Rede Bandeirantes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rede Bandeirantes de Televisão
JenisBroadcast television network
Merek"Band"
NegaraBrasil
JangkauanTerestrial dan melalui sinyal satelit yang tersedia di Brasil, dan melalui kabel secara internasional.
Didirikan1967
oleh João Jorge Saad
SloganOlho na tela, olho na Band
MarkasSão Paulo
PemilikGrupo Bandeirantes de Comunicação
Tanggal luncur
13 Mei 1967
Situs resmi
band.com.br/tv
Logo pertama Rede Bandeirantes (1967-1982)

Rede Bandeirantes ( Pengucapan Portugis: [ˈʁedʒi bɐ̃dejˈɾɐ̃tʃis] , Bandeirantes Network ), atau hanya dikenal sebagai Band ( Pengucapan Portugis: [ˈbɐ̃dʒi] ), adalah jaringan televisi free-to-air Brasil. Itu mulai mengudara pada 13 Mei 1967 di saluran VHF 13 di São Paulo. Pendirinya adalah pengusaha João Saad dengan bantuan ayah mertuanya dan mantan gubernur São Paulo Adhemar de Barros . Dalam hal pemirsa dan pendapatan, saat ini jaringan televisi Brasil terbesar keempat. Ini disiarkan ke seluruh Brasil melalui stasiun dan afiliasinya yang dimiliki dan dioperasikan. Ini juga memiliki serangkaian saluran TV berbayar dan disiarkan secara internasional melalui Band Internacional .


Itu adalah stasiun pertama yang memiliki semua program berwarna pada tahun 1972, dan juga yang pertama disiarkan melalui satelit, menjadi jaringan perintis dalam penggunaan saluran satelit eksklusif untuk siaran langsungnya di seluruh Brasil pada tahun 1982. Pada tahun 1990, ketika disebut Bandeirantes, stasiun ini mengubah namanya menjadi "Larangan". Namun, karena publik tidak senang dengan perubahan ini, kembali ke "Bandeirantes". Penggunaan pertama dari nama "Band" adalah selama siaran karnaval pada tahun 1995, dan pada kesempatan yang sama, itu menjadi stasiun Brasil pertama yang memasukkan logonya di sudut layar, yang disebut "tanda air" .

Selama tahun 1980-an dan 1990-an, saluran ini dikenal sebagai "saluran olahraga", karena jaringan yang menyiarkan genre olahraga yang paling bervariasi, di bawah pengaruh penyiar Luciano do Valle , menjadi yang pertama menyiarkan Formula Indy , NBA dan kejuaraan sepak bola Italia dan Spanyol. Liputan jurnalistik tersebut merupakan pengakuan lain dari Band, dalam melakukan debat antar kandidat politik di televisi. Ini menjadi stasiun TV kedua yang mengadakan debat untuk Gubernur São Paulo pada tahun 1982 dan itu adalah yang pertama melakukan debat antara kandidat politik untuk Kepresidenan pada tahun 1989.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1945, di São Paulo, pengusaha João Jorge Saad membeli Rádio Bandeirantes dari ayah mertuanya Ademar de Barros, yang kemudian dibeli oleh gubernur São Paulo dari pemilik sebelumnya, Paulo Machado de Carvalho, pemilik Rádio Record dan Emisoras Unidas. Selama pemerintahan Presiden Getúlio Vargas, João Saad berhasil memperoleh konsesi saluran televisi di São Paulo pada 1950-an. Selama pemerintahan Juscelino Kubitschek , konsesi dibatalkan dan diserahkan kepada pengusaha lain. Namun, Saad berhasil, pada saat João Goulartpemerintah, untuk memulihkan stasiun TV. Pada tahun 1961 di Morumbi, pekerjaan dimulai di Gedung Radiantes – sebuah bangunan yang dibangun khusus dengan tujuan untuk menampung studio televisi paling modern di Amerika Latin, dan kemudian dijuluki oleh karyawan sebagai "istana terpesona". Bangunan stasiun, yang pertama di negara itu yang dirancang untuk menerima TV, membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk dibangun. Saad telah menunda dimulainya operasi beberapa kali: "Belum waktunya ... Saya baru membuka stasiun pada tahun '67, berdasarkan fondasi yang kokoh", katanya. Dengan menara transmisi di Pico do Jaraguá, pada Februari 1967, siaran eksperimental dimulai, dengan slide, film, dan dokumenter.

