Puebla, Puebla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Puebla adalah nama sebuah negara bagian di Meksiko dan juga nama ibukotanya. Artikel ini adalah tentang kotanya. Untuk negara bagiannya, lihat: negara bagian Puebla.
Heroica Puebla de Zaragoza
Escudo Puebla.png
Motto: Angelis suis Deus mandavit de te ut custodiant te in omnibus viis tuis (Kiranya Tuhan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu)
Waktu pembentukan 16 April 1531
Populasi kotanya saja 1,485 juta (2005) [1]
Daerah metropolitan 2,109 juta (2005) [2]
Ketinggian 2.160 meter
Garis lintang 19,05° LU
Garis bujur 98,22° BB
Kode wilayah telepon +52 (negara) 222 (kota)
Nama dan kode bandar udara Hermanos Serdán (PBC)
Walikota Enrique Doger
Fonts: INEGI, Enciclopedia de los Municipios de México
Pusat Bersejarah Puebla
Kategral
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Meksiko
Tipe Budaya
Kriteria ii, iv
Nomor identifikasi 416
Kawasan UNESCO Amerika Latin dan Karibia
Tahun pengukuhan 1987 (sesi ke-11)

Kota Puebla – yang lebih dikenal secara resmi sebagai Heroica Puebla de Zaragoza atau nama yang kurang resmi sebagai La Angelópolis atau Puebla de los Ángeles – adalah ibukota dan kota terbesar dari negara bagian di Meksiko dengan nama yang sama, dan kota keempat terbesar di Meksiko, setelah Ciudad de México, Guadalajara dan Monterrey.

Puebla terletak di Lembah Puebla, dikelilingi dengan gunung-gunung berapi dan gunung-gunung dengan puncak bersalju, sekitar 110 km di tenggara Ciudad de México. Kotanya sendiri pada 2005 berpenduduk 1,5 juta orang, sementara wilayah metropolitannya berpenduduk 2,1 juta.

Lambang kota[sunting | sunting sumber]

Lambang kota berbentuk hati dengan lima menara emas di pusatnya, dan sungai di bawahnya. Dua malaikat terletak di atas menara, satu di kiri dan satu lagi di kanan. Huruf KV merujuk kepada Charles V, Kaisar Suci Romawi. Di sekeliling lambangnya tertulis Mazmur 91:11 dalam bahasa Latin: Angelis suis Deus mandavit de te ut custodiant te in omnibus viis tuis ("Kiranya Tuhan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu."). Lambangnya merujuk kepada legenda pendirian kota ini. Menurut legendanya, para malaikat turun, mengelilingi kota dan menempatkan lonceng-lonceng berat di menara katedral.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pusat historis kota ini masih memiliki banyak arsitektur kolonial Spanyo dan dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO. Dalam beberapa tahun terakhir sejumlah bangunan bersejarah telah direstorasikan sementara yang lainnya berada dalam keadaan yang sangat rusak.

Dari semua bangunan kolonial, yang paling mengesankan tentu saja Katedral Puebla, yang dibangun dengan gaya campuran neo-klasik: Kapel Rosario yang berlapis emas, di dekat Iglesia Santo Domingo[3] adalah sebuah contoh dramatis dari gaya barok Meksiko.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Malinche di latar belakang

Kota Puebla didirikan pada 16 April 1531 sebagai "La Puebla de los Ángeles". Kota ini adalah yang pertama di Meksiko tengah yang didirikan oleh para conquistador Spanyol yang tidak dibangun di atas reruntuhan pemukiman bangsa Indian yang ditaklukkan. Lokasinya yang strategis, di tengah-tengah antara pelabuhan Veracruz dan Ciudad de México, menjadikannya koat terpenting pada masa kolonial. Pada abad ke-17, Sor Juana Inés de la Cruz tinggal di kota ini hingga ia bertabrakan dengan Uskup Puebla.

Empat puluh tahun setelah kemerdekaan Meksiko, tentara Jenderal Ignacio Zaragoza mengalahkan pasukan-pasukan ekspedisi Perancis dekat Puebla pada 5 Mei 1862 dalam Pertempuran Puebla. Setelah pertempuran inilah nama kota ini diubah menjadi "Heróica Puebla de Zaragoza".

