Quintette du Hot Club de France

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Quintette du hot club de France

Quintette du Hot Club de France atau sering kali disingkat dengan “QdHCdF” (“The Quintet of the Hot Club of France”) merupakan grup musik beraliran jazz yang didirikan di Prancis pada tahun 1934 oleh gitaris Django Reinhardt dan pemain biola Stéphane Grappelli, dan aktif dalam satu bentuk atau lain sampai tahun 1948.[1] Grup musik ini terdiri dari personel di bawah ini:

Quintette du Hot Club de France, pada awalnya merupakan sebuah kwintet allstring yang terdiri dari biola, bass dan tiga gitar akustik, memperkenalkan suara jazz baru dan menyebabkan sensasi di Eropa.[2] Tetapi dengan pecahnya kelompok, Django Reinhardt harus memulainya dari awal, ia mengorganisir sebuah band baru yang pada awalnya juga menggunakan judul Quintette du Hot Club de France meskipun akhirnya ditagih di bawah nama gitaris.[2] Alih-alih gitar ketiga, seorang drumer dimanfaatkan sementara ketika tempat Stephane Grappelli itu diambil oleh pemain klarinet Hubert Rostaing, yang merupakan bagian dari kelompok Django sampai 1948.[2]

The Quintette du Hot Club de France secara umum dianggap sebagai sejarah jazz hingga menjadi band terbesar di Eropa.[3] Grup musik ini memulai pertunjukkannya pada sesi informal yang diadakan antara set (jeda) di Hotel Claridge (37 Rue Francois 1er.) di Paris pada tahun 1933.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Biography". http://www.bbc.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-07. Diakses tanggal 25 Juni 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  2. ^ a b c d "Quintette du Hot Club de France". http://www.redhotjazz.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-26. Diakses tanggal 25 Juni 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  3. ^ a b "Quintette du Hot Club de France". Diakses tanggal 25 Juni 2014.