, olahraga, teater dan hiburan pada 1950-an dan 1960-an seperti TV de Vanguarda (Vanguard TV) , O Repórter Esso (The Esso Reporter), Alô Docura , Clube dos Artistas (1952–80), Beto Rockfeller , O Mundo é das Mulheres(Dunia adalah untuk Wanita) dan banyak lagi. Ini memimpin jalan untuk pendirian stasiun televisi di seluruh Brasil, dan pada tahun 1960, mengalahkan stasiun lain dalam penyiaran melalui satelit (jaringan TV Brasil pertama yang mencapai prestasi seperti itu) untuk menghormati pembukaan resmi Brasilia.

Keberhasilannya mendorong negara-negara lain di benua itu untuk memiliki stasiun televisi. Jaringan tersebut menambahkan bakat baru ke bisnis pertunjukan Brasil, yang saat itu merupakan industri yang berkembang pesat tergantung pada film dan radio. Selama tahun 1960-an, program-programnya merevolusi televisi melalui animasi, humor, komedi dan acara anak-anak ditambah telenovela yang memunculkan peluncuran tahun 1965 jaringan saingannya di Rio de Janeiro, Rede Globo .

Tupi memiliki ciri khas tersendiri dalam pemberitaan: Rede Tupi de Noticias (Jaringan Berita Tupi) menjadi salah satu siaran yang sukses. Siaran berita itu unik karena disiarkan tiga kali setiap malam. Ana Maria Braga menjadi presenter utama. Itu memiliki tiga bagian: olahraga, berita lokal dan berita nasional/dunia.

Pada tahun 1964, ia menjadi jaringan televisi kedua Brasil yang bereksperimen dengan program televisi yang disiarkan dalam warna setelah Rede Excelsior pada tahun 1962. Setelah kematian pendirinya pada tahun 1968, jaringan tersebut, karena krisis dengan pemiliknya, beralih menjadi jaringan televisi nasional pertama di 1970, terdiri dari dua stasiun utamanya, Saluran 4 dan 6, 7 stasiun lainnya dan 17 stasiun afiliasi di seluruh negeri.

Pada tahun 1972, Tupi bergabung dengan stasiun Brasil lainnya dalam perpindahan ke siaran TV berwarna. Pada tanggal 31 Maret, program khusus Tupi tahun itu, Mais Cor em Sua Vida (Lebih Banyak Warna dalam Hidup Anda) secara resmi memulai transmisi warna, dan meluncurkan logo baru dalam perayaan, menggantikan logo lama nomor 6 yang digunakan di Rio selama monokrom. hari.

Jaringan mulai mengalami masalah selama tahun 1970-an, termasuk terlalu banyak hutang, yang mengakibatkan pemogokan oleh para aktor telenovela mereka . Keadaan berubah dari buruk menjadi lebih buruk setelah kebakaran terjadi pada tahun 1978.

Penutupan[sunting | sunting sumber]

Rede Tupi diperintahkan oleh pemerintah federal Brasil ( kediktatoran militer saat itu) untuk menghentikan operasinya. Ini terjadi pada 16 hingga 18 Juli 1980, ketika dua stasiunnya di São Paulo (Saluran Tupi 4) dan Rio de Janeiro (Saluran Tupi 6) ditutup, bersama dengan 7 stasiun lainnya di seluruh negeri. Departemen Telekomunikasi Nasional tidak menyetujui rencana perpanjangan konsesi televisi Rede Tupi. Menyusul penutupan tujuh stasiun Rede Tupi pada hari sebelumnya, stasiun Rio berhenti untuk terakhir kalinya pada tengah hari tanggal 18. Hari-hari terakhir siaran di studio jaringan Rio de Janeiro adalah berjaga selama 18 jam. Jaringan itu menyiarkan ulang misa yang dihadiri oleh Paus Yohanes Paulus II(selama kunjungannya ke Brazil) di Rio de Janeiro . Suaranya digantikan oleh sulih suara pria yang menarik bagi presiden João Figueiredo , disertai dengan musik latar yang emosional. Kemudian, beralih ke staf stasiun yang mereka ubah menjadi emosional. "Até breve, telespectadores amigos" (Sampai jumpa, pemirsa dan teman-teman) dan nama jaringannya di bawah kata-kata, muncul di layar dengan huruf kapital. Ini dialihkan ke logonya dengan latar belakang hitam, dengan lagu tema serial dokumenter Amerika " Victory at Sea ", yang digubah oleh Richard Rodgers , sebagai musik latarnya, kemudian menjadi statis. Berbagai jaringan di Brasil meliput penutupan stasiun, termasuk Rede Bandeirantes .

Saluran São Paulo, Porto Alegre, dan Belém Tupi menjadi inti SBT (Sistem Televisi Brasil, kemudian TVS, Saluran TV Studios 4) dari Grupo Silvio Santos (Grup Silvio Santos) Silvio Santos kemudian pada Agustus 1981. Rio, Belo Horizonte , Gerai Recife dan Fortaleza menjadi inti dari Rede Manchete (Manchete Network Channel 9), dari grup penerbitan Bloch Editores (Bloch Editors) dari Adolpho Bloch, pada Juni 1983.

slogan[sunting | sunting sumber]

  • 1950-1969: A pioneira (Pionir)
  • 1970-1979: Do tamanho do Brasil (Besar di brasil)
  • 1973: Sistema Tupicolor, vamos por mais cor na sua vida (Tupicolor system, menyatukan warna dalam hidupmu)
  • 1973-1975: Tupi, Uma Estação de Emoções (Tupi,Stasiun Emoticon)
  • 1979-1980: Tupi, mais calor humano (Tupi, warna yang harmonis)

Ident[sunting | sunting sumber]

Tahun Ident
1950
1972
1975
1978
1980

Jaringan Studio pusat[sunting | sunting sumber]

Jaringan Rede Tupi[sunting | sunting sumber]

Jaringan afliansi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]