Radar Doppler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Doppler effect diagrammatic.svg
The emitted signal toward the car is reflected back with a variation of frequency that depend on the speed away/toward the radar (160 km/h). This is only a component of the real speed (170 km/h).

Radar Doppler adalah radar khusus yang menggunakan efek Doppler untuk menghasilkan data kecepatan tentang obyek di kejauhan. Hal ini dilakukan dengan sinyal microwave menuju target yang diinginkan dan mendengarkan refleksi, kemudian menganalisa bagaimana frekuensi sinyal kembali telah diubah oleh gerak objek. Variasi ini memberikan pengukuran langsung dan sangat akurat dari komponen radial dari target kecepatan relatif terhadap radar. Radar Doppler digunakan dalam penerbangan, sounding satelit, meteorologi, senjata kecepatan polisi, radiologi, dan radar bistatic (rudal permukaan ke udara).

Sebagian karena penggunaan umum sebesar ahli meteorologi televisi dalam pelaporan cuaca on-air, istilah yang spesifik "Doppler Radar" telah keliru menjadi populer identik dengan jenis radar yang digunakan dalam meteorologi. Kebanyakan radar cuaca modern menggunakan teknik pulse-doppler untuk memeriksa gerakan curah hujan, tapi itu hanya bagian dari pengolahan data mereka.

Radar Doppler juga telah diterapkan dalam perawatan kesehatan, seperti deteksi gugur dan penilaian risiko jatuh, untuk menyusui atau tujuan klinik.

Jadi, sementara radar ini menggunakan bentuk yang sangat khusus dari doppler radar, istilah ini jauh lebih luas dalam arti dan aplikasinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Luck, David G. C. (1949). Frequency Modulated Radar. New York: McGraw-Hill.