Putri Hwawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Puteri Hwawan)
Langsung ke: navigasi, cari

Puteri Hwawan (Hangul: 화완옹주, Hanja: 和缓翁主) (1737 - 1808) merupakan seorang puteri dari Kerajaan Joseon

Biografi[sunting | sunting sumber]

Puteri Hwawan lahir pada tahun 1737. Ia merupakan putri ketiga Raja Yeongjo dari Joseon. Ibunya adalah salah satu dari selir Yeongjo, Selir Agung Yeong dari Klan Lee. Ia menikah dengan Ilseongwi Jeong Chidal (Hangul: 정치달, Hanja: 鄭致達). Mereka memiliki seorang putri yang meninggal pada usia 2 tahun. Pasangan tersebut memiliki seorang anak pungut, Jeong Hugyeom (Hangul: 정후겸, Hanja: 鄭厚謙) (1749-1776). Jeong Chidal mati muda, membuat Puteri Hwawan menajdi seorang janda.

Puteri Hwawan tidak memiliki hubungan baik dengan adik laki-lakinya, Putra Mahkota Sado (yang juga dilahirkan oleh Selir Agung Yeong), yang iri akan hubungan dekatnya dengan ayah mereka (Hubungan Putra Mahkota Sado dengan Raja Yeongjo tidak begitu baik). Ia bergabung dengan istri kedua Raja Yeongjo, Ratu Jeongsun, untuk memperangkap Sado, yang pada akhirnya membuatnya dieksekusi.

Akhirnya, rencana Puteri Hwawan dipergoki oleh Raja Jeongjo dari Joseon, putra Putra Mahkota Sado dan keponakan Puteri Hwawan, dan ia dbuang kepengasingan. Ia diijinkan untuk kembali ke istana kerajaan pada tahun 1782, namun dikirim ke pengasingan permanen pada tahun 1784. Ia meninggal pada tahun 1808, pada hari ketujuh belas bulan kelima pada tahun kedelapan di masa pemerintahan Raja Sunjo dari Joseon, di Paju (Hangul: 파주, Hanja: 坡州).

Silsilah[sunting | sunting sumber]