R. E. Martadinata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Raden Eddy Martadinata)
Raden Eddy Martadinata
Kepala Staf TNI Angkatan Laut ke-4
Masa jabatan
20 Juli 1959 – 25 Februari 1966
PresidenSoekarno
Sebelum
Pendahulu
R. Soebijakto
Pengganti
Moeljadi
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir(1921-03-29)29 Maret 1921
Bandung, Jawa Barat, Hindia Belanda
Meninggal6 Oktober 1966(1966-10-06) (umur 45)
Riung Gunung, Cisarua, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Suami/istriSoetiarsih Soeraputra
Anak7
ProfesiTentara
Tanda tangan
Karier militer
Pihak Indonesia
Dinas/cabang TNI Angkatan Laut
Masa dinas1945—1966
Pangkat Laksamana TNI
Pertempuran/perang
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Laksamana TNI (Purn.) Raden Eddy Martadinata merupakan tokoh di bidang militer angkatan laut yang lahir di Bandung (29 Maret 1921 – 6 Oktober 1966), atau yang lebih dikenal dengan nama R. E. Martadinata, adalah tokoh ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia) dan pahlawan nasional Indonesia. Ia meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter di Riung Gunung[1] dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

Pendidikan awal[sunting | sunting sumber]

  1. Sekolah Dasar HIS di Lahat lulus pada tahun 1934,
  2. Sekolah Menengah Pertama MULO - B di Bandung lulus pada tahun 1938 dan di sekolah pelayaran. Pendidikannya di bidang pelayaran berpengaruh terhadap karirnya sampai ia mengabdikan dirinya sebagai staf TNI Angkatan Laut. Namun demikian, ia tidak dapat menyelesaikan sekolanya karena kedatangan pendudukan Jepang dan terjadinya perang. Melalui pendidikannya di sekolah pelayaran, R. E. Martadinata sempat memiliki pengalaman bekerja sebagai penerjemah di sekolah tinggi pelayaran di Semarang pada masa pendudukan Jepang tersebut.
  3. Sekolah Menengah Atas AMS di Jakarta lulus pada tahun 1941
  4. Sekolah Pelayaran Zeevaart Technische School tidak sempat menyelesaikan karena pendudukan Jepang.
  5. Sekolah Pelayaran Semarang (SPS-SPM) sekarang menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang hingga pada masa awal pendudukan Jepang.
  6. Melanjutkan lagi Sekolah Pelayaran Tinggi Semarang sekarang bernama Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang diselenggarakan Jepang sampai ia diangkat sebagai nakhoda kapal latih Dai 28 Sakura Maru.
  7. Bergabung dengan Angkatan Laut Republik Indonesia tahun 1945

Perjuangan[sunting | sunting sumber]

Ia menghimpun pemuda bekas siswa Pelayaran Tinggi dan mereka berhasil merebut beberapa buah kapal milik Jepang di Pasar Ikan Jakarta. Selanjutnya mereka menguasai beberapa kantor di Tanjung Priok dan Jalan Budi Utomo Jakarta. Setelah pemerintah membentuk BKR, pemuda-pemuda pelaut bekas pelajar dan guru Sekolah Pelayaran Tinggi serta pelaut-pelaut Jawa Unko Kaisya yang dikoordinasi oleh M. Pardi, Adam, Martadinata, Surjadi Untoro, dan lain-lain, membentuk BKR Laoet Poesat yang dalam perjalanannya berubah menjadi TKR Laoet, diubah lagi menjadi TRI Laoet dan bulan Februari berganti lagi menjadi ALRI.

Pada masa awal pembentukan BKR, R. E. Martadinata memiliki kontribusi membentuk BKR Laut Jawa Barat bersama Aruji Kartawinata yang menjadi pimpinannya, tidak lama BKR Laut berubah nama menjadi ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia). Memiliki pengaruh di ALRI, R. E. Martadinata sempat mengemban amanat sebagai Kepala Staff Operasi pada Markas Besar ALRI di Yogyakarta. Dedikasinya yang tinggi terhadap negara membuatnya dipercaya sebagai Kepala Staff Komando Daerah Maritim Surabaya. Prestasinya di bidang kemaritiman membuatnya berhasil meneruskan pendidikan di United States Navy Post Graduate School di Amerika Serikat pada tahun 1953.

