Pulmonologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Skema sistem pernapasan manusia dengan bagian-bagian dan fungsinya.

Pulmonologi adalah spesialisasi medis yang berhubungan dengan penyakit yang melibatkan saluran pernapasan.[1] Istilah ini berasal dari kata Latin pulmo, pulmōnis ("paru-paru") dan akhiran Yunani -λογία, -logia ("studi tentang"). Pulmonologi sama dengan pneumologi (dari bahasa Yunani πνεύμων ("paru") dan -λογία), respirologi dan kedokteran respirasi.

Pulmonologi dikenal sebagai cabang kedokteran dada (chest medicine) dan kedokteran respirasi (respiratory medicine) di beberapa negara dan daerah. Pulmonologi juga dianggap sebagai cabang penyakit dalam, dan berhubungan dengan perawatan intensif. Pulmonologi sering melibatkan pengelolaan pasien yang membutuhkan dukungan hidup dan ventilasi mekanis. Ahli pulmonologi dilatih secara khusus dalam penyakit-penyakit dan kondisi-kondisi yang ada di dada, terutama pneumonia, asma, tuberkulosis, emfisema, dan infeksi dada yang rumit.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ACP: Pulmonology: Internal Medicine Subspecialty. Acponline.org. Retrieved on 2011-09-30.
  2. ^ Sengupta, Nandini; Sahidullah, Md; Saha, Goutam (August 2016). "Lung sound classification using cepstral-based statistical features". Computers in Biology and Medicine. 75 (1): 118–129. doi:10.1016/j.compbiomed.2016.05.013.