Rastislav

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pangeran Rastislav

Santo Rastic atau Rastiz (modern Slowakia Rastislav) merupakan pemimpin kedua Moravia Raya antara tahun 846 sampai kematiannya pada tahun 870. Ia dikanonisasikan di bulan Oktober 1994 oleh Gereja Ortodoks Ceko dan Slowakia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian Mojmír pada tahun 846, Rostislav ditunjuk oleh Francia Timur raja Louis orang Jerman untuk menjadi kepala Moravia Raya. Ia berpura-pura bahwa Rostislav akan bekerja sama dengannya seperti yang dilakukan oleh pendahulunya.

Setelah konsolidasi internal, Rostislav mengambil gelar seorang raja dan berusaha untuk memperketat pengaruh politik Francia Timur. Akibatnya Moravia Raya diserang oleh pada tahun 855. Akan tetapi, penyerangan tersebut tidak berhasil.

Karena Francia Timur menyebarkan pengaruhnya melalui pastur-pastur Franka yang berkhotbah di dalam bahasa Latin, pada tahun 862 Rostislav meminta Bizantium Kaisar Michael III untuk mengirimkan seorang uskup dan guru yang akan membawa Injil kepada orang Slavia di dalam bahasa mereka sendiri. Kaisar memutuskan untuk mengirimkan dua bersaudara Cyril dan Methodius untuk meletakkan pondasi naskah Slavia yang juga menjadi naskah sastra Slavia (lihat contoh alfabet Glagolitic).

Tahun 864 Louis orang Jerman yang terus menyerang Rastislav, kali ini tidak berhasil. Rostislav harus mengakui supremasi kerajaan Franka Timur di atas kerajaannya.

Tahun 870, setelah tumbuh kerenggangan di antara Rastislav dan keponakannya Svatopluk, kemudian membuat sebuah persetujuan dengan Carloman dari Bayern (putra Louis) untuk menukar Rastislav untuk janji bahwa Svatopluk akan memerintah Moravia Raya. Louis orang Jerman membutakan dan memenjarakan Rastislav di sebuah biara Bayern dimana ia meninggal pada tahun yang sama.

Didahului oleh:
Mojmír I
Pangeran Moravia Raya
846–870
Diteruskan oleh:
Svatopluk I