Putri Marilène dari Oranye-Nassau, van Vollenhoven

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Putri Marilène
Putri Marilène dari Oranye-Nassau, van Vollenhoven
Pasangan Pangeran Maurits
Anak
Anastasia van Lippe-Biesterfeld van Vollenhoven
Lucas van Lippe-Biesterfeld van Vollenhoven
Felicia van Lippe-Biesterfeld van Vollenhoven
Nama lengkap
Marie-Helène Angela
Ayah Hans van den Broek
Ibu Josee van den Broek-van Schendel
Lahir 4 Februari 1970 (umur 44)
Rheden, Belanda

Putri Marie-Hélène Angela "Marilène" dari Oranye-Nassau, van Vollenhoven-van den Broek (nama asli: Marie-Hélène Angela van Vollenhoven-van den Broek, terlahir dengan nama keluarga: van den Broek, lahir di Rheden, Belanda, 4 Februari 1970; umur 44 tahun) adalah istri dari Pangeran Maurits dari Oranye-Nassau, van Vollenhoven, dan merupakan anggota keluarga Kerajaan Belanda hingga dinobatkannya Willem-Alexander sebagai raja pada tahun 2013. Alasan dihilangkannya posisi sebagai keluarga kerajaan karena hubungan yang terlalu jauh dengan monarki yang berkuasa.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Putri Marilène lahir di Dieren, Rheden. Ia adalah putri bungsu Hans van den Broek dan Josee van den Broek-van Schendel. Marilène van den Broek menjalani pendidikan diploma di Wassenaar pada tahun 1988. Ia menjalani pendidikan di Universitas Groningen pada tahun 1988 hingga 1994, dimana disana ia memperoleh gelar M.Sc dibidang Administrasi Bisnis. Putri Marilène bekerja di Rijksmuseum Amsterdam, atau museum nasional Belanda hingga saat ini.

Pernikahan dan anak[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Pangeran Maurits dari Oranye-Nassau, van Vollenhoven di Apeldoorn dalam suasana sipil pada 29 Mei 1998, diikuti dengan upacara pernikahan resmi keesokan harinya. HH Pangeran Maurits adalah putra sulung Putri Margriet dari Belanda dan Pieter van Vollenhoven. Putri Marilène dan Pangeran Maurits memiliki tiga putra, yang tidak menyandang gelar apapun, namun berdasarkan dekrit kerajaan pada 26 Mei 1998, mereka menyandang nama keluarga "van Lippe-Biesterfield van Vollenhoven":

  • Anastasia (Anna) Margriet Joséphine van Lippe-Biesterfeld van Vollenhoven, lahir di Amsterdam pada 15 April 2001.
  • Lucas Maurits Pieter Henri van Lippe-Biesterfeld van Vollenhoven, lahir di Amsterdam pada 26 Oktober 2002.
  • Felicia Juliana Bénedicte Barbara van Lippe-Biesterfeld van Vollenhoven, lahir di Amsterdam pada 31 Mei 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]