RedEyes (manga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Red Eyes
Berkas:Red Eyes cover.jpg
Sampul jilid 1
レッドアイーズ
(Reddoaiizu)
GenrePeperangan[1]
Manga
PengarangJun Shindo
PenerbitKodansha
MajalahMonthly Shōnen Magazine GREAT (1999-2009), Magazine E-no (2009–2011), Monthly Shonen Magazine+ (2011-2014), Comic Days (2018-)[2]
DemografiShōnen
TerbitSeptember, 1999 [3] – sekarang
Volume26
 Portal anime dan manga

Red Eyes (レッドアイーズ, Reddoaiizu) (digayakan sebagai redEyes) adalah seri manga Jepang yang dibuat oleh Jun Shindo dan diterbitkan oleh Kodansha.[4][5][6]

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

"redEyes" adalah manga yang menceritakan tentang Bumi di masa depan yang sangat jauh. Saat itu umat manusia terkurung di Bumi karena kehilangan kendali atas satelit militer Orbiter Eyes, yang menembak jatuh semua objek yang akan meninggalkan atmosfer Bumi. Karena itu peperangan dipersempit hanya sampai jarak pandang saja. Sehingga umat manusia saat itu menciptakan SAA (Special Assault Armor/ Zirah Serbu Khusus) yang memiliki mobilitas tinggi, tahan peluru kaliber kecil dan fleksibilitas relatif tinggi.

Cerita beralih ke peperangan antara Republik Regium dan Federasi Dragnov. Saat pasukan Regium terdesak, maka diluncurkan "Detasemen Khusus SAA RedEyes" yang mempunyai julukan "The Jackals".[7] Pasukan SAA khusus ini dengan segera membantai barisan Valme, SAA federasi Dragnov. Setelah pertempuran usai, sang pemimpin detasemen Grahalt Mills dikhianati oleh semua anak buahnya yang dipimpin oleh Julian Clays. Dragnov seketika itu juga meluncurkan misil pemusnah massal intra-atmosfer dan membuat Regium menyerah. Mills lalu dituduh berkhianat oleh rekan-rekannya dan dipenjara sebagai penjahat perang. Saat pengeksekusian dirinya, dia melarikan diri. Dia pergi ke sebuah gedung dan bersembunyi. Dia lalu bertemu Saya, seorang gadis cilik tunawisma. Setelah memusnahkan satu tim SAA khusus perang kota Blackbird (yang dipimpin koleganya yang berkhianat, Mihail Waldman), Mills beserta Saya yang mengikutinya terus berangkat ke pangkalan di mana Clays berada.

Setelah sampai di sana, dia mendapatkan sebuah SAA yang diberikan oleh ilmuwan yang kecewa atas tidak terpilihnya SAA buatannya oleh Federasi Dragnov, bernama XSP180 MK 54 untuk berhadapan dengan FRA 12 Zebra yang dipakai Rainy Krueger, bekas bawahan Mills juga di "Jackals". Dia berhasil mengalahkan Rainy dan memberinya "pengertian". Clays berhasil meloloskan diri, sementara Rainy memutuskan ikut bersama rombongan Mills. Mereka lalu meminta bantuan Baros Ward, sniper dari bekas Jackals. Dia awalnya menolak, tetapi akhirnya membantu mereka menghancurkan Invicible Hammer dengan jaminan nyawanya sendiri. Mills dkk akhirnya sampai ke pasukan pemberontak "Tentara Rakyat Regium". Dia diminta atasannya dulu, Kolonel Leeduss untuk menghancurkan komando divisi musuh. Di tengah pertempuran tersebut dia bertemu musuh lamanya dari skuadron SAA khusus seperti Jackals bernama Cobra. Pertarungan berhenti dengan kemenangan Mills, sementara Clays mempersiapkan sebuah rencana reformasi dunia "Grand Chaos" (Kekacauan menuju Kelahiran Kembali).

