Qutub Minar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Qutub Minar
Qutub Minar
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  India
Tipe Budaya
Kriteria (iv)
Kawasan UNESCO Asia Selatan
Tahun pengukuhan 1993 (sesi Ke-17)

Qutub Minar ( Urdu : قطب مینار) adalah menara tertinggi di India, awalnya sebuah Monumen Islam kuno, ditulis dengan hiasan kaligrafi Arab. Qutub Minar merupakan menara batu bata tertinggi di dunia yang mempunyai ketinggian 72,5 meter.[1]

Struktur[sunting | sunting sumber]

Mengenai struktur bangunan, Qutub Minar tersusun dari batu pasir merah dengan diameter 14,32 meter di dasarnya dan sekitar 2,75 meter di bagian atasnya.

Qutub Minar terdiri dari tiga tingkatan dimana pada setiap lantainya dikelilingi oleh balkon melingkar dan didukung oleh kurungan batu yang dihiasi desain sarang lebah. Struktur yang lebih mencolok bisa ditemukan pada lantai pertama. Ada 379 anak tangga menuju puncak, namun wisatawan kini tidak diperbolehkan naik.

Bangunan menara juga dihiasi berbagai prasasti dalam bahasa Arab. Secara tertulis ini mengungkapkan sejarah pembangunan Qutub. Menurut tulisan di permukaannya, ada keterangan jika Qutub Minar pernah diperbaiki oleh Firoz Shah Tughlaq (AD 1351-1388) dan Sikandar Lodi (AD 1489-1517).[2]

Di dalam kompleks, Anda juga akan menemukan Pilar Besi yang terdata dari abad ke-4 Masehi. Pilar tersebut dibangun dari 98 persen besi tempa dan telah berdiri di sana tanpa berkarat atau mengalami penguraian.

Kompleks Qutb[sunting | sunting sumber]

Di dalam kompleks Qutb sendiri — meski menara merupakan komponen paling penting — ada peninggalan sejarah lain yang juga sangat menarik, yaitu Masjid Quwwat-ul-Islam dan Iron Pillar atau Pilar Besi.

Masjid Quwwat-ul-Islam adalah masjid tertua di Delhi setelah Islam menguasai India. Pembangunannya sendiri dimulai satu tahun setelah pembangunan Qutb Minar. Masjid ini juga sering disebut Masjid Jami’, Masjid Qutb, atau Masjid Besar Delhi

Sebenarnya Qutb Minar merupakan menara dari Masjid Quwwat-ul-Islam, yang digunakan oleh muazin untuk mengumandangkan azan. Namun, kedua bangunan tersebut seolah-olah jadi dua bangunan yang berbeda. Mungkin karena menara Qutb sangat besar dan tinggi sehingga seperti menjadi bangunan tersendiri

Pilar Besi Delhi merupakan arsitektur yang telah menarik minat ilmuwan dari berbagai belahan dunia. Pilar ini dibangun pada abad ke-4 sebagai penghormatan bagi Raja Candragupta II. Tingginya 7,2 meter dan di puncak pilar ada ornamen burung Garuda. Meski telah berdiri lebih dari 1600 tahun di udara terbuka, tiang besi ini sama sekali tidak berkarat.

Bangunan lain yang ada di kompleks ini adalah Alai Minar, nisan Alauddin Khilji, madrasah, serta makam Adham Khan. Keseluruhan kompleks ditumbuhi oleh rumput hijau yang kontras dengan bata merah bangunan-bangunan di kompleks.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Menara tertinggi di dunia : Qutub Minar di India". 13 March 2013. 
  2. ^ Verma, Richi (24 January 2009). "Qutub Minar tilting due to seepage: Experts". The Times of India. Diakses 30 June 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gallery[sunting | sunting sumber]