Radja (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Radja (album /rif))
Lompat ke: navigasi, cari
Radja
Album studio oleh /rif
Dirilis 14 Januari 1997
Genre Rock
Warna Blue
Label Sony Music Indonesia
Kronologi /rif
Radja
(1997)
Salami
(1998)

Radja adalah album musik karya /rif. Album ini sendiri dirilis pada tahun 1997, sebagai debut awal grup band /rif di blantika musik Indonesia. Berisikan 10 buah lagu dengan lagu Radja dan Bunga sebagai hits singel labum ini.

Akhirnya, album perdana /rif yg berjudul "Radja", di rilis oleh Sony Music Indonesia, yang juga merupakan Album perdana yang di keluarkan oleh Perusahaan rekaman ini.

Hits di Album ini adalah "Radja" dan "Bunga", ke-2 nya yang telah juga dibikin video klip. Dengan komposisi Lagu yang tercantum diatas , Album "Radja" ini mendapatkan penghargaan - penghargaan sebagai berikut:

  • MTV Most Wanted New Comer 1998
  • Nomination MTV Most Wanted Band 1988
  • Platinum Awards Sony Music Indonesia

Andai Ku Jadi Raja... Penggalan lirik tersebut, adalah potongan lagu yang melabungkan nama /rif ke jajaran grup rock papan atas di Indonesia. Sebelumnya, band asal Bandung ini hanya berputar-putar di Bandung dan sekitarnya saja. Tapi perjuangan /rif mencapai tataran itu, tidak diraih dengan sekali tepuk. Ada proses panjang yang dilewatinya.

Cikal bakal /rif berawal dari Badai Band (1992), yang antara lain mencatat nama Baron (mantan gitaris Gigi). Setahun berikutnya, band ini bertukar personel dan berubah nama menjadi R.I.F., singkatan dari rhythm in freedom. Tahun 1995, titelnya berubah lagi menjadi rif tanpa singkatan -- plus garis miring berwarna merah. Jadi, logo "/rif" bisa diartikan sebagai "alternatif, atau, beda, miring, berani". Juga menggambarkan visi bermusik mereka, yang "/ (alternatif), sebagai sebuah grup, dan bukan perorangan".

Grup ini cukup kondang di lingkungan remaja Bandung yang maniak musik alternatif. Tiap malam Sabtu, kafe O'hara's Tavern Bandung selalu sesak jika /rif unjuk kebolehan. Disitu, biasanya mereka membawakan hits-hits milik kelompok Pearl Jam, Bush, Smashing Pumpkins, Green Day, atau U 2 -- selain karyanya sendiri. Di hari lain, /rif menjadi band pembuka konser Java Jive dan Kahitna di Hard Rock Café Jakarta. Setelah itu, aktivitas manggungnya kian melebar ke kota-kota lain, sebut saja Yogyakarta, Semarang, Tasik Malaya, Banjar, sampai Balikpapan.

Puas wara-wira di beberapa pentas musik, /rif terobsesi membuat album. Caranya, mereka membuat indie label pada 1997, dan diedarkan di radio-radio Jakarta dan Bandung. Itu terwujud lewat formasi Andy (vokal), Iwan (bas), Jikun (gitar), Denny (gitar), dan Magi (drum). Kaset itu mendapat sambutan yang bagus. Sony Music Indonesia tertarik, dan meminta demo musik mereka. Selain tembang Raja, seluruh lagu dalam demo itu dibuat dalam bahasa Inggris, namun akhirnya diganti bahasa Indonesia saat rekaman. /rif menjadi grup musik pertama yang di kontrak Sony Musik Indonesia.

Lewat debut album Radja (Oktober 1997), /rif langsung menggurita di kancah musik Indonesia, dan menjadi band beraliran alternatif pertama yang sukses masuk bilik rekaman. Album ini laris di atas 300 ribu kopi, sehingga pihak Sony memberikan double Platinum. Lalu, disusul Salami atau "Selamatkan Dunia Ini" (1998), yang mencuatkan hits Si Hebat dan Aku Ingin. Pada tahun 2000, /rif merilis Nikmati Saja, dengan mengusung lagu-lagu bertempo middle rock dan bertempo cepat, seperti lagi Loe To Ye.

/rif kini dinilai sebagai grup musik yang progresif dan selalu menyuguhkan warna yang variatif serta inovatif dalam setiap penampilannya. Sebuah sajian musik alternatif dalam arti sesungguhnya : mengeksplorasi beberapa basic musik, seperti bossanova, jazz, rock, punk, dan ska -- namun simpel dan easy listening. Musik seperti ini tampaknya memang sangat akomodatif buat kaum muda.

Daftar Lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Bintang Kejora
  2. Radja
  3. Planet Kosong
  4. Sick
  5. Buyung
  6. Jeni
  7. Poser
  8. A...a...a...
  9. Bunga
  10. Water

Personel[sunting | sunting sumber]

  • Andy - Vokal
  • Denny - Gitar
  • Jikun - Gitar
  • Iwan - Bass
  • Maggi - Drum