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, sejumlah imigran Eropa datang ke kota itu, terutama dari Jerman, Italia, dan Spanyol. Kini, lingkungan Colonia Humboldt memperlihatkan pengaruh dari penduduk keturunan Jerman setempat dalam arsitekturnya, tradisi dan perayaan-perayaan seperti Oktoberfest setempat, serta di kota Chipilo, yang kini diserap oleh wilayah metropolitan kota ini, di mana penduduknya berbicara dengan dialek Venezia yang dikenal sebagai dialek Venezia Chipilo. Pakaian perempuan tradisional rakyat Meksiko yang dikenal sebagai China Poblana diciptakan di Puebla. Demikian pula, "Talavera Poblana" adalah gerabah indah yang berasal dari masa kolonial yang masih dibuat di kota ini. Motifnya yang khas dari Puebla pada umumnya; peralatan makan, pot bunga, gereja-gereja dan bahkan di jalan-jalan dapat terlihat deretan tegel Talavera.

Sebuah rumah tua di Avenue Juárez

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Monumen Ave. Juárez

Puebla adalah sebuah kota industri, terutama dalam sektor tekstil. Di kota ini juga terdapat kantor pusat Meksiko dan tempat pembuatan satu-satunya Volkswagen di Amerika Utara, tempat terakhir yang memproduksi VW Kodok. Produksi VW Kodok dihentikan pada akhir 2003. Perusahaan-perusahaan pembuat mobil Jerman dan Perancis lainnya beroperasi di kota ini, dan kebanyakan menjadi pabrik-pabrik di luar negeri (outsource) untuk Volkswagen.

Sejak 2003 Puebla telah menjadi kantor pusat sementara Daerah Perdagangan Bebas Benua Amerika (FTAA). Kota ini telah mengajukan pencalonan dirinya untuk menjadi kantor pusat permanen bila FTAA diratifikasikan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dengan lebih dari 20 universitas, Puebla adalah kota kedua di Meksiko yang memiliki universitas terbanyak di dalam wilayahnya. Banyak dari universitas terbaik Meksiko terletak di wilayah metropolitannya, termasuk universitas negara, Benemérita Universidad Autónoma de Puebla (BUAP) dan Universidad de las Américas, Puebla (UDLAP). Baik UDLAP maupun ITESM biasanya menduduki salah satu peringkat tertinggi di negara ini dan keduanya menjadi anggota dari Southern Association of Colleges and Schools (SACS) di Amerika Serikat.

Lembaga pendidikan penting lainnya di Puebla adalah Kampus Puebla Universidad Iberoamericana (UIA), Kampus Puebla Tecnológico de Monterrey (ITESM), Kampus Puebla Universidad Anáhuac dan Universidad Popular Autónoma del Estado de Puebla (UPAEP), sebuah universitas swasta yang didirikan 30 tahun lalu oleh sekelompok mahasiswa dan profesor yang keluard ari BUAP.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Stadion Sepak bola Cuauhtémoc

Puebla mempunyai dua tim sepak bola profesional, "Puebla FC" dan "Lobos BUAP". Keduanya menempati divisi bawah liga. stadion sepak bola terbesar di kota ini, "Cuauhtémoc", dengan kapasitas 49.914 penonton, dibangun pada 1968 sebagai lapangan sepak bola kedua terbesar untuk Olimpiade 1968. Pertandingan-pertandingan untuk Piala Dunia FIFA 1970 dan 1986 juga dimainkan di Stadion Cuauhtémoc.

Puebla mempunyai dua tim bisbol profesional, "Pericos" dan "Tigres".

