RSIA Muhammadiyah Taman Puring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
RSIA Muhammadiyah Taman Puring
Koordinat

Peta lokasi RSIA Muhammadiyah Taman Puring
Moto:
Yayasan
Didirikan
Dasar hukum Swasta
Direktur utama
Status
Tipe RS
Akreditasi
Kapasitas pasien
Ruang operasi
Pengunjung
SDM
UGD
Alamat Jl. Gandaria I, No.20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Provinsi Jakarta
Negara Indonesia
Telepon +62-21-7208358
Faksimili +62-21- 7234823
Affiliasi PKU Muhammadiyah

Web resmi: http://www.rsiamtp.com/

RS Ibu dan Anak Muhammadiyah Taman Puring merupakan salah satu rumah sakit yang ada di kota Jakarta Selatan, Indonesia, merupakan salah satu amal usaha Pembina Kesejahteraan Umat Muhammadiyah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak disahkannya kepengurusan Persyarikatan Muhammadiyah Kebayoran Baru oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tahun 1952 telah terbentuk di dalamnya bagian PKO (Penolong Kesejahteraan Oemat), dan pada tahun 1962 Djawatan Kesehatan Kota Jakarta memberikan ijin penyelenggaraan Persalinan. Pada tahun 1969 resmilah berdiri Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA) Muhammadiyah di Kebayoran Baru.

Dikarenakan adanya keterbatasan pada saat itu, antara tahun 1986 sampai 1991 Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kebayoran Baru yang dijabat HS Prodjokusumo mengadakan kerja sama dalam pengelolaan BKIA ini dengan Yayasan RS Islam Jakarta (dalam hal ini RS Islam Cempaka Putih). BKIA ini kemudian berubah menjadi Rumah Bersalin Muhammadiyah (RBM) Taman Puring.

Seiring perkembangan dengan jumlah dan jenis pelayanan yang semakin meningkat pada tahun 1999 RBM Taman Puring mendapat ijin operasional sebagai Rumah Sakit Bersalin (RSB). Rumah Sakit Bersalin Muhammadiyah Taman Puring terus berbenah dan mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang profesional dan Islami, sehingga pada 2005 dengan ijin Allah RSB Muhammadiyah Taman Puring mampu memperluas lahan dan membangun gedung 4 tingkat beserta basement.

Tekad, ikhtiar dan kerja sama keluarga besar Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kebayoran Baru dalam berkhidmat kepada ummat tidak pernah berhenti. Dalam bidang kesehatan, melalui Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat PCM Kebayoran Baru terus mengembangkan Amal Usaha Muhammadiyah RSB ini sehingga alhamdulillah melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor Y.M.02.04.3.5.972 bertanggal 12 Februari 2007 RSB Muhammadiyah bermetamorfosis menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak Muhammadiyah Taman Puring.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]