Karakter[sunting | sunting sumber]

The Jackals[sunting | sunting sumber]

Grahalt Mills
Mills adalah seorang prajurit handal yang mahir dalam segala pertempuran. Dia dulunya seorang mekanik di pompa bensin Petrostand dan diolok-olok dengan julukan "Standman" oleh teman-teman seangkatannya. Dia direkrut oleh seorang pahlawan perang bernama Alan Krusard. Dia lalu ditugaskan di detasemen khusus SAA redEyes. Dia memiliki kemampuan berserker akibat 'gemblengan khusus' dari Kolonel Krusard yang membuatnya dikenal sebagai "Dewa Maut" (Genocide) dan selalu bertarung sendirian seperti seekor serigala penyendiri (serigala umumnya berburu secara berkelompok, tetapi serigala yang berburu sendirian adalah serigala yang "nekad" sehingga justru lebih berbahaya). Dulunya dia periang, tetapi karena suatu hal dia menjadi serius dan pendiam. Dia mengenakan zirah mekanis Swashbuckler dan kemudian MK-54.
Julian Clays
Clays adalah salah satu anggota The Jackals. Dia juga anggota organisasi rahasia Devan yang merencanakan Grand Chaos, Kekacauan menuju Kelahiran Kembali. Dia juga mahir menggunakan SAA. Dialah yang memimpin pemberontakan melawan Mills. Dia mengincar Orbiter Eyes, satelit militer yang bahkan bisa menghancurkan satu kota kecil dengan mudah.[8]
Rainy Krueger
Rainy adalah seorang prajurit yang sangat tangkas dalam pertempuran jarak dekat. Baros memberitahu Mills bahwa Rainy sangat mengerikan ketika marah dan tak tertandingi oleh siapa pun dalam pertarungan pisau. Rainy memiliki seorang adik perempuan bernama Leila (Layla?) yang menjadi ajudan Clays dan sepertinya memiliki hubungan dengan Clays. Dia memakai SAA Zebra yang kecepatannya menandingi MK-54 Mills. Dia lebih ramah dan ceria dibandingkan Mills. Sepertinya ia punya sifat sister complex sehingga ia dulu terpaksa ikut mengkhianati Mills karena khawatir akan keselamatan adik perempuannya di tangan Clays, dan sekarang ia ikut berjuang bersama Mills lagi salah satu alasannya dengan harapan dapat membebaskan adiknya dari "cengkeraman" Clays.
Mihail Waldman
Waldman dulunya bawahan Mills di Jackals. Dia bergabung di satuan antiteror Blackbird. Dia menggunakan segala cara dalam pertempuran termasuk menggunakan orang lain sebagai tumbal. Dia mati di tangan Mills di awal cerita.
Baros Ward
Baros merupakan seorang penembak runduk dari detasemen Jackals. Dia menggunakan SAA khusus yang mempunyai scope yang besar dan berdefinisi tinggi. Dia dijuluki The Judgement Archer oleh pasukan Dragnov karena semua orang yang dibidiknya seperti sudah divonis mati.[9] Dia mengkhianati Mills karena dijanjikan oleh Clays akan menyembuhkan adiknya yang sakit parah. Dia akhirnya tewas setelah beradu tembak dengan meriam 155mm Invicible Hammer yang juga menghancurkan meriam tersebut.
Gardner
Tak banyak yang diketahui tentang dirinya. Dia ahli dalam mengumpulkan dan mengolah informasi. Dia bekerja sebagai penyedia logistik Tentara Rakyat Regium.

Tokoh Lain[sunting | sunting sumber]