Penugasan[sunting | sunting sumber]

R. E. Martadinata

Berbagai penugasan yang pernah diemban selama berkarier di Angkatan Laut hingga akhir hayatnya adalah sebagai berikut:

  1. Wakil Komandan BKR Laut Jawa Barat - Agustus 1945
  2. Ajudan Kepala Staf Umum TKR Laut - Desember 1945
  3. Kepala Staf Operasi V MBA (Bagian Perencanaan) - Maret 1946
  4. Komandan Pendidikan Latihan Opsir Kalibakung (Tegal,Jawa tengah) - Maret 1947
  5. Wakil Komandan ALRI di Aceh - Desember 1948
  6. Komandan Kapal RI Hang Tuah - Desember 1949
  7. Kepala Staf KDMS, diperbantukan di Staf AL Jakarta, Pj Kepala SO - Agustus 1950
  8. Mengikuti pelayaran ke Belanda dengan Kapal Tjerk Hiddes - Desember 1950
  9. Komandan Kapal RI Gajah Mada - Maret 1951
  10. Perwira SO IV Staf ALRI - Oktober 1952
  11. Kepala Biro Planning Staf ALRI
  12. Kepala Pengawas Pembuatan Kapal di Italia dan Komandan KALITA (Kesatuan Angkatan Laut Italia) - Januari 1959
  13. Perwira Spl pada KASAL - April 1959
  14. Menteri / Panglima Angkatan Laut - Juli 1959
  15. Panglima Operasi III KOTOE - September 1963
  16. Duta Besar Luar Biasa & Berkuasa Penuh RI untuk Republik Pakistan - Februari 1966

Kepala Staf Operasi V[sunting | sunting sumber]

Ketika menjabat sebagai Kepala Staf Operasi V (Bagian Perencana), Martadinata mencurahkan perhatian dalam penyelesaian keruwetan ALRI. Salah satunya adalah soal kedudukan dan pembagian tugas antara MBU. ALRI di Yogyakarta dengan Markas Tertinggi (MT). ALRI yang berkedudukan di Lawang, yang dibentuk berdasarkan spontanitas pemuda-pemuda pelaut di Jawa Timur ia menginginkan agar perwira-perwira senior di Yogyakarta dan di Lawang dapat menyatukan diri dalam wadah Markas ALRI yang tunggal. Januari 1947 dibentuk Dewan Angkatan Laut (DAL) yang diserahi tugas menyelesaikan masalah tersebut.

Mendirikan SAL dan Kepala Pendidikan Latihan[sunting | sunting sumber]

Penugasan berikutnya adalah mendirikan Sekolah Angkatan Laut (SAL) di Kalibakung, Tegal dan dilanjutkan dengan penugasan sebagai Kepala Pendidikan dan Latihan di Sarangan, Magetan tahun 1948 yang kemudian dikenal dengan nama Special Operation (SO). Martadinata diberi tugas oleh KSAL Subijakto untuk menyelenggarakan sekaligus memimpin SO karena menurut KSAL Subijakto, SO merupakan lembaga pendidikan lanjutan untuk para perwira laut. Pendidikan tersebut diselenggarakan khusus untuk mempersiapkan para perwira laut yang akan bertugas memimpin armada kapal-kapal cepat. Kapal tersebut dirancang bisa menembus blokade Belanda, agar pasukan Republik tetap memperoleh senjata dan amunisi untuk meneruskan perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Pendidikan SO mengambil tempat di Telaga Sarangan, lereng Gunung Lawu, Jawa Timur.

RE Martadinata bersama Suryadi Suryadarma.

Wakil Kepala Staf AL Daerah Aceh[sunting | sunting sumber]

Ketika berlangsung Agresi Militer Belanda II, Ia ditunjuk sebagai Wakil Kepala Staf AL Daerah Aceh (ALDA) yang bertugas untuk mengendalikan kegiatan staf yang mencakup dua bidang yakni melaksanakan pendidikan dan mengkoordinasi kegiatan "Armada Penyelundup" senjata dari luar negri untuk membantu perjuangan.

Kepala Staf Komando Daerah Maritim Surabaya dan Komandan KRI Hang Tuah[sunting | sunting sumber]

Bulan Oktober 1949 ia kembali ke Jawa dan diangkat menjadi Kepala Staf Komando Daerah Maritim Surabaya tahun 1950. Saat itu sudah tercapai gencatan senjata antara RI dan Belanda. Sesuai kesepakatan, Belanda menyerahkan peralatan perangnya kepada Angkatan Perang RI, salah satu diantaranya Kapal Perang HrMS Morotai yang kemudian diubah namanya menjadi RI Hang Tuah dan R.E. Martadinata diangkat menjadi Komandannya. RI Hang Tuah merupakan Kapal Perang terbesar saat itu, digunakan untuk operasi-operasi militer menumpas pemberontakan gerombolan Andi Azis di Ujung Pandang dan RMS di Maluku.