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

TV Bandeirantes secara resmi mulai mengudara secara teratur pada 13 Mei 1967, dengan pidato pendirinya, João Jorge Saad, diikuti dengan konser oleh penyanyi Agostinho dos Santos dan Cláudia, yang membuka siaran. Orang-orang yang hadir pada waktu itu umumnya adalah politisi, termasuk Presiden Costa e Silva , gubernur São Paulo Abreu Sodré , walikota São Paulo Faria Lima , dan para menteri dan sekretaris negara. Sebuah taman bermain dan sirkus gratis untuk keluarga berpenghasilan rendah didirikan di depan markas stasiun. Selama dua hari, dilakukan perburuan dan permainan, dengan pembagian bingkisan kenang-kenangan dan pengundian 5 rumah bagi ibu-ibu miskin.

Bandeirantes telah berinvestasi sejak awal dalam olahraga, film, dan jurnalisme. Untuk Saad, pemrograman harus "eklektik". Menurutnya, Anda tidak dapat "menaikkan level program terlalu banyak, jika tidak, tidak akan ada penonton". Awalnya, hal baru diuji di grid pemrograman, menghilangkan interval antar-program. Pada tahun 1967, beberapa hari setelah pembukaan, opera sabun pertama di Bandeirantes TV saat itu, Os Miseráveis , yang diadaptasi oleh Walther Negrão dan Chico de Assis , mengudara, dengan inovasi: bab berdurasi 45 menit. Program berita pertama dari jaringan tersebut adalah Holders News, sebuah program tradisional yang sesuai dari Radio Bandeirantes. Acara Ari Toledo Show menonjol; Pertunjukan Kusta ,Vicente Kusta ; Cláudia Querida, dengan penyanyinya; I Love Lúcio, pertunjukan musik dan humor yang dipimpin oleh Lúcio Mauro dan Arlete Salles ; Além, Além do Além , sebuah teater horor dengan Zé do Caixão. Dalam waktu singkat, arah stasiun dialihkan ke Gilberto Martins dan Antonino Seabra . Pada tahun 1968, program Xênia e Vocêditampilkan di jaringan pada pukul 3 sore, yang tetap berada di jaringan selama bertahun-tahun, dan dipresentasikan oleh Xênia Bier . Juga pada tahun itu, TV Bandeirantes menayangkan Sítio do Picapau Amarelo pada pukul 18:30, dan pada pukul 19:30, As Aventuras de Rin-tin-tin .

kebakaran 1969[sunting | sunting sumber]

Pada 19 September 1969, stasiun mengalami kebakaran hebat, yang menghancurkan fasilitasnya. Sebagian besar arsip dan peralatan stasiun telah hilang karena kebakaran. Slogan saat itu adalah: "Bandeirantes tidak akan berhenti". Kebakaran yang terjadi di studio Morumbi menyebabkan terburu-buru untuk menyewa Cine Arlequim, di Avenida Brigadeiro Luís Antônio, di São Paulo, yang bernama Teatro Bandeirantes. Semua program TV Bandeirantes dihasilkan dari Cine Arlequim, yang dengan cepat diubah menjadi Teatro Bandeirantes. Api di Bandeirantes mirip dengan Rede Globo , Rede Record dan Rede Excelsior. Keempat kebakaran tersebut terjadi dalam waktu kurang dari seminggu , mendorong pihak berwenang untuk menghubungkan keempat kebakaran tersebut dengan tindakan sabotase, di bawah satu komando. Kebakaran TV Bandeirantes adalah yang terbesar dari empat, dengan kerusakan diperkirakan sekitar Cr$ 15 juta. Kebakaran ini berlangsung selama tiga setengah jam dan api akan menyala, pada saat yang sama, di tiga titik yang berbeda. Pada kesempatan itu, Panglima Angkatan Darat Kedua, Jenderal Canavarro Pereira, dan Gubernur Abreu Sodréthey menyatakan kepastian bahwa insiden ini "adalah bagian dari rencana teroris" dan menyerukan bantuan rakyat untuk memerangi para ekstremis. Sebelum masalah ini, João Saad akan disarankan oleh seorang peramal untuk menjual stasiun untuk mengantisipasi kebakaran. Dalam sebuah wawancara, dia dilaporkan mengatakan bahwa dia tidak percaya karena dia pikir dia melayani pesaing. Jaringan tersebut memiliki tiga musim utama produksi/pameran drama televisi. Yang pertama adalah pada tahun-tahun pertama operasi, dari 1967 hingga 1970. Selama periode ini, selain Os Miseráveis yang disebutkan di atas, cerita-cerita sepertiEra Necessidade Back dan O Bolha diproduksi.