Saya Hamilton
Saya adalah seorang gadis tunawisma. Dia berasal dari kota kecil yang semua warganya hancur dibom Dragnov kecuali dirinya. Dia sangat menyukai dan mengidolakan (naksir?) Mills. Dia nekad menembak ban mobil Mills untuk tetap ikut dengannya. Dia membunuh orang pertama kalinya atas arahan Mills dengan menembakkan peluru kendali anti personel ke musuh. Dia mengidolakan Mills sejak melihatnya pertama kali di televisi.
Kolonel Alan Krusard
Seorang pahlawan perang yang memiliki pengalaman tempur hampir di seluruh dunia. Dialah yang pertama kali dijuluki "Genocide--Sang Dewa Maut". Dia pernah bertahan melawan pasukan musuh dengan taktik gerilya selama satu bulan penuh seorang diri. Dialah yang melihat bakat terpendam Mills dan merekrutnya untuk masuk ke Joint Ranger Regiment (JRR) asuhannya. Ia memimpin pemberontakan di tempat pelatihan JRR dan akhirnya tewas di tangan Mills yang masih pemula, namun justru di situlah Mills setelah membunuh Alan untuk pertama kalinya mewarisi julukan Dewa Maut (Genocide). Rupanya sejak awal Kol. Krusard memang berniat menjadikan Mills sebagai pengganti dirinya, dan pemberontakan itu--termasuk kematiannya sendiri di tangan Mills--merupakan "proses inisiasi" terakhir untuk mewariskan nama "Dewa Maut Genocide" kepada Mills. Dewa Maut yang baru harus lahir dengan membunuh Dewa Maut yang lama. Ada pun "trauma" atas kematian Kol. Krusard-lah yang kemungkinan besar membuat Milss kemudian lebih suka pergi maju perang sendirian, dan julukan Dewa Maut itu menjadi semakin identik dengan Mills, melebihi pada zaman Kol. Krusard dulu. Dan (mungkin) memang itulah harapan terakhir dari Kol. Krusard...
Kolonel Leeduss
Leeduss adalah seorang perwira yang sangat pintar. Dia menjadi otak Pasukan #3 yang nantinya menjadi Tentara Rakyat Regium, dan menjadi pasukan yang paling menyengsarakan Dragnov. Dia sangat cuek dan penampilannya acak-acakan, sama sekali tidak mencerminkan seorang perwira militer. Dia kehilangan medali lulusan terbaik akademi militer di Sungai Lent yang nantinya akan membuatnya menjadi terkenal. Dia juga mengusulkan pembuatan garis pertahanan Tesla.
Karel Schvantz
Karel adalah pemimpin skuadron khusus Cobra dari Dragnov. Dia terkenal karena hanya dia dan Mills saja yang tersisa dari pertempuran di kota Carson. Dia bertemu lagi dengan Mills dan bertarung, yang berakhir dengan kemenangan Mills. Dia kalah dan tetap dibiarkan hidup oleh Mills karena beralasan "misi telah tercapai".

Pasukan Khusus (Komando)[sunting | sunting sumber]

Detasemen Khusus SAA redEyes[sunting | sunting sumber]

※Ejaan "resmi" untuk nama redEyes ditulis tanpa spasi antara red dan Eyes dengan huruf kecil semua kecuali E pertama pada kata Eyes yang ditulis dengan huruf besar.
Detasemen ini adalah Detasemen khusus yang anggotanya direkrut dari sukarelawan (diseleksi melalui pelatihan JRR; Joint Ranger Regiment) yang berasal dari seluruh angkatan perang Tentara Bela Negara Regium. Pasukan ini memakai SAA khusus bernama Swashbuckler. Pasukan ini terkenal khususnya karena keganasan kaptennya dan catatan perangnya yang mengagumkan. Salah satu kehebatan detasemen ini ialah "Mukjizat Lent". Kolonel Leeduss waktu itu memimpin inspeksi ke desa bernama Lent untuk mencari Divisi #5 yang kehilangan kontak sama sekali dengan Pasukan #3. Tanpa diduga mereka bertemu pasukan lapis baja musuh. Dengan taktik genius dari Leeduss dan kemampuan Pasukan Taktis redEyes mereka berhasil memaksa musuh relatif kehilangan banyak pasukan dan berhasil menyelamatkan Divisi 5. Ironsinya, di tempat inilah Leeduss pernah kehilangan medalinya. Detasemen ini populer dengan nama "The Jackals"[10]

Detasemen Skuadron Khusus 101-107[sunting | sunting sumber]

Merupakan Pasukan SAA nomor satu di Dragnov. Detasemen SAA yang berisikan jagoan ulung dari pasukan-pasukan Dragnov. Sering disebut dengan "Cobra" yang merupakan singkatan dari "Commando of Braves", tetapi sering diplesetkan menjadi "Commando of Bloody Replaceable Arms" karena tingkat kematiannya yang tinggi. Kenyataannya korban luka detasemen ini mencapai 150% selama perang. Detasemen ini menurun secara kualitas karena veterannya banyak yang gugur. Pada masa akhir perang Skuadron 102 dan 107 diterjunkan untuk membantu pengepungan Pasukan Tentara Rakyat Regium. Karel Schvantz merupakan ace dari detasemen ini, sering dibandingkan dengan Mills.[11]