Makanan[sunting | sunting sumber]

Budaya makanan Puebla, yang dikenal sebagai Cocina Poblana, terkenal di seluruh Meksiko. Puebla dianggap sebagai tempat kelahiran mole, saus yang gurih dan pedas yang mengandung cokelat, kayu manis dan berbagai buah keras, serta berbagai jenis cabai. Mole yang biasanya dimakan dengan ayam telah menjadi makanan yang paling terkenal dari Puebla. Camote, ubi manis yang dimasak di kompor dan kemudian diberikan krim di atasnya adalah makanan manis tradisional. Rompope adalah minuman keras yang dibuat berdasarkan kuning telur dan vanila, yang diciptakan bertahun-tahun yang lalu oleh para biarawati Puebla. Chiles en nogada adalah makanan yang terdiri dari cabai yang diisi daging, buah-buahan dan kemudian diolesi saus walnut dan buah delima; makanan ini disajikan terutama pada Hari Kemerdekaan Meksiko. Chalupa, tortilla tebal yang kadang-kadang diisi dengan kacang-kacangan dan di atasnya diberikan salsa, serbuk keju dan bawang dikenal sebagai makanan siap saji di Meksiko, juga berasal dari kota ini. Gula-gula tradisional lainnya termasuk gula-gula dari Santa Clara (dulces de Santa Clara), buah-buah yang dikristalkan, dan permen susu.

Daya tarik wisata[sunting | sunting sumber]

Zócalo di Puebla
Jalan di pusat kota

Tempat-tempat penting termasuk "La Capilla del Rosario"[4][5] sebuah kapel yang dilapisi emas, El Barrio del Artista ("Perkampungan seniman") di mana seni kerajinan setempat diproduksi dan Centro y Zócalo (pusat kota); di sana terdapat Katedral Puebla dan Palacio Municipal.

Bus-bus bertingkat berwarna merah, yang dikenal sebagai "turibuses", memberikan para pengunjung kesempatan untuk menikmati arsitektur kota ini, museum-museum dan monumen-monumen yang terletak di daerah pusat kota yang bersejarah. Salah satu dari museum yang paling terkenal di kota ini adalah Museum Amparo. Sebuah tempat menarik lainnya adalah kebun binatang Safari Afrika, yang dimaksudkan untuk menciptakan pengalaman bersafari.

Tempat yang juga menarik dikunjungi adalah piramida Cholula, sebuah kota di dalam wilayah metropolitan Puebla. Cholula adalah salah satu kota terpenting di bawah kekaisaran Aztec, dan piramidanya adalah yang terbesar di Dunia Baru. Kota ini, dengan penduduk hanya 200.000 orang, membanggakan dirinya karena mempunyai satu gereja untuk setiap hari dalam setahun, meskipun sebagian di antaranya sangat kecil dan bahkan bersifat darurat.

Akhirnya, Museo Nacional de los Ferrocarriles Mexicanos (Museum Nasional Kereta Api Meksiko), yang terletak di stasiun tua Meksiko, menyimpan sebuah koleksi dari banyak contoh kereta api yang unik, termasuk kereta-kereta bermesin uap, kereta penumpang, caboose dan bermesin diesel. Yang paling menonjol ialah sepasang mesin diesel PA1, contoh terakhir dari mesin seperti ini, dan salah satunya masih bekerja dengan baik (DH-19).

Piramida di Cholula

Di Puebla juga terdapat sebuah Museum Mobil, yang memuat sebuah koleksi mobil-mobil tua yang jarang dan klasik. Di antara koleksi ini juga terdapat "Mobil Paus" yang dikendarai oeh Paus Yohanes Paulus II dalam kunjungannya ke Meksiko.

Biblioteca Palafoxiana yang terletak di Casa de la Cultura (Wisma Kebudayaan), adalah sebuah perpustakaan bergaya barok yang memuat 42 ribu buku yang dicetak dengan setting kayu berukir, yang dikumpulkan oleh uskup Spanyol Juan de Palafox y Mendoza. Koleksi ini disumbangkan kepada Colegio de San Juan y San Pedro pada 5 September 1646, oleh Palafox y Mendoza. Sumbangan ini diresmikan oleh sebuah Dekrit Kerajaan 1647 dan sebuah Bula Kepausan pada 1648.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Perguruan tinggi dan Lembaga[sunting | sunting sumber]

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Gambar-gambar[sunting | sunting sumber]