Ratu Heonae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ratu Heonae
Wali Goryeo
Memerintah 997 – 1009 (12 tahun)
Pasangan Gyeongjong dari Goryeo
Kim Chi-yang
Anak
Mokjong dari Goryeo
Putra, tidak bernama
Ayah Wang Uk, Pangeran Gyeongju
Ibu Permaisuri Seonui
Lahir 964
Hwangju, Goryeo
Meninggal 1029
Istana Sungdeok, Kaesung, Goryeo

Ratu Heonae (Hangul: 헌애왕후, Hanja: 獻哀王后) (964 - 1029), juga diketahui sebagai Permaisuri Cheonchu (천추태후, 千秋太后), merupakan permaisuri Kaisar Gyeongjong dari Goryeo. Ia bekerja sebagai wali Goryeo dari tahun 997 sampai dengan tahun 1009 ketika putranya masih dibawah umur, Kaisar Mokjong dari Goryeo. Kisah hidupnya digambarkan di dalam Serial Drama yang berjudul Empress Cheonchu.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ratu Heonae dilahirkan kedalam cabang Hwangju istana kerajaan Kerajaan Goryeo. Ayahnya, Wang Uk (Hangul: 왕욱, Hanja: 王旭), adalah putra ketujuh Raja Taejo dari Goryeo dari istri keempatnya, Permaisuri Sinjeong (Hangul: 신정왕후, Hanja: 神靜王后). Ia memiliki seorang saudara, Wang Chi, calon Kaisar Seongjong dari Goryeo, dan seorang adik perempuan, yang akan menjadi ibu Kaisar Hyeonjong dari Goryeo.

Meskipun keturunan laki-laki Raja Taejo, Ratu Heonae tidak menyandang nama keluarga kerajaan Goryeo, Wang (Hangul: 왕, Hanja: 王). Sebaliknya, ia dan saudarinya menggunakan nama keluarga Hwangbo (Hangul: 황보, Hanja: 皇甫), yang merupakan nama keluarga nenek paternalnya, Permaisuri Sinjeong.

Ratu Heonae menikah dengan Kaisar Gyeongjong dari Goryeo, sepupu pertamanya. Ia adalah saudari Raja Seongjong dari Goryeo, yang menggantikan suaminya sebagai raja. Ketika putranya, Mokjong dari Goryeo menjadi Raja pada tahun 997, ia menjadi walinya. Namun ia melakukan kawin kontrak dengan Kim Chi-yang, dan melahirkan putra Kim Chi-yang. Kim Chi-yang berkomplot untuk menaruh putranya di atas tahta.

Ketika Kim Chi-yang membakar habis istana kerajaan Manwoldae dan mengancam akan membunuh Kaisar dan mengambil alih, Kaisar Mokjong memanggil Jenderal Gang Jo ke ibukota kota Kaesong. Jenderal Gang Jo segera mengeksekusi Kim Chi-Yang dan para pendukungnya.

Kemudian musuh-musuh Gang Jo, para pejabat resmi, menyebarkan isu dan berdusta bahwa jenderal tersebut berencana untuk mengambil alih pemerintahan. Isu-isu tersebut sampai di telinga Kaisar dan ia berencana untuk membunuh Gang Jo. Gang Jo mendengar konspirasi dan keraguan Kaisar, dan memerintahkan pasukannya untuk menyerang dan membunuh seluruh musuhnya, termasuk kaisar. Setelah membunuh Kaisar Mokjong, Jenderal Gang menempatkan Kaisar Hyeonjong dari Goryeo keatas tahta. Permaisuri Cheonchu diasingkan ke Hwangju. Pada tahun 1029, ia kembali ke istana kerajaan dan meninggal di dalam kamarnya di Istana Sungdeok.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]