Faksi dan Organisasi[sunting | sunting sumber]

Republik Regium[sunting | sunting sumber]

Merupakan Negara berbentuk Republik yang dibangun setelah keruntuhan kerajaan Loumiss pada tahun 87 U.E. Negara ini mayoritas merupakan etnis bangsa Regtos. Memakai sistem Republik Demokrasi dan Kongres Perwakilan Rakyat sebagai lembaga tertinggi di negara itu. Penduduknya sekitar 57 juta jiwa dan beribu kota di Sollgreen. Berperang dengan Dragnov, dan menyerah kalah pada tahun 182 U.E.[12]

Konfederasi Dragnov[sunting | sunting sumber]

※Di jilid-jilid awal diterjemahkan "federasi" tetapi karena istilah "resmi" yang digunakan oleh Shindō sensei ternyata adalah "konfederasi" maka kemudian diganti jadi "konfederasi".
Konfederasi ini terdiri dari 3 negara bangsa Eston setelah kerajaan Loumiss jatuh, yaitu Akraea, Parsen dan Throwtal. Tahun 122 U.E. dijadikan konfederasi dengan kepemimpinan Arkaea melalui perang Arkaea Parsen dan melalui Pakta Kiev tahun 129 U.E. Penduduk sekitar 120 juta jiwa dan ibu kota pemerintahan konfederasi ada di Gaie Borispar.[13]

Devan[sunting | sunting sumber]

Organisasi misterius yang berisi bangsawan Loumiss. Mereka mengadu domba dan memanfaatkan Dragnov dan Regium. Clays adalah anggota dari organisasi ini. Tujuan mereka adalah Grand Chaos, Kehancuran menuju Kelahiran Kembali yang sepertinya berhubungan dengan Orbiter Eyes.

Tentara Rakyat Regium[sunting | sunting sumber]

Pasukan ini adalah pasukan Regium yang menolak menyerah karena merasa "diri sendiri belum kalah", dan faktanya mereka masih bisa memberi perlawanan berimbang terhadap Pasukan Dragnov. Pasukan tentara ini adalah bekas pasukan 3 dari Tentara Bela Negara regium. Dipimpin oleh Jendral Edward Hammel dan wakilnya Letnan Jendral Holst Pearlmen dan ahli strategi Kolonel Leeduss. Mereka bertahan mati-matian di pegunungan. Rombongan Mills akhirnya bergabung juga di Pasukan ini.

Circum CPDU[sunting | sunting sumber]

"Circum-Pasific Democratic Union" disingkat CPDU atau biasa disebut "Circum" saja, adalah sebuah negara mahabesar yang pernah menguasai dunia. Negara ini dipimpin oleh "State" (yang di petanya jelas menunjukkan negara Amerika Serikat) dan beranggotakan hampir semua negara sekitar Pasifik (termasuk Indonesia?). Negara ini runtuh setelah masa perang yang terus menerus dengan musuh-musuh dari luar dan dalam negeri. Orbiter Eyes merupakan produk negara ini. Runtuhnya CPDU konon mengakibatkan hilangnya kendali atas Orbiter Eyes.

Special Assault Armor[sunting | sunting sumber]

Karena kesalahan akibat perang teknologi tinggi, umat manusia kehilangan kendali atas satelit militer Orbiter Eyes. Pertempuran menjadi sebatas jarak pandang, sehingga lahirlah SAA, produk kepicikan umat manusia.[14] Di serial ini, baru dua produsen SAA yang dimunculkan: Ariel Gunner Industry (AGI) dan Gaie Arms Fabric (GAF). Belakangan muncul juga produsen SAA dari Asia (Jepang?) yaitu Yagami Heavy Industry (YHI).

Ariel Gunner Industry[sunting | sunting sumber]

Merupakan perusahaan senjata swasta dengan modal dari Regium, memproduksi SAA yang berkualitas. Di kawasan Lumilan termasuk produsen utama dan SAA buatan mereka mendapat penilaian tinggi dan banyak dari SAA mereka digunakan oleh Regium.