1970-an[sunting | sunting sumber]

Pemrograman olahraga dan siaran berwarna[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada tahun 1970, jaringan menyiarkan Piala Dunia FIFA 1970 , siaran olahraga langsung pertama di Brasil. Stasiun ini berpartisipasi dalam kumpulan transmisi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Federal, di mana Rede Globo, Rede Tupi dan REI juga berpartisipasi. Siaran warna pertama adalah pada tahun 1972 dengan tampilan Festival Anggur di Caxias do Sul . Bandeirantes berpartisipasi dalam kelompok stasiun yang menayangkan acara tersebut, dari video yang dihasilkan oleh TV Difusora, dari Porto Alegre, yang dibeli pada tanggal 30 Juni 1980 oleh Grupo Bandeirantes, diubah menjadi TV Bandeirantes Rio Grande do Sul. Meskipun stasiun masih beroperasi di tengah kerugian akibat kebakaran tahun 1969, transmisi dilakukan berkat peralatan yang diimpor dari Jerman. Selama tahun yang sama, Band menjadi penyiar pertama di Brasil yang memproduksi semua programnya dalam warna. Slogan "Bandeirantes: gambar warna-warni São Paulo" diluncurkan untuk acara tersebut, yang menampilkan seekor Merak, yang terinspirasi oleh Laramie Peacock dari NBC .

Acara baru dan populer[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973, program Japan Pop Show ditayangkan perdana, yang dibawakan oleh pasangan Jepang-Brasil Suzana Matsuda dan Nelson Matsuda. Itu dipamerkan pada hari Minggu dan mengikuti format yang sama dengan Gambar Rede Tupi dari Jepang . Pada tanggal 16 Juni 1974, salah satu program paling populer dan berumur panjang di Brasil memulai debutnya pada Sabtu sore di jaringan: Clube do Bolinha , yang dipersembahkan oleh dson Cury, yang dikenal luas sebagai "Bolinha". Acara tersebut tetap tayang hingga 7 Mei 1994. Pada tanggal 12 Agustus 1974, Teatro Bandeirantes yang baru diresmikan, dalam sebuah pertunjukan besar yang mempertemukan Elis Regina, Chico Buarque, Maria Bethânia, Tim Maia dan Rita Lee.

Transisi ke jaringan nasional[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada tahun 1975, Bandeirantes mulai menjadi jaringan televisi nasional dengan pembelian TV Vila Rica, yang menjadi TV Bandeirantes Minas . Pada 7 Juli 1977, pukul 7 malam, TV Bandeirantes tiba di Rio de Janeiro melalui saluran 7, setelah membeli TV Guanabara . Pada tahun yang sama, stasiun-stasiun yang terdiri dari Rede Amazonica juga menjadi bagian dari jaringan yang baru dibuat.

Acara baru[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada tahun 1977, presenter Hebe Camargo mulai mempresentasikan programnya pada Minggu malam dan menandai kembalinya dia ke televisi setelah 4 tahun hanya didedikasikan untuk radio, yang memiliki model akrab dengan wawancara, musik dan informasi. Momen paling berkesan dari program ini adalah wawancara dengan Chico Xavier dan ketika Hebe melemparkan mikrofonnya ke lantai di tengah siaran langsung program dan mengeluh tentang stasiun. Dia menuntut perlakuan yang lebih baik dari saluran dan lebih banyak sumber daya, seperti set baru, lebih banyak orang dalam produksi dan musisi di orkestra, yang berjanji untuk melayaninya. Pada tahun 1986, presenter meninggalkan stasiun dan menandatangani kontrak dengan SBT .

1980-an[sunting | sunting sumber]

Perluasan program berita[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada awal 1980-an, Jornal Bandeirantes (sekarang dikenal sebagai Jornal da Band ) dipresentasikan oleh Ferreira Martins dan Joelmir Beting , dengan komentar oleh Newton Carlos tentang isu-isu internasional. Ronaldo Rosas menyampaikan kabar tersebut dari Rio de Janeiro. Saat itu, Rede Bandeirantes juga menayangkan Canal Livre , yang sejarahnya dikacaukan dengan pembukaan politik yang terjadi selama kediktatoran militer. Awalnya dibawakan oleh Roberto D'Ávila dan disutradarai oleh Fernando Barbosa Lima , itu dilihat sebagai cara bagi jaringan untuk menunjukkan jurnalisme yang lebih kritis, sebuah fakta yang masih terjadi sampai sekarang.

Ekspansi nasional[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Menjaga perluasan dan kualifikasi sinyal jaringan, satu saluran lagi mengudara, TV Bandeirantes Bahia , pada 11 April 1981 di saluran VHF 7. Saluran ini juga memperoleh afiliasi pertamanya di Wilayah Timur Laut, termasuk TV Uirapuru dari Fortaleza di 1979, TV Atalaia dari Aracaju pada 1980, dan TV Ribamar dari São Luís pada 1981. Hingga saat itu, TV Bandeirantes telah memiliki lebih dari 24 stasiun yang tersebar di seluruh Brasil.

