Pusat kebugaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lantai yang luas di sebuah pusat kebugaran
Lokasi angkat beban di pusat kebugaran

Pusat kebugaran (juga dikenal sebagai klab kebugaran, klab fitnes, klab kesehatan, atau kadang disebut gym) adalah tempat yang menyimpan alat latihan fisik untuk keperluan latihan fisik demi kebugaran.

Layanan dan fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kawasan latihan utama[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan pusat kebugaran memiliki kawasan latihan utama, yang kebanyakan terdiri atas alat latihan beban termasul dumbel, barbel alat-alat latihan fisik. Kawasan ini biasanya dipasangi cermin untuk mengawasi dan menjaga postur tubuh yang benar ketika berolah raga.

Sebuah gym biasanya umumnya terdiri dari alat angkat beban bebas (dumbbel dan barbel), sebagai lawan dari alat atau mesin latihan, biasanya disebut gym besi hitam berdasarkan warna umum pelat beban barbel.[1]

Kawasan kardio /Teater[sunting | sunting sumber]

Teater kardio termasuk treadmil, sepeda statis dan tampilan televisi

Kawasan teater kardio biasanya terdiri atas berbagai macam alat yang terkait dengan latihan kardiovaskuler, seperti alat dayung, sepeda statis, alat latih eliptis, dan treadmil. Kawasan ini biasanya termasuk beberapa jenis perangkat tampilan audio-visual (baik terintegrasi dengan alat, atau terpasang di dinding) sebagai hiburan bagi orang yang tengah berlatih kala waktu latihan kardio yang panjang.

Group exercise classes[sunting | sunting sumber]

Kelompok latihan kelas Spin-cycle

Kebanyakan pusat kebugaran modern menawarkan berbagai kelas yang dibimbing oleh instruktur fitnes bersertifikat. banyak jenis kelas latihan berkelompok yang ditawarkan, tetapi kebanyakan berdasarkan senam aerobik, bersepeda (spin cycle), tinju atau beladiri, latihan intensitas tinggi, step, yoga, pilates, latihan otot, dan kelas bela diri lain seperti karate, Taekwondo, Krav Maga, dan Jiu-Jitsu Brasil. Klub kebugaran yang memiliki fasilitas kolam renang biasanya juga menawarkan kelas aerobik air. Instruktur umumnya harus memiliki sertifikat pendidikan olahraga agar dapat menjamin keselamatan peserta latihan.

Fasilitas olahraga[sunting | sunting sumber]

beberapa pusat kebugaran menawarkan fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan squash, lapangan tenis, lapangan futsal, lintasan atletik, hingga ring tiinju. Dalam beberapa kesempatan, biaya tambahan dikenakan untuk fasilitas tambahan ini.

Latihan pribadi[sunting | sunting sumber]

latihan pribadi di gym.

Kebanyakan pusat kebugaran mempekerjakan pelatih pribadi (personal trainer) yang memberikan nasehat dan konsultasi mengenai latihan/kebugaran/gizi/dan nasehat kesehatan untuk peserta. Pelatih pribadi ini dapat merancang pola latihan rutin, kadang termasuk rancangan asupan gizi, untuk membantu kliennya mencapai tujuan latihan, seperti penurunan berat badan. Mereka juga mengawasi dan melatih anggota. Kebanyakan menyewa pelatih pribadi menerapkan biaya per jam.

Layanan lain[sunting | sunting sumber]

Pusat kebugaran modern biasanya memiliki fasilitas toko kesehatan, bar kudapan, restoran, tempat penitipan anak, lounge anggota, dan cafe. Ada pula yang menawarkan fasilitas sauna, pancuran mandi, atau menyediakan layanan spa dan pijat. Tren terbaru adalah menggalakan pusat kebugaran ramah lingkungan dengan memasukkan prinsip "hidup hijau" dalam kegiatan kebugarannya.

Tingkat pelayanan dan penawaran[sunting | sunting sumber]

Berbagai pusat kebugaran menawarkan banyak layanan berbeda, akibatnya biaya keanggotaan bulanannya dapat bervariasi. Beberapa studi terbaru di Amerika Serikat menunjukkan bahwa biaya keanggotaan bulanan berkisar antara $15 AS per bulan di klab dasar denganlayanan terbatas, hingga lebih dari $200 AS per bulan untuk klub kesehatan yang berorientasi spa yang juga melayani keluarga, karyawan, atau yang mencari lingkungan pergaulan di samping berolahraga. Sebagai tambahan ada pula pusat kebugaran yang menawarkan biaya sekali datang.

Biaya dapat begitu bervariasi, dan terdapat layanan keanggotaan tingkat tinggi, seperti keanggotaan seumur hidup atau tahunan. Jenis keanggotaan seperti ini mahal pada awal pembayaran, tetapi terhitung lebih murah jika dihitung per bulan. Hal ini menguntungkan bagi mereka yang rajin berolahraga dan mengunjungi pusat kebugaran.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pusat kebugaran publik pertama kali muncul di Paris, Perancis, pada tahun 1847.[2] Akan tetapi Scott Roberts melacak sejarah pusat kebugaran untuk khalayak pada tahun 1947 di Santa Monica, California.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ New York Magazine, Apr 24, 1989, p. 117
  2. ^ Buck, Josh (1999-120-01). "The Evolution of Health Clubs". Club Industry. ClubIndustry. Diakses 2010-12-27. "Hippolyte Triat, mantan orang kuat vaudeville, membuka gymnasium di Paris pada 1847, tampaknya karena menjawab ketertarikan yang meningkat akan latihan olahraga. Gymnase Triat penting karena merupakan klub pertama yang menerapkan biaya keanggotaan; gymnasium ini memiliki biaya berbeda untuk laki-laki, perempuan, dan anak-anak [...]" 
  3. ^ Roberts, Scott (1996). The business of personal training 1995. Human Kinetics. hlm. 8. ISBN 978-0-87322-605-9. Diakses 2010-12-27. "Klub kesehatan paling awal yang dirancang untuk khalayak umum mungkin adalah klub yang dibuka pada tahun 1947 ketika Vic Tanny membuka fasilitas latihan di loft Second Street di Santa Monica, California."