Hwawan dari Joseon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Putri Hwawan)

Putri Hwawan (Hangul: 화완옹주, Hanja: 和缓翁主, Hwawan Ongju) (1737 - 1808) merupakan seorang putri kerajaan yang berasal dari Dinasti Joseon

Biografi[sunting | sunting sumber]

Putri Hwawan lahir pada tahun 1737. Ia merupakan putri ketiga Raja Yeongjo. Ibundanya adalah Selir Yeong dari wangsa Lee. Ia menikah dengan Ilseongwi Jeong Chidal (Hangul: 정치달, Hanja: 鄭致達). Mereka memiliki seorang putri yang meninggal pada usia 2 tahun. Pasangan tersebut memiliki seorang anak angkat, Jeong Hugyeom (Hangul: 정후겸, Hanja: 鄭厚謙) (1749-1776). Jeong Chidal mati muda dan Putri Hwawan menjadi seorang janda.

Putri Hwawan tidak memiliki hubungan baik dengan kakak laki-lakinya, Pangeran Sado (dari ibu yang sama), yang iri akan hubungan dekatnya dengan ayahanda mereka (Hubungan Pangeran Sado dengan Raja Yeongjo tidak begitu baik). Ia sekongkol dengan istri kedua Raja Yeongjo, Jeongsun, untuk memperangkap Sado, yang pada akhirnya membuatnya dieksekusi.

Akhirnya rencana Putri Hwawan diketahui oleh Raja Jeongjo, putra Pangeran Sado dan keponakan Putri Hwawan, dan ia kemudian diasingkan. Ia diijinkan kembali ke istana kerajaan pada tahun 1782, tetapi diasingkan kembali pada tahun 1784. Ia meninggal pada tahun 1808, pada hari ketujuh belas bulan kelima pada tahun kedelapan pada masa pemerintahan Raja Sunjo, di Paju (Hangul: 파주, Hanja: 坡州).

Silsilah[sunting | sunting sumber]