Rae Sita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lahir 1 Juni 1945
Bendera Australia Brisbane, Australia
Meninggal 20 Mei 2015 (umur 69)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pasangan Oke F. Supit
Anak Jenifer Jill Supit
Greorgiana Grae Supit
Ravelra Ruth Supit
Orang tua R.M. Wachyo
Jean Duncan

Rae Sita (lahir di Brisbane, Australia, 1 Juni 1945 – meninggal di Jakarta, 20 Mei 2015 pada umur 69 tahun) adalah seorang pemeran Indonesia. Putri pasangan blasteran ibu asli dari Skotlandia (Jean Duncan) dan ayah dari Wonosobo (R.M. Wachyo) ini menikah dengan Oke F. Supit. Alumni dari Santa Angela tahun 1966 ini terkenal dalam film Cintaku di kampus Biru.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Rae Sita lahir di Australia, meski demikian dia besar di Indonesia. Setamat Sekolah Guru Atas (SGA), ia mendaftar ke Jurusan Seni Rupa ITB. Namun karena tidak betah, Rae Sita pindah ke Jurusan Seni Rupa IKIP Jakarta. Belum selesai, Rae pindah ke Jurusan Interior New South Wales University, Sydney, Australia dan mendapatkan gelar sarjana muda.

Ketika di luar negeri itu, temannya semasa SMP, Oke F. Supit, datang dan nekat melamarnya. Dari pernikahan ini, mereka mempunyai 3 orang anak, Jenifer Jill Supit, Georgiana Grae Supit, dan Ravelra Ruth Supit.[1]

Rae terjun ke film justru setelah memiliki tiga anak. Ia diajak Ami Priyono, berperan sebagai dosen yang menaruh hati pada mahasiswanya dalam film yang sukses di pasaran, Cintaku di Kampus Biru (1976). Setelah membintangi puluhan film, Rae memutuskan untuk berhenti. Saat itu dia memilih menekuni pekerjaan barunya, Public Relations Manager Hotel Sahid Jaya pada tahun 1979.

Saat ini, dengan kesibukan seorang ibu, ia juga aktif sebagai anggota Tim Pokja Film Kompetitif, anggota pengajar BP SDM Citra di YPPHUI dan Anggota Lembaga Sensor Film.

Ia adalah mertua dari Umar Lubis.

Rae Sita tutup usia akibat kanker rahim pada tanggal 20 Mei 2015. [2]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]