Permaisuri Heonae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ratu Heonae)
Permaisuri Heonae (헌애왕후)
Ibu Suri Cheonchu (천추태후
Permaisuri Raja Goryeo
Periode980 – 981
Ibu Suri Raja Goryeo
Periode981 – 1009
Informasi pribadi
Kelahiran964
Hwangju, Kerajaan Goryeo
Kematian20 Januari 1029 (usia 64–65)
Istana Sungdeok, Kaesong,
Kerajaan Goryeo
WangsaKaesong Wang
Nama anumerta
응천계성정덕왕태후
應天啓聖靜德王太后
AyahWang Uk
PasanganGyeongjong, Raja Goryeo
Kim Chi-Yang
AnakMokjong, Raja Goryeo
Pangeran Hwangju


Permaisuri Heonae (Hangul: 헌애왕후, Hanja: 獻哀王后) (964 - 1029), juga diketahui sebagai Ibu Suri Cheonchu (천추태후, 千秋太后), merupakan permaisuri ketiga dari Gyeongjong, Raja Goryeo. Ia berperan sebagai wali raja dari tahun 997 sampai dengan tahun 1009 saat putranya yang duduk di takhta, Mokjong masih dipandang terlalu beliau untuk memerintah. Kisah hidupnya digambarkan di dalam serial drama yang berjudul Empress Cheonchu.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Heonae dilahirkan di Hwangju, Kerajaan Goryeo. Ayahnya, Wang Uk (Hangul: 왕욱, Hanja: 王旭), adalah putra ketujuh Raja Taejo dengan istri keempatnya, Permaisuri Sinjeong (Hangul: 신정왕후, Hanja: 神靜王后). Ia memiliki seorang saudara, Wang Chi (kemudian naik takhta sebagai Raja Seongjong) dan seorang adik perempuan yang akan menjadi ibu Raja Hyeonjong.

Meskipun merupakan keturunan Raja Taejo dari garis ayah, Heonae tidak menyandang marga keluarga kerajaan Goryeo, Wang (Hangul: 왕, Hanja: 王). Dia dan saudarinya memakai marga Hwangbo (Hangul: 황보, Hanja: 皇甫) yang merupakan nama keluarga neneknya dari pihak ayah, Permaisuri Sinjeong.

Heonae menikah dengan sepupunya Raja Gyeongjong dan menjadi permaisuri. Setelah suaminya meninggal, saudara Heonae (yang kini dikenal sebagai Ibu Suri Cheonchu) naik takhta sebagai Raja Seongjong. Saat putranya, Mokjong, menjadi raja pada tahun 997, Ibu Suri Cheonchu menjadi walinya karena sang raja muda masih dipandang terlalu belia untuk berkuasa sendiri. Namun ia melakukan perjanjian nikah dengan Kim Chi-yang dan melahirkan seorang putra. Kim Chi-yang menyusun makar untuk menaruh putranya di atas tahta.

Saat Kim Chi-yang membakar habis istana kerajaan Manwoldae, mengancam akan membunuh Raja dan mengambil alih takhta, Mokjong memanggil Jenderal Gang Jo ke ibu kota Kaesong. Jenderal Gang Jo segera mengeksekusi Kim Chi-Yang dan para pendukungnya.

Setelah peristiwa tersebut, musuh-musuh Gang Jo dari kalangan para pejabat menyebarkan kabar burung dan berdusta bahwa jenderal berencana untuk mengambil alih pemerintahan. Isu-isu tersebut sampai di telinga Raja dan ia berencana untuk menghukum mati Gang Jo. Gang Jo yang mendengar rencana makar dan meragukan Raja, memerintahkan pasukannya untuk menyerang dan membunuh seluruh musuhnya, termasuk Raja. Setelah membunuh Mokjong, Jenderal Gang menempatkan Wang Sun ke takhta sebagai Raja Hyeonjong. Ibu Suri Cheonchu diasingkan ke Hwangju. Pada tahun 1029, ia kembali ke istana dan meninggal di dalam kamarnya di Istana Sungdeok.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]