Ralph Johnson Bunche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dr. Ralph Johnson Bunche (lahir di Detroit, 7 Agustus 1903 – meninggal 9 Desember 1971 pada umur 68 tahun) ialah seorang ilmuwan politik dan diplomat Amerika Serikat yang dianugerahi Nobel Perdamaian pada tahun 1950 untuk usaha mediasinya pada akhir tahun 1940-an di Palestina.

Ralph Johnson Bunche terlahir sebagai anak tukang cukur. Orang tuanya meninggal pada saat ia berusia 13 tahun, sehingga ia diambil oleh neneknya dari pihak ibu bersama saudarinya ke Los Angeles. Selama bersekolah Ralph membantu keluarganya dengan bekerja sebagai pesuruh, penghampar karpet, dan pelaut. Harapan neneknya yang tak mau menyerah dan kebijaksanaannya banyak berpengaruh terhadap dirinya. Bunche masuk University of California, Los Angeles dengan beasiswa dan lulus pada tahun 1927. Ia menerima gelar magister di Harvard University pada tahun 1928 dan gelar doktor dalam ilmu pemerintahan dan hubungan internasional di Harvard pada tahun 1934. Disertasi doktoralnya memenangkan Penghargaan Tappan sebagai yang terbaik di bidang ilmu sosial tahun itu. Kemudian ia melanjutkan karier di bidang antropologi di Universitas Northwestern.

Pada tahun 1949, Ralph Johnson Bunche berhasil merundingkan persetujuan gencatan senjata antara Israel dan 4 negara Arab di sekitarnya. Untuk usahanya ini, ia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian.

Sebagai tokoh Afrika Amerika yang menonjol, ia adalah pendukung gerakan HAM yang aktif dan vokal, meskipun ia tak pernah mendapatkan jabatan penting di salah satu ormasnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]