  • APF-175mod Baldish Modified
    SAA ini adalah mekanikal kekuatan utama Pasukan Bela Negara Regium. Sebagai tipe produksi massal untuk pertempuran darat, SAA ini memiliki performa yang lumayan tinggi. Unggul di atas Valme dari segi spesifikasi dan sangat berjasa dalam pertempuran gigih melawan Dragnov. Kode resmi "A" merupakan kode penggunaan resmi dan "PF" berarti produksi massal untuk pertempuran darat.
MK-54 tunggangan Mills
  • XSP-180 MK-54
    SAA nomor X (mecha eksperimental purwarupa) yang dirancang dan dikembangkan sebagai produk mecha purwarupa yang akan digunakan sebagai SAA utama semester berikutnya oleh Angkatan Bersenjata Dragnov. SAA ini dijejali berbagai teknologi terkini, memiliki keluaran tenaga jauh di atas SAA rata-rata pada masa itu tetapi memakai konsumsi daya listrik yang sangat rendah, Hyper Velocity Arm Gun (disingkat Hy-Velo Arm Gun, yaitu versi sangat kecil dari meriam elektromagnetik railgun). Sistem penggerak yang original, zirah reaktif elektromagnetik, dan sebagainya. Daya keluaran dan respons setara saraf manusia, disebut sebagai yang terkuat di dunia saat itu.[15] Kemampuannya yang luar biasa sulit digunakan oleh para cladders(sebutan bagi pemakai SAA), belum lagi biaya pembuatan yang luar biasa mahal, membuatnya kalah bersaing dengan FR-A12 Zebra buatan GAF. Konon, hanya Mills-lah yang sanggup mengenakan zirah mekanis ini.
  • APF-177/ASP-177e Swashbuckler
    Mecha ini merupakan SAA yang paling menakutkan selama perang besar. Dirancang dengan awalan APF-177 dikembangkan sebagai kekuatan utama pasukan Regium penerus Baldish Modified. Swashbuckler dipersenjatai dengan berat, dan digunakan oleh unit komando saja. Hanya dibuat 16 unit, APF-177 yang dibuat dan 8 unit ASP-177e yang dibuat. SP menandai SAA unit khusus, hanya dipakai oleh detasemen redEyes pimpinan Kapten G. Mills.
  • ASP-NC1200R Black Bird
    Merupakan generasi ke-12 SAA yang dikembangkan sebagai mekanikal keperluan khusus untuk regu 1 pasukan SAA khusus detasemen adaptif (GIGN) Korps Polisi Militer Nasional Regium. Meka ini meneruskan RA-NC 100) buatan Raul Gunner Inc. perusahaan sebelum AGI, dijuluki "Black Bird". Julukan ini juga menjadi julukan umum detasemen ini. SAA ini dirancang untuk pertempuran jarak dekat (Close Quarter Battle). Kode SP berarti meka produksi jenis khusus.
  • ASP-NR770 Dark Hawk
    Mekanikal yang dikembangkan dari NC1200R yang dirancang untuk komandan pasukan. Hampir tidak ada perbedaan di bagian luarnya, tetapi bagian dalam SAA ini sama sekali berbeda dengan Black Bird, dan kemampuannya sudah ditingkatkan. Zirah pelindungnya diperkeras, dan kemampuan tahan pelurunya diperkuat. Dibuat sebagai meka khusus ketua regu masing-masing 1 unit untuk 3 Regu Meka Khusus.

(sumber: redEyes manga volume 3)

Gaie Arms Fabric[sunting | sunting sumber]

Perusahaan pembuat senjata dengan modal dari Dragnov. Merupakan perusahaan swasta tetapi asosiasi perwira dan prajurit veteran memiliki 47% saham perusahaan ini sehingga membuatnya menjadi pabrik senjata militer negara secara de facto. Memproduksi senjata utama pasukan Dragnov setelah perang.

