Provinsi Qasim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Al-Qsim
—  Provinsi  —
القصيم
Peta yang menunjukkan provinsi
Capital Buraidah
Manatiq (Distrik) 11
Pemerintahan
 • Governor Prince Faisal bin Bandar
 • Deputy Governor Dr. Faisal bin Mishaal bin Saud bin Abdulaziz
Luas
 • Total 58.046 km2 (22,412 mil²)
Populasi (2010 census)
 • Total 1.215.858
 • Kepadatan Bad rounding here21/km2 (Bad rounding here54/sq mi)
ISO 3166-2 05
عقارات وأسواق

Al Qasim ialah Provinsi Arab Saudi, terletak di tengah negara. Wilayahnya 65.000 km² dan penduduknya 933.100 (1999). Ibukotanya Buraidah. Kota lainnya adalah 'Unaizah dan Albadaya, yang merupakan komunitas pertaniannya. selain kota2 tersebut ada sebagian kota yang bersejarah walau kurang kuat. Bahwa al-Qassim yag dahulu bernama Hezaj,yang konon pada zaman Nabi Muhammad dahulu terdapat musuh besar yang menentang Islam adalah Abu Jahal yang terletak tepatnya di Unaizah sekarang. Juga selain itu kota Al-Rass,yang juga merupakan kota paling utara Al-Qassim yang tempat bertempurnya pasukan nabi dengan pasukan Abu Jahal hingga ia akhirnya tewas di Al-Rass.

Selain itu provinsi ini terkenal dengan kurma, bahkan tidak jarang orang di sekitar saudia jika musim kurma/tamer tiba mereka memburunya dari sini selain enak juga banyak ragam kurma/tamer yang terdapat dari hasil pertanian.(selain dari Al-Qassim,kurma/tamer juga yang terkenal adalah dari MAdinah.red)

Selain kota yang terkenal dengan hasil pertaniannya, kota Al-Qassim terkenal juga dengan central islamic center giude (pusat pendidikan islam khusus untuk pendatang). karena kebetulan Al-Qassim adalah merupakan pusat penelitian islam Arab Saudi yang terkenal dengan nama Mutawwa (persatuan cendikiawan dan pemuka agama), Sehingga tidak heran para pemuka di Mekkah di mesjid HARAM berasal dari Al-Qasiim.