Desmopuntius trifasciatus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Puntius trifasciatus)
Desmopuntius trifasciatus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Spesies:
Desmopuntius trifasciatus

(Kottelat, 1996)
Sinonim
  • Puntius trifasciatus Kottelat, 1996

Desmopuntius trifasciatus adalah spesies ikan dari genus Desmopuntius, keluarga Cyprinidae. Ikan air tawar ini adalah salah satu ikan endemik Indonesia. Di alam bebas ikan ini dapat ditemukan di DAS Sungai Kapuas di Kalimantan maupun sungai sungai di Sumatra.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Panjang laki-laki 8 cm betina 10 cm dari struktur tubuh dan pewarnaan: 2 pasang kumis rahang atas. Kumis depan pendek, kembali menyusuri tepi posterior mata. Progonistoe tubuh, memanjang berbentuk berlian, lateral terkompresi. Warna tubuh utama putih ikan muda keperakan, dengan usia tubuh menjadi latar belakang kekuningan dan bahkan kecoklatan, tapi mempertahankan kilau mutiara. Bagian belakang zaitun, perut keperakan. Garis-garis hitam memanjang luas, lebar mereka adalah antara satu setengah dan seluruh lebar skala, jumlah band 4 dan 3. Band yang pergi ke tengah gagang bunga caudal jauh lebih luas dan berjalan di atas garis nya terang emas kuning. Sirip yang tidak berwarna atau berwarna kuning, punggung dicat intensif, sinar pertama dari dorsal kehitaman. . Dalam warna, ini mungkin wakil paling indah longitudinal duri bergaris Keempat band melintang karakteristik menggoreng, jatuh di tempat ketika mereka mencapai 20 mm panjang, ikan panjang 40 mm, mereka benar-benar absen. dimorfisme seksual: betina lebih baik, lebih besar meskipun warna betina tidak mencolok seperti pejantan.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Desmopuntius trifasciatus menyukai sungai yang sedikit berawa dengan air tergenang hitam dan vegetasi air. Sepanjang tepi semak-semak padat rumput tergenang air. Di bagian bawah reservoir banyak daun, ranting, batang pohon. Rendah-mineralisasi air, sangat lembut, tetapi karena konsentrasi tinggi dari asam humat mencapai reaksi aktif PH3-4.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Eschmeyer, William N., ed. 1998. Catalog of Fishes. Special Publication of the Center for Biodiversity Research and Information, núm. 1, vol. 1-3. California Academy of Sciences. San Francisco, Estados Unidos. 2905. ISBN 0-940228-47-5.
  • Fenner, Robert M.: The Conscientious Marine Aquarist. Neptune City, Nueva Jersey,Estados Unidos: T.F.H. Publications, 2001.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]