  • FR-A4 Valme
    SAA ini adalah kekuatan tempur utama Dragnov saat ini. Meski diproduksi massal, kemampuannya tidak di bawah standar SAA internasional. Hanya saja performa dan spesifikasinya masih kalah dibandingkan "Baldish Modified" buatan AGI. Ini membuat perusahaan GAF antusias mengembangkan SAA selanjutnya. Dijuluki "kura-kura lamban" oleh para cladders dan bahkan jadi ejekan para prajurit Regium.
  • FR-A12 Zebra
    SAA ini adalah kekuatan utama pasukan darat Dragnov semester berikutnya. Secara mengejutkan, SAA ini mengungguli Swashbuckler tetapi dengan biaya relatif bisa ditoleransi untuk diproduksi massal. SAA ini adalah hasil penelitian atas SAA AGI dengan cermat. Semua aspek keunggulan meka AGI diterapkan dan dikembangkan di SAA ini. Meka ini akhirnya menjadi senjata makan tuan bagi Dragnov karena dikenakan oleh Krueger yang kemudian kembali berpihak kepada Regium.

Spesifikasi SAA[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah spesifikasi mesin perang yang disebutkan di atas.

XSP-180 MK-54[sunting | sunting sumber]

Tinggi keseluruhan: 1,9m-2,3m
Berat Bersih: 398kg
Daya Gerak: V9 buatan AGI
Daya Keluaran Maksimal: 514kW
Jangka Waktu Operasional (Waktu Fungional penuh): 9 jam (2 jam)
Kecepatan Maksimal: 96km/jam
Persenjataan Dasar: High Velocity Arm (Railgun), Senapan penembus Zirah kelas berat 15,2mm (dipasang di tangan), Belati
Senjata Standar: Peluncur Misil, lain tidak diketahui
Perlengkapan Opsional: Zirah Responsif Elektromagnetik (Zirah Reaktif)
Peluncuran: September tahun 182 U.E.
※Saya Hamilton pernah keliru menulis "MK-54" menjadi "NK-54" dan menyebutnya sebagai "Ksatria Suci Paladin". (mungkin akan menjadi "jululan resmi" untuk MK-54?)

APF-177/ASP-177e Swashbuckler[sunting | sunting sumber]

Tinggi Keseluruhan:1,93m-2,33m
Berat bersih: 412kg
Daya Gerak: V8-RS buatan AGI
Daya Keluaran Maksimal: 441kW
Jangka Waktu Operasional (Waktu Fungsional Penuh): 8 jam (1,5 jam)
Kecepatan Maksimal: 87km/jam
Persenjataan Dasar: Senapan mesin berat 12,7mm (dipasang di tangan), senapan anti zirah mekanikal 20mm, peluncur granat
Perlengkapan Opsional: Zirah kelas berat untuk pertempuran kelas berat, sembilan laras pod misil, peluncur misil, Senapan elektromagnetik railway gun, dan sebagainya
Peluncuran: Desember 181 U.E.

APF-175mod (Baldish Modified)[sunting | sunting sumber]

Tinggi keseluruhan: 1,92m-2,32m
Berat Bersih: 417kg
Daya Gerak: PTB12 buatan Portman Inc
Daya Keluaran Maksimal: 367kW
Jangka Waktu Operasional (Waktu Fungional penuh): 7 jam (2,5 jam)
Kecepatan Maksimal: 73km/jam
Persenjataan Dasar: Belati
Senjata Standar: Penembus Zirah kelas berat 12,7mm
Perlengkapan Opsional: Senapan anti zirah mekanikal 20mm, peluncur granat, dan sebagainya
Peluncuran:September 180 U.E

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bookwalker Red Eyes genre tags" (dalam bahasa Japanese). Bookwalker. Diakses tanggal 2023-03-27. 
  2. ^ "Red Eyes's Jun Shindo Launches New Manga" (dalam bahasa English). Anime News Network. Diakses tanggal 2023-04-04. 
  3. ^ "RED EYES (1)" (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal 2023-03-27. 
  4. ^ "RED EYES" (dalam bahasa French). Panini Comics. Diakses tanggal 2021-07-21. [pranala nonaktif]
  5. ^ "RED EYES 1" (dalam bahasa German). Panini Comics. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-26. Diakses tanggal 2021-07-21. 
  6. ^ "MANGA 2000 14" (dalam bahasa Italian). Panini Comics. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2021-07-21. 
  7. ^ Volume 1
  8. ^ Volume 6
  9. ^ Volume 5
  10. ^ Volume 4
  11. ^ Volume 6
  12. ^ Volume 1
  13. ^ Volume 1
  14. ^ Volume5
  15. ^ Volume 3