Madi injap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Psarisomus dalhousiae)
Madi injap
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Psarisomus

Swainson, 1837
Spesies:
P. dalhousiae
Nama binomial
Psarisomus dalhousiae
Jameson, 1835

Madi injap (Psarisomus dalhousiae) adalah spesies burung madi dalam famili Eurylaimidae.

Penyebaran dan subspesies[sunting | sunting sumber]

Madi injap terdiri dari lima subspesies, dengan daerah persebaran:[2]

  1. P. d. dalhousiae (Jameson, 1835), tersebar di kaki gunung Himalaya di India utara dan Nepal, mungkin juga di Bangladesh tenggara, dan dari Myanmar utara dan China (Yunnan barat dan selatan, Guizhou barat-daya, Guangxi barat-daya) ke selatan sampai Thailand utara, Laos dan Vietnam (Annam tengah); juga tercatat di Tibet tenggara.
  2. P. d. cyanicauda (Riley, 1935), tersebar di Thailand tenggara dan Kamboja.
  3. P. d. divinus (Deignan, 1947), tersebar di Vietnam selatan (Annam selatan).
  4. P. d. psittacinus (S. Müller, 1836), tersebar di Semenanjung Malaysia dan Sumatra.
  5. P. d. borneensis (Hartert, 1904), tersebar di Kalimantan bagian utara.

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Burung penetap di Sumatra, biasa terdapat di hutan primer dan hutan sekunder dewasa, di pegunungan antara ketinggian 700–1500 m dpl, tetapi bisa juga di ketinggian 2000 m dpl (seperti di Gunung Kerinci). Di Kalimantan, terbatas di daerah pegunungan, dari Gunung Kinabalu dan Trus Madi sampai Tama Abo, dan yang terluar di Gunung Dulit dan Gunung Mulu. Makanan utamanya serangga yang ditangkap sambil terbang atau menyisir dedaunan.[2]
Di luar musim berbiak biasanya berkumpul dalam kelompok sampai 15 individu atau lebih yang berisik, kadang bergabung dengan kelompok burung campuran. Musim berbiak pada bulan Februari-Mei. Sarang berbentuk seperti buah pir yang berekor panjang, tersusun dari tendril dan kulit kayu, akar, seresah, serat palem dan material lainnya. Sarang menggantung pada percabangan sampai setinggi 30 m dari tanah, tetapi biasanya lebih rendah. Jumlah telur 4-8 butir yang dierami dan dibesarkan oleh kedua induknya.[2]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Psarisomus dalhousiae berukuran sekitar 26 cm. P. d. dalhousiae dewasa memiliki warna dominan hijau. Ekor panjang berwarna biru. Kepala berwarna hitam, kuning atau kehijauan. Bagian ubun-ubun dan tengkuk berwarna biru. Madi injap remaja dibedakan dengan bagian tengkuk dan ubun-ubun berwarna hijau tua[3].

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Psarisomus dalhousiae". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b c "Madi Injap". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-07. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  3. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 160.