RSM-56 Bulava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bulava (bahasa Rusia: . Булава , lit " mace "; penunjukan RSM - 56 , NATO pelaporan nama SS-NX-32, Grau indeks 3M30) adalah rudal balistik kapal selam ( SLBM ) dikembangkan untuk Angkatan Laut Rusia dan disebarkan tahun 2013 tentang baru rudal balistik kapal selam nuklir kelas Borei.

Hal ini dimaksudkan sebagai landasan masa depan triad nuklir Rusia , dan merupakan proyek senjata paling mahal di negeri ini. [ 6 ] Senjata mengambil namanya dari Bulava , kata Rusia untuk fuli , dan dirancang sebagai mitra untuk USA Trident II meskipun ukuran dan kemampuan payload lebih dekat untuk dinonaktifkan Trident I.

Dirancang oleh Moscow Institute of Thermal Technology, pengembangan rudal itu diluncurkan pada akhir 1990-an sebagai pengganti R-39 berbahan bakar padat SLBM. [ 4 ] Diharapkan pertama tiga kapal selam kelas Borei akan membawa 16 rudal, sementara lima kapal berikut akan membawa 20 rudal. Pengembangan dan penyebaran rudal Bulava dalam Angkatan Laut Rusia tidak terpengaruh oleh penegakan perjanjian START baru. [ 7 ]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]