Perubahan manajemen dan lebih banyak pertunjukan baru[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada tahun 1981, jaringan tersebut mempekerjakan Walter Clark Bueno sebagai direktur umum pemrograman, yang merupakan salah satu dari mereka yang bertanggung jawab atas kesuksesan Rede Globo pada 1960-an dan 1970-an. Clark adalah pelopor televisi Brasil ketika dia menciptakan konsep jadwal program tetap, dan dia datang mencoba untuk mengulangi kesuksesan ini di stasiun São Paulo. Dia menciptakan program seperti program berita O Repórter , yang disajikan saat makan siang, oleh William Bonner , César Filho dan Ângela Rodrigues Alves . Di penghujung malam, program Etc , oleh Ziraldo (di mana wawancara bersejarah dengan Hélder Câmara dilakukan) disorot. Upaya inovatif adalah programnyaRagam 90 Minutos , disajikan pada malam hari oleh Paulo César Pereio dan istrinya saat itu, aktris Cissa Guimarães . Antara 1981 dan 1984, aktor Ewerton de Castro mengadakan talk show, di mana orang-orang mendaftar untuk berpartisipasi dalam permainan memori dan membagikan berbagai hadiah. Ada program khusus yang mempertemukan pemenang terbesar acara itu untuk bertemu dengan juara memori terbesar.

Selama periode ini, sutradara dan produser Roberto Talma membentuk kemitraan singkat dengan Bandeirantes untuk menghasilkan proyek musik dan budaya baru untuk grup, dan pada masa pembaruan inilah Talma membawa pembawa acara Oliveira Filho dan Vera Lúcia ke Bandeirantes untuk memimpin format baru program musik country Rincão Brasileiro, yang awalnya dalam fase uji coba awalnya diproduksi di studio, kemudian direkam secara penuh di lokasi eksternal dan di berbagai wilayah Brasil. Program Rincão Brasileiro bertanggung jawab untuk memperkenalkan Brasil pada konsep baru pembuatan musik country, mengungkapkan beberapa nama dalam musik seperti Sula Miranda , Jayne, Zezé de Camargo , Leandro e Leonardo , Daniel, César dan Paulinho , di antara begitu banyak nama, Rincão Brasileiro bersama dengan Program Clube do Bolinha, selama beberapa tahun berturut-turut menjadi program musik utama di Brasil. Rincão Brasileiro tetap mengudara di Bandeirantes hingga awal 1990-an, pergi ke stasiun lain dan kemudian kembali ke jaringan Bandeirantes di beberapa wilayah. Program ini tetap mengudara hingga 2014 di stasiun lain.

Pada bulan Agustus 1982, Telenovela Pelepasan, berdasarkan karya Chico Xavier, dengan Fúlvio Stefanini dan Georgia Gomide , muncul. Dengan kegagalan total penonton, stasiun memutuskan untuk menghentikan siaran telenovela hanya dengan 12 hari penayangan, mengambil keuntungan dari masuknya jadwal politik, yang pada saat itu berlangsung lebih dari satu jam. Pada tanggal 29 September 1982, memperingati fakta menjadi jaringan televisi pertama di Amerika Selatan yang disiarkan melalui satelit, TV Bandeirantes mengubah logo dan program visual, disiapkan oleh Cyro Del Nero, yang berasal dari mantan Rede Tupi. Pada tahun yang sama, stasiun tersebut menjadi pelopor dalam mempromosikan debat pemilu pertama di negara itu pada tahun 1982, mempertahankan tradisi mempromosikan debat pemilu pertama setiap dua tahun, hingga tahun 2000.

Pada tahun 1983, Bandeirantes mengambil keuntungan dari akhir prematur TV Globo dari sinetron Sol de Verão , karena kematian aktor Jardel Filho , harus memutar ulang opera sabun O Casarão (sementara Gilberto Braga dengan cepat mempersiapkan sabun Louco Amor ) untuk mencoba untuk menarik perhatian penonton dengan sinetron Sabor de Mel karya Jorge Andrade yang dibintangi oleh Sandra Bréa dan Raul Cortez . Telenovela memiliki perbedaan: kontes bagi siapa saja untuk mengungkap teka-teki yang diusulkan di bab pertama. Namun, penulis novel itu berselisih dengan sutradara Roberto Talma yang mengundurkan diri, tidak pernah mengungkapkan jawaban atas teka-teki itu.

Flávio Cavalcanti menjadi saluran investasi terbesar pada awal 1980-an, dengan acara hariannya Boa Noite Brasil . Salah satu momen paling berkesan dari program ini terjadi ketika penyanyi Angela Ro Ro meninggalkan studio di tengah wawancara langsung, karena tidak menerima pertanyaan Cidinha Campos tentang homoseksualitas dan dugaan agresivitasnya. Setelah Flávio pindah ke SBT, di mana ia mengakhiri karirnya, malam Bandeirantes diserahkan antara lain kepada J. Silvestre , dengan Show sem Limite dan These Wonderful Women. Sebelum pergi ke TV Globo, tepat setelah meninggalkan Rede Tupi, Chacrinhait memiliki program Buzina do Chacrinha dan Discoteca do Chacrinhapada Selasa malam dan Sabtu sore, masing-masing.

