Rajkumari Amrit Kaur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Amrit Kaur
Mahatma Gandhi dengan Amrit Kaur di Shimla pada tahun 1945
Lahir2 February 1889
Lucknow, Uttar Pradesh, India
Meninggal2 October 1964
OrganisasiIndian National Congress, St. John’s Ambulans Corps, Tuberculosis Association, Indian Red Cross, All India Institute of Medical Sciences
Gerakan politikgerakan kemerdekaan India (Indian Independence movement)

Rajkumari Amrit Kaur (2 Februari 1889 – 2 Oktober 1964) adalah seorang tokoh gerakan wanita dari India. Ia terlahir di kalangan keluarga bangsawan. Ayahnya adalah Raja Sir Harman Singh dan ibunya adalah Rāni Harnām Singh, seorang anak perempuan dari ibu Bengali Presbyterian dan ayah penganut gereja Anglikan. Pendidikannya ditempuh di sekolah di Sherborne, Dorsetshire dan kemudian melanjutkannya ke Oxford. Sekembalinya ke India, ia bertemu dengan Gopal Krishna Gokhale and Mahatma Gandhi. Pertemuannya dengan Gandhi memengaruhi pandangannya. Ia kemudian beralih aktif di politik.

Setelah kemerdekaan India, Rajkumari Amri Kaur diangkat menjadi menteri wanita pertama yang duduk dalam kabinet India. Ia ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan tahun 1947. Ia juga pernah menjabat Presiden World Health Assembly tahun 1950. Hanya ada dua wanita yang pernah menjabat posisi ini. Selain Rajkumari, Julie Sulianti Saroso dari Indonesia tercatat pernah menjadi Presiden lembaga ini.

Ia terus bekerja memerangi buta huruf dan menghapus adat perkawinan anak kecil dan sistem purdah untuk wanita, yang prevalen di antara sejumlah komunitas India.

Dari tahun 1957 sampai matinya pada tahun 1964, ia tetap menjadi anggota Rajya Sabha. Antara tahun 1958 dan 1963 Kaur menjabat sebagai presiden "All-India Motor Transport Congress" di Delhi. Sampai matinya, ia tetap menjabat sebagai presiden All India Institute of Medical Sciences, the Tuberculosis Association of India, dan St. John’s Ambulans Corps. Ia juga mendapat penghargaan Rene Sand Memorial Award.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]