Ramón Berenguer I, Comte Barcelona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ramon Berenguer I dan istrinya, Almodis de la Marche, menghitung 2,000 ons koin emas sebagai pembayaran untuk Raymond dari Cerdanya dan Adelaide, Pangeran dan Comtesse Cerdanya, sebagai ganti dari hak mereka atas Carcassonne pada tahun 1067.[1]

Ramon Berenguer I yang tua (bahasa Perancis: Ramond Berenger LeVieux, dalam bahasa Katalan: el Vell) (1023–1076) merupakan seorang Pangeran Barcelona yang memerintah pada tahun 1035–1076. Ia mengkodifikasi hukum tertulis versi awal Katalan, Penggunaan Barcelona.

Ia meneruskan kepemimpinan ayahnya, Berenguer Ramon yang Bengkok pada tahun 1035. Di masa pemerintahannyalah posisi dominan Barcelona di antara provinsi Katalan yang lain semakin jelas.

Ramon Berenguer berperang melawan suku Moor, dan memperluas dominannya ke arah timur sampai ke Barbastro dan membebankan upeti yang berat (parias) kepada kota-kota Moor lainnya. Para sejarawan menyatakan bahwa upeti-upeti tersebut membantu menciptakan gelombang pertama kemakmuran di dalam sejarah Katalan. Selama ia memerintah kekuatan maritim Katalan mulai jatuh ke Mediterania Barat. Ramon Berenguer yang Tua juga merupakan Pangeran Katalan pertama yang memperoleh wilayah-wilayah (provinsi Carcassonne dan Razés) dan pengaruh utara Pirenia.

Prestasi besar lainnya adalah permulaan kodifikasi untuk hukum Katalan yang ditulis Usatges atau Usatici di Barcelona yang pertama dikompilasikan sepenuhnya menjadi hukum feodal di Eropa Barat. Kodifikasi legal itu adalah bagian dari berbagai upaya pangeran untuk memajukan dan mengendalikan proses feodalisasi yang dimulai sejak pemerintahan ayahnya yang lemah, Berenguer Ramon I, Pangeran Barcelona. Kontribusi lainnya adalah Gereja yang bekerja melalui institusi Perdamaian dan Gencatan Senjata Tuhan. Hal ini membentuk sebuah gencatan senjata umum di kalangan kelompok yang berperang dan kekuasaan di daerah-daerah tertentu pada waktu tertentu. Waktu terawal untuk memperkenalkan Perdamaian dan Gencatan Senjata Tuhan di Eropa Barat adalah pada tahun 1027 di Katalonia, selama masa pemerintahan Ramon Berenguer yang Tua.

Ramon Berenguer I bersama dengan istri ketiganya Almòdis, juga menemukan Katedral Roma di Barcelona, untuk menggantikan Basilika yang lebih tua yang diperkirakan dihancurkan oleh Almanzor. Beludru dan kuningan terikat peti kayu dipamerkan di sebuah gedung katedral Gothik yang menggantikan bangunan milik Ramon Berenguer.

Ia digantikan oleh anak-anak kembarnya, Ramon Berenguer II dan Berenguer Ramon II.

Keluarga & Keturunan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles Julian Bishko (1968–9), "Fernando I and the Origins of the Leonese-Castilian Alliance with Cluny," Studies in Medieval Spanish Frontier History (Variorum Reprints), 40.
Didahului oleh:
Berenguer Ramon I
Pangeran Barcelona
1035–1076
Diteruskan oleh:
Ramon Berenguer II