Ariane dari Belanda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Putri Ariane dari Belanda)
Putri Ariane
Potret resmi, 2014
Kelahiran10 April 2007 (umur 16)
Den Haag, Belanda
WangsaWangsa Oranye-Nassau
Nama lengkap
Ariane Wilhelmina Máxima Inés
AyahRaja Willem-Alexander dari Belanda
IbuMáxima Zorreguieta Cerruti

Putri Ariane dari Belanda, Putri Oranye-Nassau (Ariane Wilhelmina Máxima Inés) (lahir 10 April 2007) adalah anggota keluarga kerajaan Belanda. Ia adalah putri termuda dari raja Willem-Alexander dan Ratu Máxima dari Belanda.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Putri Ariane lahir di HMC Bronovo diDen Haag pada pukul 21:56 waktu setempat pada 10 April 2007 sebagai anak ketiga dan putri bungsu dari Raja Willem-Alexander dari Belanda dan Ratu Máxima dari Belanda. Perdana Menteri Balkenende berpidato kepada masyarakat tak lama kemudian dan mengatakan ibu dan anak itu sehat dan baik-baik saja. Keesokan paginya, ayahnya muncul di televisi bersama putri barunya. Nama bayi itu diumumkan pada 26 Oktober, saat kelahirannya didaftarkan di Den Haag.

Putri Ariane dibaptis di Kloosterkerk, Den Haag pada tanggal 29 Oktober 2007. Vikaris Deodaat van der Boon menggunakan air dari Sungai Yordan untuk membaptis sang putri, yang mengenakan gaun pembaptisan yang pertama kali dikenakan oleh Putri Wilhelmina pada tahun 1880. Lebih dari 850 tamu diundang untuk hadir, termasuk orang tua Putri Máxima dan perdana menteri Belanda Jan Peter Balkenende. Wali baptisnya adalah Pewaris Adipati Agung Guillaume dari Luksemburg, Baron Tijo Collot d'Escury, Antoine Frilling, Valerie Delger, dan Inés Zorreguieta.

Putri Ariane menghadiri Christelijk Gymnasium Sorghvliet di Den Haag. Pada Mei 2023, Pengadilan Kerajaan Belanda mengumumkan bahwa sang Putri akan melanjutkan studi sekolah menengahnya di UWC Adriatic di Italia. Dia berbicara bahasa Belanda, Inggris dan Spanyol.

Gelar dan gaya[sunting | sunting sumber]

Gelar dan gaya lengkap Ariane adalah "Yang Mulia Putri Ariane dari Belanda, Putri Oranye-Nassau.

Ariane dari Belanda
Cabang kadet Wangsa Amsberg
Lahir: 10 April 2007
Belanda
Didahului oleh:
Putri Alexia
Urutan suksesi tahta Belanda
posisi ke 3
Diteruskan oleh:
Pangeran Constantijn
Britania
Didahului oleh:
Putri Alexia dari Belanda
Urutan suksesi tahta Inggris Diteruskan oleh:
Pangeran Friso dari Oranye-Nassau