RPK-2 Viyuga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

RPK-2 Viyuga (Rusia: РПК - 2 Вьюга, berarti badai salju), juga ditunjuk 81R, dan diidentifikasi oleh NATO sebagai Starfish dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai SS-N-15, adalah kapal selam Rusia, yang sistem rudal anti-kapal selam bersenjata nuklir, diluncurkan secara eksklusif melalui tabung torpedo 533mm.

Analog dengan rudal Subroc sekarang pensiun dibawa oleh kapal selam Angkatan Laut AS, ia dirancang untuk ditembakkan dari tabung torpedo 533 mm (21 in). Hal ini didorong oleh pilihan mekanisme tergantung pada model sebelum membersihkan air, menembakkan roket bahan bakar padat dan memberikan muatan sampai dengan 45 km (28 mil) jauhnya. Payload berkisar dari biaya kedalaman sederhana untuk 200 kt hulu ledak nuklir.

RPK-2 menggunakan torpedo 82R atau kedalaman nuklir 90R di versi 533 mm, dan torpedo 83R membawa atau muatan nuklir kedalaman 86R versi 650 mm.

Kedua kapal selam dan permukaan meluncurkan versi ada. Versi meluncurkan permukaan digunakan oleh Slava, Kirov, Neustrashimyy dan kelas Udaloy. Versi meluncurkan kapal selam digunakan oleh Akula, Oscar, Topan, Delta, Kilo, dan kelas Borei.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]