Purie Andriani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Purie)

Purie Andriani
LahirPurie Andriani
9 Agustus 1985 (umur 38)
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Pekerjaanpenyanyi
Suami/istri
Hera Hermawan
(m. 2012)
AnakAbima (l. 2013)
Abiyan (l. 2016)
Abiwa (l. 2021)
Karier musik
GenrePop, R&B
Tahun aktif2007–sekarang
LabelEMI Music Indonesia
Universal Music Indonesia
AnggotaMahadewi (2009-2013, 2023-sekarang)
Mantan anggotaDewi Dewi (2007-2008)

Purie Andriani (lahir 9 Agustus 1985) adalah personel grup vokal MahaDewi.

Biografi singkat[sunting | sunting sumber]

Terlahir sebagai putri ke 2 Bpk. H. Moh. Effendie dan Ibu Hj. Ani Adriati yang diberi nama PURIE ANDRIANI, ada sepucuk harapan dan doa untuk gadis kecilnya kelak menjadi gadis yang sholehah, sukses dan mandiri.

Purie dari kecil sudah diikut sertakan lomba nyanyi anak dan sederet prestasi telah berhasil diraihnya, melihat potensi yang dimiliki anak gadis semata wayangnya, kedua orang tua Purie dengan dukungan penuh untuk mewujudkan cita-citanya dari main di café hingga pada tahun 2003 mengikuti ajang pencarian bakat AFI 2 mewakili kota Jakarta dengan 2 finalis lainnya Cindy dan Mickey, sayangnya Purie harus tersenggol di babak awal untuk bergabung dengan 12 peserta lainnya, tetapi tidak hanya berputus asa disitu, Purie mengikuti ajang pencarian bakat lainnya yaitu Dewa 19 Mencari Dewi Dewi yang ditayangkan SCTV, dan disinilah awal karier profesionalnya dimulai terpilih menjadi salah satu personil Dewi Dewi bersama Tata Janeeta dan Inna Kamarie pada tahun 2007 disertai dengan dirilisnya album pertama mereka yang berjudul Recycle+ dengan hit single Dokter Cinta dan meraih sukses dengan mendapatkan Platinum Award untuk penjualan album sebanyak 100.000 keping.

Pada tahun 2009, setelah Dewi Dewi dibubarkan, Purie membentuk Mahadewi bersama Tata, dan berhasil mengeluarkan album Dewi Cinta. Pada tahun 2010 mereka kembali mengeluarkan hit single Satu-Satunya Cinta, yang merupakan single terakhir Mahadewi bersama Tata, sebelum Tata keluar karna memilih untuk bersolo karier, dan posisi Tata diganti oleh Gwen Priscilla hingga tahun 2012 dan sempat mengeluarkan hit single Mengapa oh Mengapa.

Gelar Sarjana[sunting | sunting sumber]

Kebahagiaan tengah dirasakan Purie Mahadewi. Teman duet Tata yang dimanajeri Ahmad Dhani itu baru saja menyandang gelar sarjana. Akhirnya, masa kuliah yang bertahun-tahun dijalani Purie berakhir dengan ijazah di tangan. Selanjutnya ia menerangkan, bukan perkara mudah mempersiapkan bahan skripsi. Namun ia bersyukur karena semua usahanya menuai hasil memuaskan. Dikatakan Purie di sela-sela wisuda, skripsinya digarap selama lima bulan. Dalam waktu yang sempit itu banyak hal yang dialami, semisalnya menunggu bimbingan skripsi serta mendatangi rumah dosen untuk berkonsultasi. Ia juga sempat sakit hingga kurus.

Kebanggaan juga disampaikan kedua orangtua Purie, EM Efendi dan Annie Suwarsie.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

November 2012, Purie memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya dengan dr. Hera Hermawan. Pada 2016, Purie mencoba untuk comeback ke dunia yang telah ia tinggalkan selama 4 tahun untuk mencoba membuktikan bahwa dia masih bisa memberikan sebuah karya dengan suaranya didunia musik yang dicintainya dari kecil dengan bersolo karier.

Dengan single berjudul Jangan Seperti Mereka ciptaan Nissan Fortz, Purie akan mengobati rasa rindu para penggemar setianya, dengan suara popnya yang khas dan telah memberikan warna tersendiri di blantika musik Indonesia, single Jangan Seperti Mereka menceritakan ketakutan akan hilangnya rasa rindu dan kesetiaan dari sang kekasih yang sibuk dengan dunianya sendiri.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]