Tugas belajar[sunting | sunting sumber]

Martadinata kemudian berkesempatan mengikuti pendidikan United States Navy Post Graduate School di AS pada tahun 1953. Selesai mengikuti pendidikan di AS, ia mendapat tugas khusus selama tiga tahun sepanjang tahun 1957-1959 di Italia untuk mengawasi pembuatan 2 kapal korvet kelas Almirante Clemente yang dipesan RI yaitu RI Soerapati dan RI Imam Bondjol. Pada kurun waktu tersebut Martadinata juga sekaligus bertugas mengawasi pembuatan kapal pesanan ALRI di Yugoslavia. Sekembalinya dari Italia, ia diangkat menjadi Hakim Perwira pada pengadilan Tentara di Medan Jakarta dan Surabaya.

Menteri/Panglima Angkatan Laut[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1959, terjadi pergolakan di dalam tubuh ALRI yaitu adanya ketidakpuasan terhadap kepemimpinan KSAL yang pada saat itu dipimpin oleh Laksamana Madya R. Soebijakto, beberapa perwira yang dimotori oleh Mayor Laut Yos Soedarso dan Mayor (KKO) Ali Sadikin (kemudian disebut sebagai Gerakan 1959) menghadap Presiden Soekarno untuk menyampaikan permohonan penggantian KSAL dengan damai dan tanpa kekerasan.

Pada awalnya Presiden Soekarno tidak menyetujui permohonan tersebut, namun setelah melihat bahwa gerakan tersebut mendapat dukungan hampir sebagian besar staf ALRI maka Presiden Soekarno memanggil Laksamana Madya R. Soebijakto untuk mendiskusikan Gerakan 1959. Dalam pembicaraan tersebut Presiden menyampaikan rencana penggantian KSAL dan ketika Presiden menanyakan siapakah calon yang cocok untuk menjadi KSAL maka Laksamana Madya R. Soebijakto mengusulkan Kolonel Laut R.E. Martadinata sebagai penggantinya karena dianggap netral. Pada saat itu Martadinata masih memimpin satuan ALRI mengawasi pembuatan kapal pesanan ALRI di Italia. Setelah menjabat, maka dengan sekuat tenaga ia berhasil mendamaikan kembali golongan-golongan yang saling berlawanan sehingga ALRI tetap utuh dan bersatu.

Pada saat menjabat sebagai Kepala Staf ALRI itulah, R. E. Martadinata berada pada puncak karir. Oleh karena amanatnya sebagai pimpinan tertinggi, ia mendapat mandat melakukan usaha perdamaian antara kelompok yang saling berselisih. Di samping itu, ia dituntut membela keutuhan negara saat terjadi isu dan fitnah yang berpotensi mengancam ketahanan negara. Saat menjabat KSAL yang kemudian diubah namanya diubah menjadi Menteri/Panglima Angkatan Laut, Angkatan Laut Republik Indonesia memiliki kekuatan yang disegani di kawasan Asia Pasifik seiring dengan meningkatnya konfrontasi dengan Belanda berkaitan dengan perebutan Irian Barat. Dengan dicanangkannya Trikora, maka ALRI membeli peralatan tempur dari Rusia dengan jumlah yang cukup banyak antara lain: 1 kapal penjelajah (kelas Sverdlov), 8 perusak (kelas Skoryy), 8 frigat (kelas Riga), 12 kapal selam (kelas Whiskey) dan kapal-kapal pendukung lainnya yang berjumlah hampir lebih dari 100 buah kapal. Selain itu dibeli pula pesawat pembom torpedo Ilyushin Il-28 seri Il-28T dan Il-28U, serta helikopter Mil Mi-4.

Pada tahun 1965, terjadi kembali pergolakan di dalam tubuh ALRI yang kemudian dikenal dengan nama Gerakan Perwira Progresif Revolusioner (GPPR). Gerakan ini mengikuti pola Gerakan 1959 yaitu menghadap Presiden Sukarno untuk menyampaikan laporan terjadinya kemerosotan kinerja Angkatan Laut karena dikelola oleh para perwira yang tidak profesional serta ketidakpuasan dengan kepemimpinan R.E. Martadinata sebagai Menteri/Panglima Angkatan Laut. Karena gerakan ini dianggap sebagai pelanggaran militer dan sesuai saran dari Letnan Jenderal Ahmad Yani yang ketika itu menjabat sebagai Menteri/Panglima Angkatan Darat, maka hampir kurang lebih 150 perwira yang terlibat dalam gerakan tersebut di mana termasuk diantaranya J.E. Habibie (mantan Dubes RI di Belanda) dan Pongky Soepardjo (mantan Dubes RI di Finlandia) dikeluarkan dari dinas Angkatan Laut.