Program pemecah rekor[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada tahun 1983, program olahraga Show do Esporte , yang dianggap sebagai program televisi terpanjang di dunia, mengudara selama 10 jam berturut-turut pada hari Minggu, dari pukul 10:00 hingga 20:00. Dibuat, dipresentasikan, dan dikoordinasikan oleh penyiar Luciano do Valle setelah waktunya di Rede Record; pemeran yang tersisa termasuk Elia Júnior , Juarez Soares , Elys Marina, Silvia Vinhas , José Luiz Datena , Jota Júniordan lain-lain. Itu adalah salah satu acara jaringan yang paling sukses, dan salah satu faktor yang membuatnya mendapat julukan "saluran olahraga" pada 1990-an. oleh Program Ferreira Neto , mengobrol dengan politisi. Dia selalu memulai program dengan berbicara, di telepon merah, dengan teman fiktif bernama Léo, menggunakan perangkat ini untuk mengomentari fakta hari itu. [ rujukan? ]

Olimpiade, Diretas Já, dan program berita lainnya[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Selama tahun 1984, jaringan tersebut mampu menonjol dalam gerakan Diretas Já yang melanda seluruh Brasil. Pada tahun yang sama, ia meliput Olimpiade Musim Panas untuk pertama kalinya, menyiarkan Olimpiade Musim Panas 1984 di Los Angeles . Program Brasil Urgente juga dimulai, yaitu program debat yang dibawakan oleh Antonio Carvalho. Jadwal pagi diisi dengan acara Ela , yang awalnya dibawakan oleh Baby Garroux, digantikan oleh Heloísa Pinheiro . Pada tahun 1987, Ela mengakhiri siaran dan digantikan oleh program kuliner Dia Dia , yang disajikan oleh Tavinho Ceschi dan psikoterapis Angelo Gaiarsa.

Pada tahun 1986, Rede Bandeirantes meluncurkan program berita Jornal da Noite , di mana Lillian Witte Fibe ditayangkan perdana. Pada tahun yang sama, Orival Pessini memulai debutnya di TV Fofão , dengan kartun Hanna-Barbera , undian, lukisan lucu, musikal, dan atraksi lainnya. Program berita olahraga Esporte Total memulai debutnya pada tahun yang sama. Pada tanggal 23 Januari 1987, TV Bandeirantes Brasília mengudara di saluran 4 di ibukota federal. [ rujukan? ]

Favorit baru[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Setelah meninggalkan TV Mulher dan setelah menjadi koresponden AS untuk Fantástico , Marília Gabriela memenangkan program malamnya sendiri. Marilia Gabriela Gabi , yang mengudara pada hari Rabu. Kemudian, Gabi terus mengikuti program Minggu Cara a Cara hingga 1995. Rede Bandeirantes juga menayangkan perdana acara komedi Praça Brasil , dengan Carlos Alberto de Nóbrega , Moacyr Franco , dan seluruh pemeran komedian. Dan segera setelah di SBT, itu akan mendapatkan nama A Praça Nossa . [ rujukan? ]

Pada tahun 1988, di bawah komando reestreia Dóris Giesse dan arahan Fernando Barbosa Lima , program berita Jornal de Vanguarda mulai mengudara di Bandeirantes, yang sebelumnya disiarkan di Rede Globo dan Rede Excelsior yang sekarang tidak berfungsi. Program ini berlangsung selama dua tahun dan pada tahun terakhirnya, ia memperoleh nama Vanguarda . Pada tahun yang sama, jaringan meliput Olimpiade, yang diadakan di Seoul , untuk kedua kalinya. [ rujukan? ]

Drama dan debat politik[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada 2 Januari 1989, duo badut Atchim % Espirro memulai debutnya Circo da Alegria . Seperti Brincando na Paulista dari TV Gazeta , acara tersebut menampilkan sandiwara, undian, permainan, kartun Hanna-Barbera, permainan, musik, undian dan atraksi lainnya. Circo da Alegria mengudara hingga 9 Maret 1990, ketika dia mendengar masalah internal di antara pasangan itu. Dia merilis ulang di Bandeirantes versi lama TV Criana . Belakangan tahun itu , stasiun tersebut mempromosikan debat pertama antara calon Presiden Republik , selama pemilihan 1989 . [ rujukan? ]

1990-anSunting[sunting | sunting sumber]

