Radio Bonapasogit FM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Radio Bonapasogit FM
Radio Bonapasogit FM
Screenshoot Radio Bonapasogit fm.png
Halaman website Radio Bonapasogit FM
URL www.bonapasogitfm.com
Komersial? Ya
Jenis situs Radio
Radio Internet
Bahasa Indonesia
Pemilik HKBP
Dibuat oleh HKBP
Status saat ini Aktif

Radio Bonapasogit FM adalah salah satu stasiun radio di Indonesia dan juga radio internet, yang beralamat di Jl. Nahum Situmorang No. 1, Sigompulon, Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dengan nama badan usaha PT. Radio Swara Bona Pasogit.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdirinya Radio HKBP tak lepas dari situasi geografis dan masyarakat di Tapanuli Utara. Tapanuli Utara terletak di daerah pegunungan dan berlembah yang terdiri dari banyak desa. Sebagian besar penduduk masih jauh dari sentuhan media massa seperti radio, televisi, surat kabar dan majalah. Keadaan ini menyebabkan keterbatasan dan kelambatan penyebarluasan informasi dari sumber resmi yang sampai kepada masyarakat.

Ketika terjadi gempa tektonik pada April 1987, kehidupan masyarakat Tarutung lumpuh total. Keadaan semakin mencekam karena beredar isu, bahwa kota Tarutung akan tenggelam dan menjadi danau, disebabkan bentuk geografis kota Tarutung yang seakan berada "di tengah kuali." Akibatnya, terjadi kepanikan yang sukar dikendalikan. Masyarakat Tarutung berupaya menyelamatkan diri ke daerah-daerah yang dianggap aman.

Isu tersebut tidak terhempang, karena tidak ada media yang dapat diakses masyarakat secara luas. Keadaan ini berlangsung cukup lama, sehingga masyarakat takut pulang kembali untuk menempati rumah-rumah yang telah mereka tinggalkan.

Didorong oleh kesadaran untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam pembangunan, maka melalui Rapat Majelis Pusat HKBP pada tanggal 27-31 Juli 1987 diputuskan untuk mendirikan stasiun pemancar radio siaran. Pendirian radio ini juga bertujuan untuk memberikan informasi yang benar dan peringatan dini, yang dapat diakses masyarakat secara luas setiap saat.

Pada tanggal 7 April 1988 melalui rapat lanjutan Parhalado Pusat HKBP di Pematangsiantar, Ephorus HKBP Pdt. Dr. S. A. E. Nababan, LLD menetapkan berdirinya Yayasan Komunikasi yang diketuai Pdt. Dr. B. H. Situmorang untuk melayani kegiatan komunikasi.

Setelah mempelajari semua ketentuan dan Peraturan Pemerintah yang menyangkut bidang komunikasi sebagai pedoman, maka usaha mewujudkan kehadiran Radio Siaran Swasta Nasional bagi warga HKBP dilaksanakan dan diberi nama Radio Gema Pengharapan, yang dikelola oleh PT. Radio Swara Bona Pasogit. Selanjutnya, melalui surat keputusan pucuk pimpinan HKBP No. 3439/SK/PSR/87 disediakan tempat di Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung sebanyak 3 ruangan di lantai II Gedung Departemen HKBP untuk digunakan sebagai studio, ruang kantor dan pemancar Radio Gema Pengharapan.

Radio Gema Pengharapan mengudara sejak 1 Januari 1988 dengan sistem AM. Kepala Biro Informasi HKBP pada saat itu, Pdt. Singotan Situngkir, S.Th terpilih sebagai Pimpinan Radio Gema Pengharapan HKBP. Usai masa tugas di radio, Pdt. Singotan Situngkir, S.Th digantikan oleh Pdt. C. O. R. Silaban, S.Th sebagai Direktur Radio HKBP. Maksud dan tujuan berdirinya Radio Gema Pengharapan semakin dipertajam untuk pemberitaan Injil yang semakin holistik dan lebih menyentuh seluruh lapisan masyarakat, denominasi gereja dan etnis.

