Rakit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rakit penyeberang sungai Cipandak dekat Sindangbarang, kabupaten Cianjur, pada tahun 1917
Rakit tradisional, dari edisi Adventures of Huckleberry Finn tahun 1884.
Anak-anak yang berhasil menguji rakit mereka, di pelabuhan Brixham, selatan Devon, Inggris. Rakit itu terbuat dari galah kayu, tali, dan tong biru.

Rakit adalah susunan benda yang mengapung yang datar untuk perjalanan di atas air; dan merupakan rancangan perahu paling dasar, yang cirinya tak memiliki lambung. Sebagai gantinya, rakit dijaga mengapung menggunakan gabungan bahan ringan seperti kayu, tong tertutup, maupun ruang air dipompa. Rakit tradisional ataupun primitif dibuat dari kayu atau buluh. Rakit modern juga menggunakan ponton, drum, atau balok polistirena. Rakit pompaan menggunakan susunan berlapis-lapis yang lebih elastis dan tahan lama. Bergantung pada penggunaan dan ukurannya, rakit bisa memiliki atap, tiang, maupun kemudi.

Rakit kayu digunakan oleh industri logging untuk pengiriman gelondongan kayu, dengan mengikatkannya ke rakit, dan menimbun atau menariknya di bawah sungai, yang amat umum hingga pertengahan abad ke-20, namun sekarang jarang digunakan.

Jenis-jenis rakit yang digunakan untuk wisata berakit hampir seluruhnya perahu pompaan, dibuat dari bahan-bahan yang fleksibel untuk digunakan di gerojokan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]