Pulau Siau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pasar di pulau Siau pada tahun 1900
Penduduk Siau di masa Hindia Belanda

Pulau Siau merupakan pulau di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (SITARO), Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dengan letak geografis 02° 45' 00'' LU dan 125° 23' 59'' BT.[1] Pulau ini memiliki gunung berapi yang masih aktif yaitu gunung karangetang.[2] Ibukota Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yaitu Ondong Siau terdapat di pulau ini.[3]

Gunung Karangetang[sunting | sunting sumber]

Gunung Karangetang tampak dari Pelabuhan Ulu Siau

Gunung Karangetang, dikenal juga dengan nama Api Siau, adalah gunung berapi yang terletak di pulau siau.[2] Gunung Karangetang adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia dengan letusan sebanyak lebih dari 40 kali sejak 1675 serta banyak letusan kecil yang tidak terdokumentasi pada catatan sejarah.[2]

Bencana alam[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Desember 2009 terjadi bencana banjir bandang di Pulau Siau.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia)"Profil Pulau Siau". Direktorat Pemberdayaan Pulau-pulau Kecil, Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan. Diakses 17 July.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ a b c (Inggris)"Karangetang (Api Siau)". Smithsonian National Museum of Natural History. Diakses 17 July.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  3. ^ (Indonesia)"Profil Kabupaten Sitaro". Antara News Kantor Berita Indonesia. 2010. Diakses 17 July.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  4. ^ (Indonesia)"GUBERNUR TINJAU KORBAN BANJIR BANDANG DI SIAU". Sinar Harapan. 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]