Pada tahun 1992 terjadi kemelut di HKBP dan menyebabkan Radio HKBP dipindahkan ke daerah Jetun Silangit, Siborongborong. Pdt. Edy Lamsar Manullang, S.Th diangkat menjadi Direktur Radio HKBP. Setelah itu, Pdt. Armada Sitorus, M.Th diangkat menjadi Direktur Radio HKBP. Pada saat itu, juga menjabat Kepala Biro Personalia HKBP dan mengusulkan perpindahan Radio HKBP dari Jetun, Silangit ke Tarutung.

Pada tahun 1996 Radio HKBP dipindahkan ke Tarutung, tepatnya di daerah Sigompulon, sekitar 500 meter dari Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Tarutung. Radio HKBP ini tidak lagi menggunakan nama Radio Gema Pengharapan, melainkan dengan nama Radio Swara Bonapasogit HKBP.

Pada tahun 1998 pergolakan di HKBP terpicu kembali. Radio HKBP di Sigompulon, Tarutung turut terkena dampaknya. Akhir tahun 1998, kemelut HKBP berangsur pulih setelah terjadi rekonsiliasi di HKBP. Pdt. Bintahan Harianja, S.Th kemudian diangkat sebagai Direktur Radio HKBP menggantikan Pdt. Armada Sitorus, M.Th.

Pada masa tugas Pdt. Bintahan Harianja, S.Th., kualitas siaran ditingkatkan dari sistem AM (Amplitudo Modulation) menjadi sistem FM (Frequency Modulation) dengan kualitas dan kejernihan suara yang lebih baik. Pada saat itu, Pdt. Bintahan Harianja, S.Th dibantu Puji Handoko Aritonang, S.Th. yang ditempatkan sebagai pendeta praktik di Radio HKBP. Pada tanggal 12 Mei 1999 Radio HKBP secara resmi mengudara dengan sistem FM dengan nama Radio Bonapit FM berasal dari kependekan kata "Bonapasogit" dengan frekuensi 91.1 MHz. Pada perkembangan selanjutnya, terjadi perubahan frekuensi menjadi 90.1 MHz. Setelah mengudara pada frekuensi FM, peningkatan program dan jam siaran turut dilakukan, selama 18,5 jam setiap hari, mulai pukul 05.30 – 24.00 wib.

Pada awal tahun 2010 Pdt. Bintahan Harianja, S.Th mengakhiri masa tugasnya di radio dan digantikan Pdt. Fredy Tinambunan, S.Th, M.M., sampai bulan September 2012. Usai Sinode Godang HKBP 2012 Radio Bonapit FM dipimpin Pdt. Puji Handoko Aritonang, M.Th., sebagai Direktur Radio HKBP Bonapit FM, sebelum ditempatkan di radio, melayani sebagai Kabiro Informasi HKBP. Sekarang, Radio Bonapasogit FM telah ditingkatkan daya jangkau siaran dan pengembangan media melalui website dan radio streaming yang dapat diakses pada www.bonapasogitfm.com.

Kronologi Perubahan nama[sunting | sunting sumber]

Acara[sunting | sunting sumber]

Radio Bonapasogit FM adalah radio yang menyajikan berbagai macam acara seperti berita tentang daerah (Tarutung, dan Tapanuli Utara), juga berita-berita umum lainnya, dan secara khusus juga menyajikan acara-acara kekristenan dan yang berkaitan dengan HKBP.

Radio Streaming[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya radio ini menggunankan sistem AM (Amplitudo Modulation) dan kemuidan menjadi sistem FM (Frequency Modulation). Dan pada tahun 2012 radio ini ditingkatkan daya jangkau siaran dan pengembangan media melalui website dan radio streaming yang dapat diakses pada www.bonapasogitfm.com, atau melalui alamat khusus streaming http://199.167.134.163:7302/listen.pls.

Daftar Kru Radio[sunting | sunting sumber]

  1. Pdt. Puji Handoko Aritonang, M.Th
  2. Cpdt. Tanty Sinaga, S.Th
  3. Nita Sihombing
  4. Cristina Sibagariang
  5. Johanes Simbolon
  6. Franky Bancin
  7. Rotua Simanjuntak
  8. Todo Bancin
  9. Agung Sihombing
  10. Holong Panggabean

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Pdt. Puji Handoko Aritonang, M.Th, Pelayanan Pastoral Melalui Media Radio Kantor Pusat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Tapanuli Utara, STT Jakarta, September 2011.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]