Sikap Martadinata mengenai G30S/PKI[sunting | sunting sumber]

Ketika terjadi pemberontakan G30S/PKI tahun 1965, dalam kapasitas sebagai Menteri/Panglima Angkatan Laut, R.E. Martadinata segera memberikan reaksi mengutuk gerakan tersebut dan menyatakan ALRI bekerjasama dengan AD untuk menumpas G30S/PKI. Tindakannya tersebut ternyata tidak disenangi oleh Presiden Soekarno sehingga jabatannya sebagai Menteri/Panglima Angkatan Laut dicopot dan digantikan oleh Laksamana Muda Muljadi. Martadinata kemudian diangkat menjadi duta besar berkuasa penuh RI untuk Pakistan.

Kepangkatan[sunting | sunting sumber]

  1. Kapten (Act) Mayor - 1950
  2. Mayor Laut - 1953
  3. Letnan Kolonel Laut - 1957
  4. Kolonel Laut - 1959
  5. Komodor Laut - 1959
  6. Laksamana Muda Laut - 1960
  7. Laksamana Madya Laut - 1964
  8. Laksamana - 1966

Pengabdian terakhir[sunting | sunting sumber]

Makam Raden Eddy Martadinata di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun ABRI ke-21, R.E. Martadinata kembali ke Indonesia mendampingi 3 tamu dari Pakistan yaitu Kolonel Laut Maswar bersama istri serta Nyonya Rouf, istri dari Deputi I Kepala Staff Angkatan Laut Pakistan. Pada tanggal 6 Oktober 1966, mereka mengadakan perjalanan menaiki helikopter Alouette II milik ALRI dengan dikemudikan pilot Letnan Laut Charles Willy Kairupan, yang ternyata dalam perjalanan menabrak bukit di Riung Gunung. Kecelakaan tersebut menewaskan seluruh penumpang dan pilot, termasuk Laksamana Laut R.E. Martadinata. Pemerintah RI menganugerahi gelar Pahlawan Nasional karena pengabdiannya untuk negeri ini berdasarkan Surat Keputusan RI No 106/TK/1975.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

R.E. Martadinata menikah dengan Soetiarsih Soeraputra dikarunia 5 putri 2 putra yaitu:

  1. Soehaeny Martadinata
  2. Siti Khadijah Martadinata
  3. Judiati Martadinata
  4. Irzansyah Martadinata
  5. Siti Mariam Martadinata
  6. Vittorio Kuntadi Martadinata
  7. Roswita Riyanti Martadinata

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pahlawan Nasional[sunting | sunting sumber]

Atas jasa dan perjuangannya, R.E. Martadinata dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 220 Tahun 1966 pada tanggal 9 April 1966.[2]

Tanda jasa[3][sunting | sunting sumber]

Baris ke-1 Bintang Republik Indonesia Pratama (10 Januari 1963)[4]
Baris ke-2 Bintang Mahaputera Pratama (15 Februari 1961)[2] Bintang Sakti Bintang Dharma
Baris ke-3 Bintang Gerilya Bintang Jalasena Utama Bintang Sewindu Angkatan Perang Republik Indonesia
Baris ke-4 Satyalancana Kesetiaan 16 Tahun Satyalancana Perang Kemerdekaan I Satyalancana Perang Kemerdekaan I
Baris ke-5 Satyalancana G.O.M I Satyalancana G.O.M II Satyalancana Satya Dharma
Baris ke-6 Satyalancana Wira Dharma Order of Military Merits with Golden Swords (Second rank) - Yugoslavia Grand Officer of the Order of Merit of the Italian Republic - Italia (24 Desember 1959)
Baris ke-7 Commander of the Legion of Merit - Amerika Serikat Knight Grand Cross of the Most Exalted Order of the White Elephant - Thailand (9 Februari 1960) Commander of the Phillipine Legion of Honor - Filipina (30 Agustus 1963)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Laksamana RE MArtadinata", Buku Seri Sejarah Mengenal Pahlawan Indonesia, diakses 1 Februari 2009
  2. ^ a b Daftar WNI yang Mendapat Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera tahun 1959 s.d. 2003 (PDF). Diakses tanggal 3 September 2021. 
  3. ^ Zamzulis Ismail, Burhanuddin Sanna, Indonesia (1994). Siapa Laksamana R. E. Martadinata. Indonesia: Dinas Sejarah TNI-AL. 
  4. ^ Daftar WNI yang Menerima Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia 1959 - sekarang (PDF). Diakses tanggal 4 September 2021. 
Jabatan militer
Didahului oleh:
R. Soebijakto
Kepala Staf TNI Angkatan Laut
20 Juli 1959 - 25 Februari 1966
Diteruskan oleh:
Moeljadi
Jabatan diplomatik
Didahului oleh:
Suadi
Duta Besar Indonesia untuk Pakistan
1966
Diteruskan oleh:
Sjamsul Bachri