Raúl Cubas Grau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Raúl Cubas Grau
Presiden Paraguay ke-49
Masa jabatan
15 Agustus 1998 – 29 Maret 1999
Didahului oleh Juan Carlos Wasmosy Monti
Digantikan oleh Luis Ángel González Macchi
Informasi pribadi
Lahir 23 Agustus 1956 (umur 58)
Asuncion, Paraguay
Partai politik Partai Colorado

Raúl Cubas Grau (lahir di Asuncion, Paraguay, 23 Agustus 1943; umur 71 tahun) adalah Presiden Paraguay dari 1998 hingga 1999. Ia adalah anggota Partai Colorado. Sebelum mencalonkan diri dalam pemilu, ia bekerja sebagai seorang insinyur listrik, dan menjabat sebagai menteri keuangan Paraguay dari 1993 hingga ia mengundurkan diri pada April 1996.

Ketika kampanye 1998 dimulai, Jenderal Lino Oviedo menunjuk Cubas sebagai mitranya. Namun, beberapa bulan sebelum pemilu, Oviedo dijatuhi hukuman penjara 10 tahun karena peranannya dalam kudeta 1996 dan karenanya tidak memenuhi syarat. Cubas menggantikannya dan menang, terutama dengan platform membebaskan Oviedo. Malah, tindakannya yang pertama setelah diambil sumpah jabatannya adalah membebaskan sang jenderal. Mahkamah Agung mempertanyakan tindakannya, dan parlemen memulai proses pemecatan terhadap Cubas. Pengadilan belakangan memerintahkan Oviedo kembali dipenjarakan.

Pada awal 1999, wakil presiden Cubas, Luis María Argaña, yang ditunjuk sebagai mitra Cubas untuk mencegah hilangnya kekuasaan Colorados, dibunuh secara brutal, konon sebagai akibat dari pertikaian mengenai pembebasan Oviedo. Cubas dituduh dan protes pun meledak. Dukungannya akhirnya runtuh. Karena ia hampir pasti dipecat dan kehilangan jabatannya, Cubas kemudian mengundurkan diri pada 28 Maret 1999 dan melarikan diri ke Brasil. Ia kembali ke Paraguay pada 2002 dan segera ditangkap dan diadili dengan tuduhan bersekongkol untuk membunuh Argaña.

Pada Oktober 2004, anak perempuannya, Cecilia Cubas diculik dan dibnuh, meskipun Cubas membayar uang tebusan sejumlah US$800.000. Tubuhnya ditemukan di sebuah rumah di luar Asuncion pada bulan Februari 2005. Empat orang lelaki ditangkap, termasuk seseorang yang dituduh terkait dengan gerakan pemberontak Kolombia FARC.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Juan Carlos Wasmosy Monti
Presiden Paraguay
1998-1999
Diteruskan oleh:
Luis Ángel González

Templat:Paraguay Presidents