Raymundus dari Peñafort

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Raymund dari Penafort)
Lompat ke: navigasi, cari
Santo Raymundus dari Peñafort
Santo Raymund dari Penafort
Lahir sekitar 1175, Vilafranca del Penedès, Catalunia, Kerajaan Aragon
Wafat 6 Januari 1275, Barcelona, Kerajaan Aragon
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Dikanonisasikan 1601, Roma oleh Paus Klemens VIII
Tempat ziarah utama Katedral Barcelona
Hari peringatan 7 Januari
23 Januari (sebelum pra-1970 [Kalender Umum Romawi]])

Raymundus dari Peñafort (Raymund atau Raimundus dari Peñafort [baca:pe-nya-fort]; ~1175- 6 Januari 1275) adalah seorang imam dari Ordo Dominikan yang terkenal karena pengabdian dan pembaruan yang ia lakukan.[1] Raymund lahir di Catalunia, dan keluarganya masih berhubungan dengan raja-raja Aragon dan bangsawan di Barcelona.[1] Raymund belajar di Barcelona dan Bologna, di mana ia mengambil bidang hukum kanon.[1] Pada tahun 1219 ia menjadi kepala diaken di Barcelona.[1] Ia adalah seorang penulis yang berkualitas dengan dua karya yang terkenal tentang kasus-kasus moral dan hukum kanon.[1] Tulisannya tentang hukum kanon menjadi standar selama 700 tahun berikutnya.[1] Pada tahun 1238, ia dipilih menjadi kepala Ordo Dominikan.[2][1] Ia sebenarnya tidak menghendaki jabatan tersebut namun tetap bekerja dengan baik.[2] Salah satu karya yang dilakukan selama menjabat sebagai kepala ordo tersebut adalah melakukan revisi terhadap Konstitusi Ordo Dominikan.[1] Selain itu, ia juga melakukan kunjungan ke cabang-cabang Ordo Dominikan.[1] Ia menjabat selama dua tahun lalu mengundurkan diri dan kembali ke Spanyol.[1]

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Raymundus dilahirkan antara tahun 1175 dan 1180 di sebuah kota kecil dekat Barcelona, Spanyol. Ia bersekolah di sekolah katedral di Barcelona dan menjadi seorang imam. Raymundus menyelesaikan kuliah hukum di Bologna, Italia dan menjadi seorang guru yang terkenal. Tahun 1222 ia bergabung dengan Ordo Dominikan.[1]

Pada tahun 1230, Paus Gregorius IX meminta imam yang penuh pengabdian ini untuk datang ke Roma. Ketika Raymundus tiba, paus memberinya beberapa tugas. Salah satunya adalah mengumpulkan semua surat-surat resmi dari para paus sejak tahun 1150. Raymundus mengumpulkan serta menerbitkan 5 jilid buku. Ia juga ikut ambil bagian dalam menulis hukum Gereja. Pada tahun 1238, Raymundus dipilih sebagai Superior Jenderal Dominikan. Dengan pengetahuannya dalam bidang hukum, ia memeriksa regula ordo dan memastikan bahwa segala sesuatunya sah secara hukum. Setelah selesai, ia mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 1240.

Kini ia dapat sepenuhnya mengabdikan seluruh sisa hidupnya untuk tugas-tugas parokial. Itulah yang sesungguhnya ia inginkan. Paus hendak menjadikan Raymundus sebagai uskup agung, tetapi Raymundus menolak. Ia mohon diijinkan kembali ke Spanyol dan memang ia kembali ke sana. Ia begitu bersukacita dapat bertugas di paroki. Cinta kasihnya membawa banyak orang kembali kepada Tuhan melalui Sakramen Tobat.

Selama tahun-tahun yang dilewatkannya di Roma, Raymundus sering mendengar tentang kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi para misionaris. Mereka berusaha keras menjangkau orang-orang non-Kristen di Afrika Utara dan Spanyol. Guna membantu para misionaris, Raymundus mendirikan sebuah sekolah yang mengajarkan bahasa serta kebudayaan orang-orang di daerah misi yang dituju. Juga, Pastor Raymundus minta seorang Dominikan terkenal, St. Thomas Aquinas, untuk menulis sebuah buku saku.

Buku saku ini dimaksudkan untuk menjelaskan kebenaran iman dengan suatu cara yang dapat dimengerti oleh mereka yang belum beriman. Raymundus berumur hingga hampir seratus tahun. Ia wafat di Barcelona pada tanggal 6 Januari tahun 1275. Ia dinyatakan kudus pada tahun 1601 oleh Paus Klemens VIII. Paus yang sama memaklumkannya sebagai santo pelindung ahli hukum Gereja karena pengaruhnya yang besar dalam hukum Gereja.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k (Inggris)David Farmer. 1997. The Oxford Dictionary of Saints . New York: Oxford University Press. P. 424.
  2. ^ a b (Indonesia)Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 111-112.