Pulau Pasitanete

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasitanete
Koordinat5°44′50.406″LS,120°29′0.335″BT
NegaraIndonesia
Gugus kepulauanSelayar
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenKepulauan Selayar
Peta
Pulau Pasitanete dari arah Selat Selayar

Pulau Pasitanete adalah salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Selayar dan secara administratif masuk pada wilayah Desa Menara Indah, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Secara astronomis, pulau ini terletak di titik koordinat 5°44′50.406″LS,120°29′0.335″BT.[1] Pulau ini memiliki daya tarik berupa pantai pasir putih, panorama bawah laut, dan panorama alam.[2]

Pulau Pasitanete berada tepat di sebelah Utara Pulau Selayar[3] dengan jarak ± 1 mil dari Pelabuhan penyeberangan Pamatata atau sekitar 15 menit perjalanan melalui jalur laut. Pulau ini berhadapan langsung dengan Selat Selayar di sebelah Utara dan Desa Bongaiya di sebelah Selatan. Pulau ini merupakan pulau terluar bagian Utara Kabupaten Kepulauan Selayar. Di sekitar pulau biasanya digunakan sebagai lokasi diving dan tempat memancing terutama disekitar area Selat Selayar. Di atas pulau terdapat beberapa jenis binatang seperti biawak, ular batu, tikus berwarna kemerah-merahan dan kotatu (kepiting kenari).

Jarak dan waktu tempuh[sunting | sunting sumber]

Menurut hitungan waktu tempuh melalui jalur laut dari Pulau Pasitanete ke pelabuhan rakyat di Desa Bongaiya hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit sampai dengan 20 menit, tetapi untuk ke Kota Benteng diperlukan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan darat (kendaraan bermotor). Dengan demikian maka jarak Pulau Pasitanete dari Benteng, ibu kota dari Kabupaten Kepulauan Selayar sekitar 1 jam sampai dengan 2 jam perjalanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil, Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (2012). "Direktori Pulau-Pulau Kecil Indonesia". www.ppk-kp3k.kkp.go.id. Diakses tanggal 25 April 2023. 
  2. ^ Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar (2021). Dokumen Rencana Strategis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar 2021–2026. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar. hlm. 35. 
  3. ^ "Pulau Pasitanete, South Sulawesi, Indonesia". www.satelliteview.co. Diakses tanggal 2012-03-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]