Kompetisi dan pemrograman Jepang[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Dipimpin oleh kompetisi dan kesuksesan serial Jepang yang disediakan oleh Rede Manchete , TV Criança memulai debutnya pada tahun 1990, menggantikan Circo da Alegria . Dipersembahkan oleh artis Daniel Azulay dan grupnya Turma do Lambe-Lambe , TV Criança mulai menayangkan kartun Hanna-Barbera, dan juga serangkaian genre: Goggle V (formula yang sama dengan Dengeki Sentai Changeman , program yang sukses di Manchete) , Space Sheriff Sharivan (juga dikenal oleh beberapa orang sebagai Jaspion I) dan Nebula Mask Machineman , semuanya dibawakan oleh Oro Movies. Itu juga memulai debutnya Choujinki Metalder, tetapi serial ini berasal dari Everest Video, dan bahkan hingga hari ini, para penggemar mempertanyakan bahwa jika ditayangkan di Rede Manchete, kesuksesannya akan lebih besar, karena saluran tersebut adalah tempat lahirnya pameran serial Jepang di Brasil dan juga dari seri karakter dari seri Chaves , bersama dengan seri Venezuela Kiko . [ rujukan? ]

Perluasan program olahraga dan Jornal Bandeirantes[sunting | sunting sumber]

Sejak 1990-an dan seterusnya, Bandeirantes mulai mengadopsi program-program berdasarkan program olahraga, menciptakan Nobre Sport Belt (setiap hari mulai pukul 20:30), selain Cinto Esportivo Especial , yang berlangsung beberapa menit, yang ditampilkan dalam jadwal malam. Pada hari Minggu, Rede Bandeirantes mendedikasikannya sepenuhnya untuk siaran olahraga, dengan Show do Esporte . Setelah 12 tahun, Bandeirantes kembali menyiarkan Piala Dunia langsung dari Italia.

Jornal Bandeirantes berganti presenter, dibawakan oleh Marilia Gabriela dan kemudian oleh Chico Pinheiro . Tidak seperti kebanyakan wartawan saat itu, berita berakhir setiap hari dengan suara musik pop saat ini. Set adalah dinding hitam dengan bola merah besar di tengah, seperti yang merupakan bagian dari logo jaringan pada saat itu.

1992: 25 tahun mengudara[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada tahun 1992, Rede Bandeirantes merayakan 25 tahun mengudara. Dengan maksud untuk memperingati, antara tanggal 16 dan 17 Mei, saluran tersebut membuat pertunjukan dengan beberapa atraksi dan dengan para pemain saluran berkumpul. Selain liputan Olimpiade Musim Panas 1992 , yang diadakan di Barcelona , Spanyol , jaringan tersebut adalah yang pertama menyiarkan NBA , Formula Indy , dan kejuaraan sepak bola Italia dan Spanyol untuk pertama kalinya di TV free-to-air, yang menghasilkan itu julukan "Saluran olahraga". Pada tahun yang sama, jaringan meliput investigasi CPI terhadap Collorkasus di Brasil dari awal, yang menyebabkan pengunduran diri presiden pada akhir tahun. [ rujukan? ]

Pemrograman erotis, pemilu 1994, dan debut "tanda air"[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993, saluran tersebut memulai debut sesi film erotis Sexta Sexy (sekarang dikenal sebagai Cine Privé ), ditayangkan pada Jumat malam, dan pada tahun 1995, memulai debutnya di pagi hari dari Sabtu hingga Minggu, Cine Privé, juga dikenal karena menyajikan film-film dari genre yang sama. Pada tanggal 30 April 1994, program Clube do Bolinha meninggalkan stasiun pada Sabtu sore setelah 20 tahun mengudara. Pada bulan Juni, Rede Bandeirantes menyiarkan Piala Dunia FIFA 1994 di Amerika Serikat. Antara Agustus dan November, Rede Bandeirantes membuat siaran langsung di seluruh negeri, melalui debat presiden dengan calon Presiden Republik untuk pemilihan 1994, menjadi terkenal karena liputannya, di mana ia pergi untuk menyajikan programnya yang mendukung meja bundar, wawancara, analisis, laporan khusus, dan kilasan langsung. Pada tahun 1995, Band menjadi pionir dalam menampilkan logonya di sudut layar selama programnya yang akan menjadi "tanda air" pertama dari televisi Brasil, yang memengaruhi stasiun pesaing untuk juga memasang logo mereka di sudut layar selama programnya.

