Rahasia Perawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rahasia Perawan
SutradaraAli Shahab
ProduserHendrick Gozali
Sapta Suteja
Ditulis olehAsrul Sani
Sitor Situmorang
PemeranRobby Sugara
Aedy Moward
Rahayu Effendi
Tanty Josepha
Yati Octavia
Ruth Pelupessy
Rachmat Hidayat
SinematograferSadeli HS
Tanggal rilis
1975
Durasi107 menit
NegaraIndonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 1976

Rahasia Perawan adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1975 yang disutradarai oleh Ali Shahab dan dibintangi oleh Robby Sugara dan Aedy Moward.

Film ini meraih penghargaan Festival Film Indonesia 1976 untuk pemeran pendukung wanita terbaik (Ruth Pelupessy).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Agus (Robby Sugara) pindah dari rumahnya yang bak istana, karena ayahnya Raden Mas Sadewo (Aedy Mowardi) berniat mengawini Rahayu (Rahayu Effendi), setelah kematian isterinya, Agus menyewa pavilyun kecil dan membiayai hidupnya sebagai sopir taksi sambil tetap menyelesaikan kuliahnya.

Di kampus ia berkenalan dengan mahasiswa baru Juli (Tanty Josepha). Hubungan Agus-Juli yang makin akrab membuat Ratna (Yatie Octavia) yang diam-diam mencintai Agus jadi merana. Tapi karena cintanya Ratna berkorban menyerahkan keperawanannya pada dosen yang menyukainya tetapi membenci Agus hingga yang terakhir ini bisa lulus.

Agus-Juli sesaat lupa diri dalam suatu perjumpaan. Mereka melakukan hubungan seks yang membuat Juli hamil. Juli tak mau mengemis, Juli pergi keluar kota, menumpang pada keluarga tanpa anak dan memelihara kandungannya.

Agus yang kemudian tahu pengorbanan Ratna dan betapa majikannya yang mendorongnya menyelesaikan kuliah adalah ayah Ratna, akhirnya menikah Ratna. Saat perkawinan Juli datang bersama anaknya dan orang tua tanpa anak yang bersiap memungut anak, Agus-Juli menanti.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]