Ra's al Ghul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ra's Al Ghul)
Ra's al Ghul
Seni oleh Cliff Chiang
Informasi publikasi
PenerbitDC Comics
Penampilan pertamaBatman #232 (Juni 1971)
Dibuat olehJulius Schwartz (konsep/nama)
Dennis O'Neil (penulis)
Neal Adams (ilustrasi)
Informasi dalam cerita
Afiliasi timThe Demon
League of Assassins
Underground Society
Nama alias terkenalRa's, The Demon's Head[1]
Kemampuan
  • Otak kriminal dan teroris
  • Seniman bela diri yang terampil dalam pertarungan tangan
  • Ahli kimia dan pedang
  • Umur panjang dari Kolam Lazarus

Ra's al Ghul/ Rā's al Ghūl (Arab: رأس الغول Raʾs al-Ghūl; "The Head of the Ghoul" atau, dalam terjemahan kasar, "The Chief Demon") adalah penjahat super fiktif yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics, umumnya sebagai musuh dari penjahat yang memerangi kejahatan, Batman. Dibuat oleh editor Julius Schwartz, penulis Dennis O'Neil, dan artis Neal Adams, karakter pertama kali muncul di Batman #232 "Daughter of the Demon" (Juni 1971).[2] Karakter adalah salah satu musuh paling abadi yang dimiliki Batman yang membentuk galeri musuh Batman, meskipun diberi status yang tinggi sebagai penjahat super, ia juga terlibat konflik dengan Superman dan pahlawan lainnya di DC Universe.

Paling terkenal sebagai pemimpin League of Assassins, nama Ra's al Ghul dalam bahasa Arab diterjemahkan menjadi "Kepala Setan".".[3][4] Dia adalah putra Sensei, ayah dari Talia al Ghul, Nyssa Raatko, dan Dusan al Ghul, dan kakek dari pihak ibu Damian Wayne. Cerita yang menampilkan Ra's al Ghul sering melibatkan Kolam Lazarus, yang memulihkan kehidupan bagi yang sekarat. Kolam Lazarus telah memperpanjang kehidupan Ra, membuatnya sangat berbahaya karena ia mengasah keterampilan tempurnya selama berabad-abad.

Ra's al Ghul telah ditampilkan dalam berbagai adaptasi media. Karakter itu disuarakan/diperankan oleh David Warner dalam Batman: The Animated Series, Liam Neeson dalam The Dark Knight Trilogy, Jason Isaacs di Batman: Under the Red Hood, Dee Bradley Baker di permainan video Batman: Arkham, Matt Nable di serial televisi Arrowverse, dan Alexander Siddig di Gotham.

Daftar IGN dari Top 100 Comic Book Villains of All Time List memberi peringkat Ra ke #7.[5]

Batman Begins (2005)[sunting | sunting sumber]

Dalam Batman Begins di kisahkan Ra's al Ghul adalah orang yang melatih Bruce Wayne teknik beladiri tingkat tinggi,teknik meloloskan diri, teknik memata-matai (spionase) atau intelejensia, teknik menghilang serta berkamuflase dalam gelap dan yang terpenting Ra's al Ghul mengajarkan Bruce untuk menghilangkan trauma masa kecilnya yang mendalam akan kehilangan kedua orang tuanya.

Tapi ironisnya di akhir cerita Bruce Wayne yang telah berubah menjadi Sang Kesatria Malam dengan terpaksa harus berhadapan dan menghabisi gurunya sendiri Ra's al Ghul yang berniat membumi hanguskan Gotham City.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Detective Comics (vol. 1) #840 (Maret 2008)
  2. ^ McAvennie, Michael; Dolan, Hannah, ed. (2010). "1970s". DC Comics Year By Year A Visual Chronicle. Dorling Kindersley. hlm. 145. ISBN 978-0-7566-6742-9. Writer Denny O'Neil once stated that he and artist Neal Adams 'set out to consciously and deliberately to create a villain...so exotic and mysterious that neither we nor Batman were sure what to expect.' Who they came up with was arguably Batman's most cunning adversary: the global eco-terrorist named Ra's al Ghul. 
  3. ^ Detective Comics (vol. 1) #411 (Mei 1971) "Editor's Note: In Arabic, 'The Demon's Head'! Literally, Al Ghul signifies a mischief-maker, and appears as the Ghoul of the Arabian Nights!"
  4. ^ Batman Villains Secret Files & Origins #1 (1998) and Arrow (TV series). "Ra's al Ghul's true name is lost in the sands of time. Of all the Dark Knight's foes, 'The Ghoul's Head', as his name translates from Arabic, is perhaps the most dangerous."
  5. ^ "Ra's Al Ghul Is Number 7". IGN.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Birds of Prey Templat:Deathstroke Templat:Legion of Super-Heroes

Templat:Green Arrow