Olimpiade 1996, Programa H , dan tayangan ulang TV Fofão[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Desember 2021 )

Pada tahun 1996, langsung dari Atlanta , di Amerika Serikat, stasiun ini menyiarkan Olimpiade untuk keempat kalinya. Tahun ini, ia banyak dikritik karena perubahan jadwal dan kegagalan untuk menayangkan programnya pada waktu yang dijadwalkan. Juga pada tahun 1996, presenter Luciano Huck menayangkan Programa H , yang ditujukan untuk audiens muda. Karena dampak besar dan menonjol, program segera dipindahkan ke jadwal malam. Pada tahun yang sama, TV Fofão , oleh Orival Pessini, kembali ke jaringan untuk anak-anak, dan tetap mengudara hingga 1997. [ rujukan? ]

Perubahan program dan peresmian Torre TV BandeirantesSunting[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Oktober, mencari jalur yang lebih feminin, muda dan populer, stasiun ini menyajikan beberapa perubahan dalam programnya. Rede Bandeirantes mulai menayangkan bagian film yang didedikasikan untuk perempuan dan anak-anak. Pada pukul 15:30, ia menyiarkan ulang serial Bronco 1987 . Cine Trach juga ditampilkan, umumnya di sore hari, yang menampilkan film-film horor, yang sebagian besar low-budget. Zé do Caixão , dipimpin oleh José Mojica Marins , mulai ditampilkan pada Senin malam. Pada malam hari, Bandeirantes bertaruh pada garis wanita. Pukul 6 sore, acara debat yang dibawakan oleh Silvia Poppovic ditayangkan. Pukul 19:15, telenovela Perdidos de Amor mulai ditayangkan. Pada tanggal 31 Desember 1996, Torre TV Bandeirantes di São Paulo dibuka, dan mendapatkan popularitas luas sebagai menara televisi tertinggi di Amerika Latin.

Melanjutkan perluasan program berita dan drama TV[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Februari 1997, Jornal Bandeirantes berganti nama, dan berganti nama menjadi Jornal da Band , setelah debut pada 17 Februari 1997 dengan Paulo Henrique Amorim . Pada hari yang sama, Brasil Urgente tayang perdana, sebuah acara bincang-bincang yang dibawakan oleh Wilton Franco . Dari bulan Maret hingga Juni tahun yang sama, Memória Band ditayangkan, sebuah program tayangan ulang untuk merayakan ulang tahun ke-30 jaringan tersebut, dan yang dipersembahkan oleh pendatang baru Fabiana Scaranzi .

Musim ketiga produksi dan pameran drama televisi adalah pada paruh kedua tahun 1990-an, saat judul-judul seperti A Idade da Loba , O Campeão dan Serras Azuis , serta versi baru Meu Pé de Laranja Lima .

Piala Dunia FIFA dan kematian dua idola besar[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, Band membawakan SBT , CNT , Rede Record , Rede Globo dan Rede Manchete pada Piala Dunia FIFA 1998 , yang diadakan di Prancis. Pada 24 Agustus, Clodovil Hernandes memulai debut program Clodovil Soft di jaringan. Pada tahun yang sama, dua idola terbesar jaringan meninggal. Pada tanggal 1 Juli, mantan presenter Bolinha , dan pada tanggal 26 Oktober, pakar kuliner Ofélia Ramos Anunciato , yang mempresentasikan Cozinha Maravilhosa Ofélia menjadi tuan rumah dalam jadwal pagi. Yang terakhir jadwalnya diisi oleh pendatang baru Dia Dia. Pada akhir tahun, jaringan tersebut menayangkan serial khusus Contos de Natal , menerima banyak pujian kritis.

Karnaval, lebih banyak kejutan, dan hilangnya afiliasiSunting[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999, Band menyiarkan parade Grupo Especial e de Acesso dari Karnaval Rio , menggantikan Rede Manchete, yang terjerumus ke dalam krisis keuangan serius yang akan berujung pada kebangkrutannya pada tahun yang sama. Pada tahun yang sama, pusat olahraga yang membusuk dialihdayakan ke Pemasaran Olahraga Lalu Lintas (saat itu menjadi mitra Klub Olahraga Corinthians Paulista , Konfederasi Sepak Bola Brasil dan FIFA ), mengubah sebagian besar pemeran saluran jurnalis (di antara berita, penyiar radio Milton Neves dengan program Supertechnical [ mantan pemain bola basket Hortência dan Fernando Vanucci- yang sampai saat itu berada di Rede Globo) dan menjamin beberapa acara di masa depan, seperti Olimpiade Sydney tahun 2000, kualifikasi Piala Dunia 2002 , dan Piala Dunia Klub pertama yang diselenggarakan oleh FIFA - yang terakhir secara eksklusif. Kemitraan ini membawa Sabrina Parlatore sebagai penanggung jawab talk show Geral , selama Show do Esporte yang diproduksi oleh Traffic Group . Pada bulan Juni, serial A Guerra dos Pintos dan Santo de Casa ditayangkan perdana, diproduksi oleh Bandeirantes dalam kemitraan dengan Columbia TriStar International Television, menjadi versi Brasil dari serial Amerika.Menikah... dengan Anak dan Siapa Bosnya? , masing-masing. Pada tahun yang sama, stasiun tersebut mengumumkan kemitraan dengan Pemerintah Negara Bagian São Paulo untuk menyisipkan iklan yang berkaitan dengan transportasi umum di ibu kota. Pada bulan Oktober tahun yang sama, Luciano Huck meninggalkan stasiun dan menandatangani kontrak dengan TV Globo untuk menjadi tuan rumah Caldeirão do Huck . Dengan kepergian Luciano, Programa H dipersembahkan oleh Otaviano Costa , dan pada tahun 2002, namanya berubah menjadi O+. Pada akhir 1999, Márcia Peltier dipilih oleh Bandeirantes untuk menyiarkan siaran yang dilakukan jaringan tersebut di tahun baru, langsung dariPantai Copacabana di Rio de Janeiro.

