Provinsi Lao Cai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
LocationVietnamLaoCai.png

Lao Cai (di Vietnam, Lào Cai ) adalah sebuah provinsi di timur laut di wilayah pegunungan Vietnam, berbatasan dengan provinsi Yunnan di Cina. Provinsi ini mencakup wilayah 6.383,9 kilometer persegi dan pada 2008 ini memiliki populasi 602.300 orang.

Lao Cai dan Sa Pa adalah dua kota penting dalam provinsi di perbatasan dengan Cina, yang pertama dikenal sebagai pos perdagangan kunci dan yang terakhir adalah stasiun bukit terkenal pariwisata, di Vietnam timur laut. Lao Cai juga merupakan ibukota Provinsi Lao Cai dan perbatasan saham dengan kota Hekou, di provinsi Yunnan Barat Daya Cina. Ini kota perbatasan ditutup setelah perang 1979 dengan Cina, sejak dibuka kembali pada tahun 1993, telah menjadi pusat wisata utama antara Hanoi, Sapa dan Kunming (Cina). Sapa terkenal sebagai resor bukit, sebuah kota pasar untuk kayu dan perdagangan seks, dan dikenal sebagai "ratu gunung".

Lao Cai memiliki banyak situs bersejarah, gua-gua alam dan menghasilkan spesialisasi pertanian seperti plum Bac Hà.

Dalam sebuah survei 1929 yang dilakukan di wilayah tersebut, vegetasi (flora) dan fauna (mamalia) dicatat oleh ahli biologi Perancis yang didampingi Delacour Theodore Roosevelt adalah unik untuk daerah di Vietnam Utara.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]