Ratna Megawangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ratna Megawangi

Ratna Megawangi (lahir di Jakarta, Indonesia, 24 Agustus 1958; umur 56 tahun) adalah seorang feminis Indonesia. Ia juga mempelopori pengembangan pendidikan holistik di Indonesia. Ratna juga adalah seorang dosen di Institut Pertanian Bogor.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ratna adalah istri dari Sofyan Djalil, seorang mantan menteri dan dianugerahkan empat orang anak.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ratna menyelesaikan pendidikan sarjananya di jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Institut Pertanian Bogor. Ia terpilih menjadi lulusan terbaik pada tahun 1982. Kemudian ia menyelesaikan program masternya di bidang Ilmu Sosial dan Gizi Tufts University, tahun 1988, programnya Doktornya Tufts University School of Nutrition, Medford, Massachussets, AS, bidang Kebijakan Internasional Makanan dan Gizi tahun 1991. Serta post-doktoralnya juga di Tufts University School of Nutrition, Medford, Massachussets, AS bidang Keluarga, Pengasuhan Anak, Orangtua, tahun 1993.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ratna adalah dosen pada Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Institut Pertanian Bogor. Saat ini juga Ratna mengelola Yayasan Warisan Luhur Indonesia yang mendirikan 100 sekolah yang tersebar di seluruh tanah air.

Pemikiran[sunting | sunting sumber]

Ratna telah menghebohkan dunia intelektual Indonesia dengan terbitnya buku Membiarkan Berbeda, pada tahun 1998. Buku ini telah melahirkan sudut pandang baru pada relasi gender yang selama ini belum dikenal di Indonesia.[1] Pemikiran Ratna Megawangi tersebut banyak dibahas karena dianggap pendekatannya berbeda dibandingkan pendekatan yang ada. Pemikiran Ratna dianggap sebagai antitesa dari mainstream pemikiran kesetaraan jender yang ada selama ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]