Dari 1999 hingga 2002, jaringan mulai kehilangan afiliasi pertama tahun 1980-an ke Rede Record dan SBT, tetapi memperoleh jumlah yang hampir sama dengan afiliasi baru-baru ini, untuk membebaskan mereka yang hilang. Hal ini disebabkan kualitas program stasiun, yang mulai menurun pada akhir 1990-an. [ rujukan? ]

2000anSunting[sunting | sunting sumber]

Peringkat puncak dan program olahraga baru[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 14 Januari 2000, dengan transmisi final Piala Dunia Antarklub FIFA, langsung dari Stadion Maracan , antara Vasco dan Korintus , stasiun tersebut mencapai pemirsa tertinggi dalam sejarahnya hingga saat ini: 53 poin, mengambil kepemimpinan mutlak dari IBOPE . [ rujukan? ] Pada tahun yang sama, menggunakan kemitraan dengan Lalu Lintas, stasiun memperoleh hak untuk meliput Copa Libertadores . Pada tanggal 20 Maret, Esporte Agora , siaran berita olahraga di malam hari, ditayangkan perdana, dan pada bulan Agustus, Band Kids ditayangkan perdana, dengan pameran anime Jepang. Bulan berikutnya, ia menyiarkan Olimpiade Musim Panas 2000di Sydney , bersama dengan Rede Globo, ESPN Brasil dan SporTV .

Pembaruan program[sunting | sunting sumber]

Belajarlah lagi

Bagian ini tidak mengutip sumber apapun . ( Januari 2022 )

Pada tanggal 4 Juni 2001, ada beberapa pembaruan pada pemrograman jaringan. Antara 2001 dan 2005, acara varietas sore, Melhor da Tarde , ditayangkan dari pukul 1 siang hingga 3 sore, hanya untuk kota São Paulo, dan dari pukul 3 sore hingga 16:30 sore, di televisi nasional. Segera setelah itu, Hora da Verdade mengudara, dengan Márcia Goldschmidt . Di hari yang sama, Dia Dia dihadirkan oleh Olga Bongiovanni . Rede Bandeirantes juga mencoba merekrut Lilian Witte Fibe.

Pemrograman[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Daftar program yang disiarkan oleh Rede Bandeirantes

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Tuduhan propaganda politik selama pemilu 1996[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Oktober 1996, Pengadilan Perburuhan Regional São Paulo menangguhkan TV Bandeirantes di São Paulo selama tiga jam karena tidak menghormati undang-undang pemilihan ketika melakukan dugaan propaganda politik dalam program Eleições 96. Stasiun itu mengudara pada pukul 17:35. Hukuman awal adalah selama 24 jam. Direktur stasiun mengajukan banding, dan TRE menangguhkan hukuman selama tiga jam, tanpa mengurangi kelangsungan proses. Bandeirantes kembali mengudara pada pukul 20:35.

Keberangkatan Amaury Jr. dan kasus pengadilan dengan Rede Record[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 September 2001, setelah tinggal selama 15 tahun menjadi pembawa acara Flash , Amaury Jr. mengumumkan dalam siaran pers kepergiannya dari Rede Bandeirantes. Dia menyatakan bahwa kepergiannya adalah karena ketidaksepakatan dengan departemen komersial penyiar dan ketidaksepakatan dengan jam tayang acara tersebut. Bulan berikutnya, ia dipekerjakan oleh Rede Record , di mana ia merilis ulang Flash pada 19 November. Namun, Rede Bandeirantes mengambil tindakan hukum terhadap Amaury, mencegahnya bekerja di "media televisi" hingga akhir Maret 2002. Hukumannya adalah menjadi denda harian 15 upah minimum. Itu juga pergi ke pengadilan melawan Rede Record dan Amaury karena menggunakan nama Flash . [ rujukan? ]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]