Lobak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Raphanus sativus)
Lobak
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Subspesies:
R. r. subsp. sativus
Nama trinomial
Raphanus raphanistrum subsp. sativus
(L.) Domin
Sinonim
  • Raphanus sativus L.

Lobak (Raphanus raphanistrum subsp. sativus) adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Brassicaceae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman yang mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan.

Saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah dataran tinggi Pangalengan, Pacet, Cipanas, dan Bedugul. Luas areal tanaman lobak di Indonesia saat ini berkisar 15.700 hektare.

Tanah yang baik untuk tanaman lobak adalah tanah gembur, mengandung humus (subur), lapisan atas tanah yang tidak mengandung kerikil (batu-batu kecil), dan derajat keasaman tanah 5-6. Waktu penanaman yang cocok adalah saat musim hujan atau awal musim kemarau. Untuk penanaman pada musim kemarau, tanaman harus cukup air. Kandungan nutrisi, asam folat, vitamin C, kalsium, dan kalium yang dimiliki membuat lobak semakin banyak diminati karena dapat meningkatkan daya tahun tubuh dan segudang manfaat lainya.[1]

Cara penanaman[sunting | sunting sumber]

Tanaman lobak yang ditumpang sari seledri di Pangalengan, Bandung.

Lobak ditanam dari bijinya. Bibit lobak tidak perlu didatangkan dari luar negeri (impor), cukup dari hasil biji sendiri karena tanaman ini mudah berbunga dan berbiji. Biji-biji tersebut dapat ditanam langsung di kebun tanpa disemai terlebih dulu. Untuk penanaman seluas 1 ha diperlukan biji sebanyak 5 kg.

Menurut teori, untuk lahan seluas 1 ha diperlukan 4 kg biji dengan daya kecambah 75%. Sebelum biji ditanam, lahan yang akan ditanami diolah terlebih dulu dengan cara dicangkul sedalam 30–40 cm, kemudian diberi pupuk kandang atau kompos 10 ton/ha. Setelah tanah diratakan, dibuat alur dengan jarak antar alur 30 cm. Sebaiknya alur tersebut dibuat membujur dari arah barat ke timur agar sinar matahari masuk ke tanaman secara maksimal. Selanjutnya biji-biji tersebut ditaburkan tipis merata sepanjang alur, kemudian ditutup tanah dengan tipis-tipis. Biji akan tumbuh setelah 4 hari kemudian.

Setelah umur 2-3 minggu, tanaman mulai disiangi sambil dibuat guludan yang dibuat dengan cara tanah di sepanjang barisan tanaman ditinggikan. Sambil tanah didangir, tanaman disulam. Supaya tumbuh optimal, tanaman yang tumbuh kerdil dicabut dan yang tumbuh subur tetap dipelihara.

Setelah disulam, jarak tanaman menjadi 10–20 cm. Pada umumnya, petani jarang memberikan pupuk buatan. Supaya diperoleh hasil yang memuaskan, tanaman lobak perlu diberikan pupuk buatan. Pupuk buatan yang perlu diberikan adalah urea, TSP dengan perbandingan 1:2 sebanyak 6 g tiap tanaman. Pupuk di kanan-kiri batang tanaman dengan jarak 5 cm. Dengan demikian, untuk tanaman seluas 1 ha diperlukan 100 kg pupuk urea dan 200 kg TSP. Pupuk sebaiknya diberikan pada waktu tanah didangir.

Pemeliharaan tanaman[sunting | sunting sumber]

Tanaman lobak penting untuk dijaga dari hama kutu daun yang mungkin menyerang. Hama ini dapat diberantas dengan semprotan insektisida seperti Kelthin 0,2% atau Decis 2,5 EC 0,2-0,3%.

Pemanenan[sunting | sunting sumber]

Hasil tanaman dapat dipanen setelah umbi-umbinya cukup besar, kira-kira setelah tanaman berumur 2 bulan. Keterlambatan dalam memanen akan menyebabkan umbi menjadi berkayu dan rasanya menjadi tidak enak. Jika hal tersebut terjadi, umbi lobak susah dipasarkan.

Tanaman yang terawat dapat menghasilkan umbi 15-20 ton/ha. Bahkan ada jenis lobak yang dapat menghasilkan sebuah umbi yang beratnya hingga mencapai 0,5–1 kg, dan rasa umbinya enak.

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Lobak dapat digunakan sebagai obat gangguan ginjal dan demam. Di samping itu, dapat pula menghasilkan lendir dalam kerongkongan sehingga baik untuk obat batuk. Umbi lobak dapat dimakan mentah atau dibuat acar, tetapi umumnya dibuat sebagai campuran soto.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Dixon, Geoffrey R. (2007). Vegetable Brassicas and Related Crucifers. Crop Production Science in Horticulture. Volume 14. CAB International. ISBN 978-0-85199-395-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tidak Hanya Baik untuk Diet, Berikut Ini Manfaat Lobak Lainnya yang Perlu Diketahui". aido health. Diakses tanggal 20 November 2021.