Pusdik Infanteri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pusat Pendidikan Infanteri
Pusat Kesenjataan
Infanteri TNI AD
Pusat Pendidikan Infanteri.png
Lambang Pusdik Infanteri
Masa tugas
Negara Indonesia
Angkatan TNI Angkatan Darat
Tipe unit Pusat Pendidikan Infanteri
Bagian dari Tentara Nasional Indonesia
Markas Bandung, Jawa Barat
Julukan Pusdikif

Pusat Pendidikan Infanteri biasa disingkat Pusdikif merupakan lembah kawah candra dimuka bagi prajurit infanteri, Pusdikif berada di bawah jajaran Pusat Kesenjataan Infanteri, Kodiklat TNI AD.

Tugas Pusdikif[sunting | sunting sumber]

1. Umum. Pusat pendidikan Infanteri ( Pusdikif ) merupakan badan pelaksana Pussenif Kodiklat TNI AD yang bertugas pokok menyelenggarakan pendidikan dan latihan kecabangan infanteri terhadap para pewira, bintara dan tamtama. Pendidikan dan latihan yang dilaksanakan terdiri dari pendidikan pertama / pembentukan tahap II perwira, pendidikan pengembangan umum perwira dan pendidikan pengembangan spesialisasi perwira, bintara dan tamtama. Penyelenggaraan pendidikan di Pusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD senantiasa berpedoman pada ketentuan dan peraturan yang berlaku di jajaran TNI AD. Pusdikif sebagai lembaga pendidikan yang bernaung dibawah Pussenif Kodiklat TNI AD mempunyai peran yang sangat penting dan dominan dalam membentuk dan menyiapkan prajurit sekaligus kader pimpinan masa depan sesuai tujuan dan sasaran pendidikan yang telah ditetapkan.

2. Tujuan pendidikan. Mendidik, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan peseta didik ( Pa / Ba ) agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai strata dan bidangnya masing-masing, baik kemampuan umum maupun khusus.

3. Pengertian-pengertian :

  • Peserta didik. Adalah semua prajurit TNI AD berpangkat Sersan Dua sampai dengan Kolonel.
  • Pasis ( Perwira Siswa ).Adalah sebutan untuk peserta didik Perwira.
  • Basis ( Bintara Siswa ). Adalah sebutan untuk peserta didik Bintara.
  • Atasan Langsung. Adalah semua atasan yang mempunyai hubungan Komando langsung baik teknik, teknis maupun administratif paling rendah Komandan Satuan Pendidikan (Dansatdik).
  • Ankum. Adalah atasan yang berhak menghukum yang berlaku di Pusdikif, Dansatdik ditunjuk sebagai Ankum terbatas.
  • Perwalian. Perwalian adalah sejumlah peserta didik yang dipilih oleh peserta didik lainnya atas dasar musyawarah yang berfungsi sebagai mediator untuk menyampaikan aspirasi peserta didik kepada unsur Komando dalam rangka pengembangan pendidikan, baik kegiatan kurikuler maupun kegiatan extra kurikuler.
  • Sindikat. Adakah sekelompok peserta didik dalam jumlah tertentu yang ditetapkan berdasarkan Surat Perintah Dinas untuk melaksanakan kegiatan bersama dalam rangka proses belajar mengajar untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan secara opotimal.
  • Pra Test. Adalah suatu bentuk tes / evauasi pada awal pendidikan sebelum penyelenggaraan pelajaran kurikuler dimulai, tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki peserta didik.
  • Ujian. Adalah suatu bentuk tes / evaluasi yang bertujuan untuk mengukur sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah diajarkan dapat diterima oleh peserta didik.
  • Ujian. Adalah suatu bentuk tes / evaluasi yang bertujuan untuk mengukur sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah diajarkan dapat diterima oleh peserta didik.
  • Ujian tertulis. Adalah suatu bentuk tes / evaluasi yang menggunakan naskah ujian sebagai alat evaluasi dan harus dijawab oleh peserta didik secara tertulis.
  • Ujian praktek. Adalah suatu bentuk tes / evaluasi pelajaran untuk mengukur tingkat kemampuan / keterampilan peserta didik dalam mengikuti pelajaran yang bersifat praktek.
  • Ujian susulan. Adalah suatu bentuk tes / evaluasi yang dilakukan secara tertulis/praktek bagi peserta didik yang pada waktu diselenggarakan ujian sesuai dengan jadwal mingguan, tidak hadir / tidak dapat mengikuti ujian dengan alasan yang sah.
  • Ujian ulangan. Adalah suatu bentuk tes / evaluasi bagi peserta didik yang belum mencapai nilai batas lulus yang telah ditentukan, dilakukan secara tertulis / praktek.
  • Nilai batas lulus. Adalah batas nilai inimal yang harus dicapai oleh peseta didik sampai akir mengikuti pendidikan. Nilai batas lulus untuk masing-masing aspek.

Komandan Pusdikif[sunting | sunting sumber]

Saat ini Pusdikif dijabat oleh Kolonel Inf K.Dewantara mengantikan Kolonel Inf Hartomo yang mendapat promosi jabatan sebagai Komandan Secapad.

  1. Letkol Inf Kusno Oetomo
  2. Letkol Inf A.Latief
  3. Letkol Inf M.Setiadi
  4. Letkol Inf Sahirjan
  5. Letkol Inf Sutarno
  6. Letkol Inf Edi Sukardi
  7. Letkol Inf Broto Soewojo
  8. Letkol Inf Sentot Iskandar Dinata
  9. Letkol Inf Sudjono
  10. Letkol Inf Wachman
  11. Letkol Inf Soemitro
  12. Letkol Inf S.Tjakradipura
  13. Letkol Inf Soemitro
  14. Letkol Inf Katamso Darmokusumo
  15. Letkol Inf Soerahmat
  16. Letkol Inf Saptaji Hadi Prawiro
  17. Kolonel Inf D.Affandi
  18. Kolonel Inf Hadi Soeroyo
  19. Kolonel Inf Soekindarto
  20. Kolonel Inf A.Oesman
  21. Kolonel Inf Edi Sudradjat
  22. Kolonel Inf Y.Simangunsong
  23. Kolonel Inf A.Lubis
  24. Kolonel Inf A.Muchtar
  25. Kolonel Inf Tukimin
  26. Kolonel Inf Ichsanidien
  27. Kolonel Inf Soedaryanto
  28. Kolonel Inf SDT. Sumendap
  29. Kolonel Inf Sri Hardjendro
  30. Kolonel Inf Marsingit Modjo
  31. Kolonel Inf Albert Inkiriwang
  32. Kolonel Inf Syamsul Maparepa
  33. Kolonel Inf Adrianus Taroreh
  34. Kolonel Inf Drs.Hadi Suharto,S.Ip
  35. Kolonel Inf Eko Irianto
  36. Kolonel Inf Toni SB Hoesodo
  37. Kolonel Inf Asiz Wanto
  38. Kolonel Inf Tatang Adi Cahyono
  39. Kolonel Inf Nono Suharsono
  40. Kolonel Inf Agus Kriswanto
  41. Kolonel Inf Hartomo
  42. Kolonel Inf K. Dewantara (2012 - 2013)
  43. Kolonel Inf Yusep Sudrajat (2013 - sekarang)